Manfaat DIY, TePOK, Oprek Motor Sendiri

mobil delvac mx di jupter mx
suzuki

Yola dulur yang budiman….. banyak artikel DIY, atau TePOK kalau versi deka beredar di media, salah satunya blog. Oprek, perbaiki motor sendiri untuk sebagian biker mungkin hal yang jarang dilakukan. Apalagi di jaman yang serba praktis ini, tinggal keluarin uang dikit, selesai masalah motor kita. Padahal ada manfaat bagi kita biker, kalau melakukan DIY, TePOK motor kita. Dan itu bukan soal uang.

mobil delvac mx di jupter mx
mobil delvac mx di jupter mx

Sekedar ganti oli, stel kopling, setel kampas rem, membetulkan spion, ganti bohlam, membersihan rantai dan melumasi, ganti aki, bahkan sekedar mencuci motor saja sekarang ada yang instan, tinggal bayar uang nggak seberapa, kelar masalah. Buat apa ribet, berkotor ria, resiko masang nggak bener, kalau kita bisa bayar uang sedikit tapi kita tahu beres… mungkin itu alasan paling klasik.

Ya… memang tak dipungkiri, selisih  uang yang bisa dihemat mungkin cuma sedikit, biaya tehnisi mungkin cuma ribuan atau maksimal 5 ribu rupiah untuk  cuci motor. Namun ada hal yang sangat penting ketika anda, dulur sekalian melakukan penanganan sendiri…..Membangun konektivitas, menjalin rasa berhubungan dengan motor anda, yang berujung pada rasa memiliki dan menghargai kendaraan milik anda.

dudukan soket lampu jupiter mx

Mendengar DIY, perbaikan sendiri, pikiran kita langsung mengarah ke hal berat seperti bongkar mesin, servis tune up, atau memperbaiki sampai sembuh motor kita yang ngadat. Bukan seperti itu…. sekedar mencuci sendiri motor kita itu juga DIY, melumasi rantai itu juga DIY, hal yang ringan seperti mengencangkan baut kendor itu juga DIY.

Lakukan DIY yang anda anggap ringan dan sepele. Lakukan secara rutin, maka lambat laun anda semakin berani untuk merambah part yang awalnya dulur sekalian anggap berat, seperti bongkar karburator, bongkar batok lampu, bongkar bodi, sampai pada servis tune up sendiri. Semua itu akan datang pada waktunya. Deka dulu yang namanya bongakr karburator takutnya setengah mati, tapi akhirnya dengan sedikit memaksakan diri, akhirnya berhasil membersihan sebongkol karburator.

sipiter jupiter mx deka
sipiter jupiter mx deka

Untuk memberanikan diri dan sebagai sipat kandel untuk membingkar motor, bisa bodi, batok lampu, atau mesin, deka punya sedikit tips. Lakukan di tempat yang tidak jauh dari bengkel. Jadi ketika dulur sekalian khawatir nggak bisa masang dengan benar, motor bisa di dorong tak terlalu jauh ke bengkel untuk diperbaiki.

Dengan melakukan sendiri hal-hal sepele, maka secara tidak langsung anda mengamati secara detailmotor anda, dari awalnya tidak tahu, jadi kenal. Lambat laun rasa penasaran akan merambati kita untuk mengeksplor part motor kita. Motor kita akan nampak lebih mengasyikkan…. menjadi barang mainan. Jika hal itu dilakuakn intens, maka alam bawah sadar kita akan mengatakan bahwa motor itu bagian dari kita, kita lebih sayang, menghargai motor milik kita sendiri.

Ketika rasa sambung itu ada, maka godaan motor baru akan berkurang, untuk sekedar menjual motor kita saja, perlu pertimbangan lebih, karena kita sudah dekat hubungannya dengan motor kita. Ada memori dan jejak kehidupan kita di motor tersebut. Ada rasa kepuasan tersendiri saat kita berhasil membuat motor kita lebih baik secara performa, lebih bersih, lebih nyaman, lebih menarik tampilannya….Ada sumbangsih langsung dari kita di motor itu.

So… lakukanlah DIY, walaupun hal yang ringan-ringan dan mudah di motor kita. Lakukan di waktu senggang, dan mulailah dari mencuci motor sendiri……..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

7 Komentar

  1. klo yg ringan2 sih biasanya ane tangani sndiri,,sperti ngencengin n nglumasi rante…cuci poles sendiri..ganti kulit jok sndiri..gnti oli smp bongkar psang karbu…tp smua itu ane lakuin karna ngirit..wkwkwkkwkwkk…kere mode on 😛

  2. hahaha jadi ingat dulu waktu smp mreteli mesin v75 trus ga bisa masangnya lagi, akhirnya bokap manggil tetangga yg mekanik suruh ngajarin aku masang mesinnya, jadi aku dihukum hrs masang sendiri sampe bisa, tapi syukurlah jadi tambah ilmu dan sejak itu trus belajar dan selalu diy pada semua motor motorku sampe sekarang, jadi irit dan bisa lebih menjiwai hahaha

  3. stuju, pernah kjadian motor ane kluar asep krn kabel tambahan yg ane pasang konslet wkt awal2 belajar klistrikan motor. tp ane g kapok n coba2 trs akhirnya skrg ane 99%paham, target selanjutnya belajar bonkar pasang mesin

Silahkan Beropini