Masuk Akal Kalau TVS Apache 200 4V India Lebih Murah Daripada Sini

TVS-Apache-RTR-200-4V
suzuki

Yola dulur yang budiman…. TVS Apache 200 4V yang barusan dikenalkan di sirkuit sentul ternyata baru satu-satunya sumber informasi tentang motor evolusi dari TVS ini. Media India mengacu ke media Indonesia untuk pemberitaan mereka. Kecuali tentang harga jual motor RTR ini, mereka menyatakan bahwa harganya akan lebih murah di india daripada di Indonesia… lho… lho..lho….

TVS-Apache-RTR-200-4V
TVS-Apache-RTR-200-4V

Motor sama kok harganya berbeda, gimana to? padahal sama-sama bukan barang import. TVS Apache 200 di marih dibuat di sini juga, kan punya pabrik sendiri, sedangkan di India dibuat di pabrik mereka di Bangalore. Harusnya sama dong…. wah nggak adil ini….Tenang… tenang…. pasti ada sebabnya kenapa harga apache 200 4v berbeda, kita lebih mahal.

Harga di India, kemungkinan diantara 85.000 sampai 87.000 rupee, atau jika dikurskan menjadi 17.600.000 – 18.000.000. Walah…. lha kok selisihnya jauh jika dibandingkan 23,9 juta disini, selisih 6 jutaan Mbessss…..Tenang…… mari kita lanjutin ngebahasnya.

TVS-Apache-RTR-200-4V konsole
TVS-Apache-RTR-200-4V konsole

Perbedaan harga tersebut jelas karena spek TVS Apache 200 yang dipasarkan juga beda. Ingat, taste biker dimarih adalah taste ningrat…. maunya yang lebih bagus. Apache 200 disini akan mengunakan sistem injeksi, Digital Fuel Injectin Logic dari BOSCH…. ingat…. bosch…….performanya sendiri lebih tinggi sedikit versi Indonesia dibandingkan India. Kemudian, di sektor roda, kemungkinan besar juga beda, kita di kasih ban Pirelli, sedangkan versi India sepertinya nggak ( entah euro grip atau yang lain ).

Yang membuat perbedaan harga lainnya yang tak kalah penting adalah soal biaya buruh…. perakitan di India, biayanya lebih murah dibandingkan di marih. Di India, UMR mereka mentok di 1,25 juta per bulan… coba bandingkan sini yang sudah 3 jutaan saja masih meminta piknik ke singapore 😀  ( joke ). Belum lagi banyak bagian motor yang dikirim dari India, kemudian disini dirakit di cikarang pabrik mereka.

tvs apache 200 engine
tvs apache 200 engine

Nah… dengan paramater itu saja, jelas akan membuat apache 200 4v sini lebih mahal. Tapi semoga saja juga dibarengi dengan kualitas yang lebih baik juga. Sudah menjadi rahasia umum kalau soal karet, sil, kabel, kelistrikan motor disini kualitas lebih bagus dibandingkan india……So…. 23,9 juta menurut dulur sekalian kemahalan enggak ? ( deka kira seharga 22 juta 😀 XD ).

Semog bermanfaat

Wassalamualaikum

4 Komentar

Silahkan Beropini