Showa SFF Bikin New Ninja ZX-10R Makin Gemulai

Yola dulur yang budiman….. dari peluncuran new ninja zx-10r, salah satu sektor yang banyak pujian karena peningkatannya bagus adalah sektor suspensi. Untuk edisi terbaru superbike kawasaki ini kinerja suspensi diacungi jempol, menutup kelemahan-kelemahan edisi sebelumnya. Sekarang Ninja makin gemulai dengan keberadaan showa.

Kawasaki-Ninja-ZX-10R-2016
Kawasaki-Ninja-ZX-10R-2016

Saat testride peluncuran zx10r di sirkuit sepang, keberadaan part baru suspensi showa ini begitu menonjol dan banyak menarik perhatian media. Hubungan kawasaki dengan showa memang bukan cerita baru, namun suspensi edisi baru showa ini yang menarik perhatian. Showa menggunakan tehnologi porok SFF atau separate function fork.

Penggunaan showa SFF adalah pertama kalinya di motor produksi jalan raya. Sebelumnya hanya dipakai di balap WSBK. Ya…. tehnologi SFF sudah dipakai di motor ZX-10R versi WSBK sejak 2011. Dan sekarang sepertinya kawasaki menerapkannya di pabrikan showa khusus dibuat untuk new ninja ZX-10R.

Ninja-ZX-10R-2016 showa sff
Ninja-ZX-10R-2016 showa sff

Dalam masa uji coba selama 2 tahun di WSBK, tehnologi SFF terus diupgrade sampai layak dipakai untuk jalan raya. Karena belum tentu sebuah tehnologi balap bisa diterapkan langsung ke jalan raya….. durability, itu kuncinya. Nah, setelah dianggap durable, tehnologi SFF sekarang siap untuk medan jalan raya ZX-10R. Perbedaan suspensi SSF adalah peningkatan di feedback dan daya redam yang lebih baik dibandingkan ssuspensi showa umumnya yang berdesain¬† big piston tunggal.

showa sff
showa sff

Upgrade di bagian kaki-kaki suspensi ini mungkin adlah langkah kawasaki untuk menandingi atau mengejar agility superbike baru yamaha, new R1 M yang begitu revolusional. Dengan upgrade kaki-kaki, diharapkan new zx-10R tidak kalah agresive dalam melahap tikungan dibandingkan new R-1 M. Dan itu sudah mulai terbukti.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

4 Komentar

  1. Wah sepertinya mirip dengan sok depan next Suzuki GSX-R1000,tapi kelebihan Suzuki mungkin dari performa yang tetep ngisi di segala putaran karena memakai SR-VVT dan bobot lebih ringan,selain itu GSX-R sepertinya lebih kompak. Gak sabar melihat pertarungan ZX-R ama GSX-R,kalau R series mah gak minat sama sekali.

Silahkan Beropini