Tebak Alasan AHM Pakai Mesin Long Stroke DOHC : Seperti Memakai Jaket Tentara

mesin-honda-new-sonic-150r-1

Yola dulur yang budiman…. setelah 2 seri artikel yang membedah mesin dohc Sonic FI, kini deka akan membahas alasan AHM mencangkokkan mesin dohc “yang agak nggak umum” tersebut ke line produknya. Alasan memakai mesin dohc di tipe Long stroke menurut pandangan deka seperti efek memakai jaket doreng tentara.Di artikel lampau beberapa saat setelah Sonic FI launching, deka mengatakan bahwa AHM menyadari bahwa di kelas 150 cc, publik suka akan motor yang responsif tarikannya. Silahkan cek artikel ini

Sonic K-56 Stroke Panjang…Lha DOHC-nya Buat Apa ?

Selain desain yang kekinian, karakter mesin seperti itulah yang membuat klan vixion bertahta begitu lama. Sedangkan AHm cuma punya mesin overbore direct tappet dohc di cbsf dan cbr150, dimana tarikan awalnya masih unggul vixion, untuk performa di rpm atas baru kelihatan di jalan lurus sepi. Image motor “cepat” diperoleh oleh vixion karena punya torsi lebih tersebut.

DOHC direct tapped / origin
DOHC direct tapped / origin

Namun bagaimanapun AHM sudah berhasil menjual image dohc itu lebih powerfull dibandingkan sohc, apalagi ada satria fu yang juga dohc, dan dianggap motor kencang waktu itu. AHM nggak mau melepaskan hasil usaha mereka dalam menanamkan image DOHC. Di lain sisi AHM tahu, kalau ingin berhasil maka image “cepat” harus diperoleh di motor mereka. Andaikata  AHM memakai mesin longstroke dohc direct tappet, maka mesin mereka tetap akan kalah tarikan dibandingkan longstroke sohc-nya vixion…. deka yakin para insinyur honda paham akan hal itu.

Kebetulan honda sendiri punya tehnologi dohc indirect tappet…. dohc with rra di jajaran moge mereka. Dengan RRA, maka akan memangkas minus mesin dohc yang tarikannya tidak seresponsif sohc. Begitu juga dengan efek efisiensi-nya….. dg adanya RRA membuat friksi diminimalisir, sehingga lebih hemat bbm. Klop dah jika dikawinkan dengan tipe mesin longstroke yang full torsi. Tarikan mirip sohc longstroke, nafas panjang di rpm atas ( bukan tinggi ) seperti DOHC…….

new cbsf
new cbsf

Menurut AHM, kombinasi mesin Long stroke dengan dohc RRA adalah pilihan yang pas bagi selera publik di marih. Meskipun AHM secara malu-malu mengakui bahwa long stroke banyak keuntungannya, yaitu efisiensi bbm dan full torsi, sehingga membuat istilah baru “near square” bagi mesin mereka, padahal ya long stroke juga kalau melihat bore X stroke-nya.

Cap DOHC tetap bisa dipertahankan, namun image cepat alam mesin long stroke dapat. Meskipun bagi penggemar motor konservatif akan tetap mencibirkan mulutnya… dohc kok long stroke…… Yah… ahm pinter sih….. ibarat kata, seperti orang memakai jaket doreng tentara. Orang yang melihat sudah keder duluan, sudah menganggap gagah yang makai, terlepas orang itu bener tentara atau orang biasa……

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

22 Comments

  1. Om deka mau tanya kan dohc sonic dan cb kan overstruke yg katanya torsinya nampol, apkah tdk bisa dohc overbore tpi torsinya nampol seperti operstruke? Dan yg saya bingung itu satria injeksi doch overbore tpi kok angka torsinya ngalhin sonic yg dohc operstruke itu kok bisa bijimane om?

  2. Yg penting cepatt..iritt… Nhgapain juga top sped jika jalan gak mendukung. (130kpj udah cukupan buat jalann d p. Jawa). Satria memang joss , tpi kalo boros, orang juga bakaln mikir ke situ.. Toh tarikan juga masih bringas sonic..

  3. nah dgn peningkatan kompresi ncb jd 11 skian itu jg ngebantu insinyur ahm bwt ngeset torsi dan penambahan power kn om deka…. apa jdnya jika nva pakai kompresi yg sama dgn ncb pasti torsi dn power naik kn om….

  4. yang saya mau tanya itu…Tarikan mirip sohc longstroke, nafas panjang di rpm atas ( bukan tinggi ) seperti DOHC
    rpm atas (bukan tinggi) itu maksudnya apa yach

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*