Yamaha Bukannya Budeg Soal Koyo Di Jidat

Yola dulur yang budiman…… entah new vixion, R15, R25, atau bahkan yang gress yamaha xabre semuanya menempatkan plat nomer depan di posisi atas headlamp. Banyak yang mengatakan seperti tempelan koyo di jidat šŸ˜€ . Banyak kritik bahwa hal tersebut merusak estetika atau desain asli motor. Yamaha tahu soal itu, tapi yamaha harus mengambil langkah tersebut, sehingga dicap perusahaan yang budeg.

r15 riil2Selain merusak estetika karena menghalangi desain utuh bagian facial motor, penempatan plat nomer di atas headlamp atau dimuka visor juga dianggap kurang safety menurut aturan eropa maupun amerika. Punya resiko menciderai rider jika karena sesuatu hal lepas, bahkan cidera serius. Makanya di sono tidak ada aturan memasang plat nomer bagian depan…. hanya belakang saja.

Kembali ke koyo di jidat, yamaha bukannya nggak mendengar kritik tersebut. Saat mendesain motor mereka, penempatan plat adalah pemikiran akhir. Mereka, para insinyur yamaha deka yakin tahu kalau penempatan plat nomer di atas itu kurang safety, selain merusak estetika. Namun mereka kalah oleh yang namanya regulasi, aturan pemerintah.

r25 ngeteng
r25 ngeteng

Sik… sik… sik mas deka…… kan bisa di tempatin di bawah headlamp, diatas spaknor depan, insinyur yamaha bodoh dong???? MIKIR…………hehehehe………mereka juga tahu kalau paling pas penempatan plat nomer itu di atas spakbor depan biar tidak merusak estetika. Tapi ingat…. trend desain motor sekarang itu nunduk semua, jadi kalau dipaksakan menempatkan plat nomer di atas spakbor dikhawatirkan mentok dan merusak spakbor itu sendiri.

Woooo…. ancen bodoh tenan mas deka itu…… nyatanya ada tuh motor sport yang posisi plat nomernya di atas spakbor depan, atau bisa juga kan plat nomernya ditekuk biar nggak mentok. Lagi-lagi deka akan mesem, hehehehe……. berarti desainnya kurang nunduk tuh, atau posisi plat nomernya “sedikit” menyalahi aturan.

klub-motor-vixion
klub-motor-vixion

Insinyur yamaha bisa saja menempatkan posisi plat seperti itu, tapi dengan desain motor-motor yamaha sekarang, dijamin pemasangan plat nomernya akan miring ke atas, atau ditekuk. Dan ini dianggap menyalahi aturan pemerintah tentang penempatan plat nomer depan di motor, walaupun kadarnya ringan. Tapi yamaha saklek, nggak ngasih toleransi kalau bicara regulasi pemerintah, salah ya salah.

Regulasinya mengatakan penempatan plat nomer depan harus di tempat yang mudah dibaca ( lurus ) danĀ  bentuk ukuranĀ  plat nomer standar tanpa adanya rekayasa. Regulasi ini ditelan mentah-mentah oleh pihak yamaha. Jadilah plat nomer depan posisinya ada di bagian atas headlamp. Sebenarnya ini juga dirasakan oleh pabrikan kawasaki juga untuk motor sport mereka, apalagi alasannya, kalau bukan karena desain yang nunduk sporty.

deka naik 250sl

Satu-satunya jalan agar koyo di jidat hilang hanyalah perubahan regulasi, entah ukuran plat nomer depan yang diperkecil, atau ikuti saja regulasi ala eropa atau amrik. Ini baru mengatasi secara tuntas koyo di jidat.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

24 Comments

  1. bagusnya sih plat nomor depan ditiadakan, ganti saja stiker nomor registrasi kaya’ di negeri jiran. lagian aturan pemasangan plat nomor depan juga inkonsisten kok, kalau motor cc kecil kedapatan ngga ada plat nomor depan pasti disemprit, lain cerita kalau moge yg emg dari sononya tidak dilengkapi braket plat nomor depan pasti lolos (pernah liat sendiri soalnya)

  2. ditekuk ato dilipat aja ujungnya ngikuti bentuk jidatnya…kalo gak gitu ke tempat tukang plat nomer pinggir jalan, dibuat kecil….kebanyakan pengguna vixi sih gitu..

  3. pemikiran yamaha dan kawasaki sama.plat nopol di jidat.karena motor2 sport kawasaki dan yamaha itu nunduk2 headlamp nya.kecuali AHM,motor2 sportnya pada ngedangak ke atas.apalagi CBR 150,motor fairing ko ndangak.pantesan gak di export,bisa malu,masa sport fairing ndangak.CBR 250RR pasti plat nopol nya di atas headlamp,kalo di bawah headlamp,alamaaaaak ndangak dong.

  4. Klo yamamaho mah mengutamakan desain,bukan kualitas mesin.yg penting plastik tebel cat kinclong desain wahhh tanpa peduli safety atau kenyamanan contoh vicion dan sinungging r15 kmudian yg baru xabre yg joknya pendek.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*