Menguak Rahasia “DOHC Abal-Abal”

DOHC with RRA
suzuki

Yola dulur yang budiman…. dulu di publik mobil sempat ramai dengan istilah DOHC banci. Istilah yang merujuk tentang mesin  toyota corolla yang berkonstruksi DOHC/ twincam, tapi tidak seperti dohc mobil lainnya, katakanlah lancer dangan. Di mesin corolla, konstruksinya memang dohc, tapi roda poros penggerak cam-nya cuma 1 biji yang berhubungan dengan rantai penggerak.

DOHC with RRA
DOHC with RRA

Secara performa masih dibawah dohc origin, tapi unggul secara simplisitas dan efisiensi. Akhirnya publik menyebutnya dohc banci. Sekarang kasus yang mirip adalah konstruksi mesin dohc milik sonic fi dan setelah itu new CBSF, “dohc abal-abal” istilah yang lagi ramai…. mari kita kuak rahasia dohc tersebut.

Sebagian publik masih mempermasalahkan konstruksi DOHC sonic fi yang  menggunakan rocker arm, dan  head cam cuma 1 biji untuk 2 klep yang jamak digunakan oleh mesin sohc. Berbeda dengan dohc-nya satria fu, fxr, atau old cbr thai yang memakai direct tappet, tanpa butuh pengungkit klep / rocker arm untuk membuka tutup klep. Menurut mereka, dengan adanya rocker arm ini reaksi penggerakan buka tutup klep lebih panjang dan butuh penyaluran tenaga yang lebih besar …… betul memang…. jika bentuk rocker arm-nya sama dengan milik sohc.

roller rocker arm mesin SOHC
roller rocker arm mesin SOHC

Rocker arm berfungsi agar daya gesek saat buka tutup klep antara tonjolan camshaft dengan klep terminimalisir, apalagi ujungnya berbentuk roller ( roller rocker arm ), otomatis mesin akan lebih halus getarannya, minim friksi. Di mesin sohc, rocker arm bentuknya mirip jungkat-jungkit, jadi untuk penyaluran geraknya lebih panjang, rentan ngambang saat rpm tinggi.

Jadi menurut mereka, dohc yang memakai RRA adalah sebuah kemunduran, apa bedanya dengan sohc. Well…. sejauh referensi deka, dohc with RRA milik honda ini berbeda dengan RRA-nya sohc. Dohc RRA honda adalah pengembangan dari dohc konservatif yang direct tappet. DOHC konservatif, profil tonjolan camshaft langsung membuka klep tanpa perantara. Disini friksi yang terjadi lebih besar, sehingga reaksi mesin di rpm rendah ke sedang kurang maksimal. Honda ingin mengurangi friksi tersebut, dan mereka memodifikasi konstruksi RRA di mesin mereka.

RRA mesin DOHC
RRA mesin DOHC

RRA di mesin sonic (dohc) bentuknya mirip ayunan, atau setengahnya RRA sohc. Lagipula 1 RRA untuk menggerakkan 2 klep in… kinerja lebih enteng karena low friction. Profil camshaft bisa dibuat lebih kecil tanpa menguragi daya angkat klep… ada efisiensi di situ…. kalau dari sudut pandang friksi, walaupun jalurnya tidak sesimpel dohc direct tappet. Honda merasa kompensasi pengurangan friksi ini lebih besar daripada loss power yang disebabkan oleh rocker arm yang jalur penggerakan klepnya lebih panjang.

Jadi… menurut deka, mesin sonic fi adalah tetap mesin dengan konstruksi DOHC…. DOHC plus, bukan dohc palsu atau abal-abal jika dari sudut pandang hadirnya RRA… meskipun kalau bicara capaian rpm mesin masih tinggian dohc direct tappet-nya satria, fxr, old cbr. Ya… karena honda ingin mencari efisiensi dan reaksi mesin di rpm lebih bawah…. Secara konstruksi, mesin DOHC… kan masih berporos camshaft ganda, sesuai dengan artiannya Double OverHead Camshaft, atau ada juga yang menyebutnya dengan twincam.

DOHC direct tapped / origin
DOHC direct tapped / origin

Masalahnya bukan di soal dohc memakai RRA…. justru itu sebuah nilai tambah untuk mesin dohc …. yang jadi soal adalah…..???…. ( Bersambung, Tunggu artikel berikutnya…. entar terlalu panjang, dikira bikin novel XD )

Semoga bermanfaat

wassalamualaikum

30 Komentar

  1. yg jadi masalah itu operstruknya om, menjijikkan. dohc kok operstruk, dohc with rra paten, di tambah operbore itu wajib,
    dohc with rra dengan operstruk itu aneh dan tergolong menjijikkan

  2. kampfrettt. . . .
    Udah disedian kopi kenyot ma gorengan sandal jepit kriyukk. . . . Ekh?? Dah dibc pnjang . . Mlh lebarnya _be continue_
    sEm.

  3. DOHC Honda New Sonice & New Cibi150 IMHO kelemahannya kayaknya daya tahan untuk RPM Tinggi (katakanlah diatas 12.000 RPM) belom teruji, karena dengan adanya Roller selain akan menambah moment inertia juga kayaknya belom kuat untuk melayani putaran tinggi CMIIW , makanya Red Line So Nice cuma 9500 RPM dan Cibi 10.500 RPM. bandingkan sama FU FI yg pake DOHC murni, redline di 11500 RPM. yang bagus kayaknya sistem DOHC dengan rocker arm finger follower tanpa roller, seperti yg dipake pabrikan BMW pada S1000RR nya dan diikuti pula oleh Yamaha deg all new R1 2015 nya, serta the next gixxer 1000 Suzuki. mengenai apa kelebihan dari sistem ini, ane juga gak paham, silakan googling. tidak mungkin suatu sistem itu buruk jika tidak ada pabrikan lain yg ikutan pakek: ))

  4. Yg jadi soal ketika rpm tinggi terhadi los power yg mumayan banyak.makanya dari dulu dohc dengan rra memiliki kontruksi low rpm max limit ngga 12rb rpm ngga seperti direct camshaft mampu tembus 15rb rpm dengan per klep yg lumayan soft.contoh nyata di cbr250 vs yamaha r25 perbedaan rad line sangat jauh.

  5. Penilaian orang awam kyak ane.. Spertinya itu bukan kemunduran. Tp lebih ke inovasi dri insinyur mesin AHM.. Karakter mesin yg nampol dr putaran bawah cocok buat kondisi jalanan disini yg stop n go..IMHO

    • Emang sih inovasi, tp kalo cuma nyari putaran bawah kenapa ga pake SOHC sekalian aja, malah biaya produkksi juga lebih murah, ga perlu biaya riset juga lagi. Lagian limit rpm yg didapet juga sama kaya mesin SOHC merek sebelah.
      #cumaopinidariorangawamjuga

  6. Nice inpoh, begitulah seharusnya seorang biker memandang sebuah teknologi baru. Tidak asal jeplak bilang banci-kw dll. Para designer Honda yang sudah makan asam garam bikin mesin dan meraih prestasi di dunia bisnis Otomotif dan Motorsport tdak sebodoh kita yang hanya bisa make-modif dan service doang. hehehhehe….. Saat ini abad penuh inovasi dan efisiensi. Fyi… di mesin Toyota 1.600cc 4A families aja ada kode FE dan GE dr yg 2 valves/ cylinder, SOHC, DOHC, VVti sampe 5 valves /cylinder. Kita bisa belajar banyak dari data mesin ini…….

  7. Ngakak aja sih om ,,
    kemajuan dari mana ??

    Dohc oper struk ??
    limiter 10k ??
    trus sensasinya sangat sangat mirip dengan SOHC tetangga ,
    bedanya hanya bergigi 6 !!

    DOHC over Bore old cibi saja yang real DOHC hancur kalo honda yang bikin !! 2tahun suntik mati ? kalah bersaing dengan sensasi SOHC ??
    Dari old sampe new CB mesin sama klotok-klotok berisik ..

    Bukan menghujat , saya mantan pengguna Honda juga bahkan mobil dirumah Honda !!
    cuma kalo untuk sepeda motor mending yamaha ,,
    mesin Honda penyakitan , Beda mesin honda jaman Astrea dan sekrang !!

    trus mau komen apa ?
    tetangga mesin maja pahit , ngebul , dan boros oli ?
    Mesin lama yang terbukti bandel , yamaha riset mesin serius gak pake acara 1-2 tahun !! ngebul ?? tergantung perawatan dan di NVL sudah diperbaiki diseri NVA. boros oli ?? kalo gak ngebul gak mungkin boros oli !!
    memangnya mau ganti oli setahun ??

    kalaupun ngebul , pernah dengar SOHC tetangga mesinnya rusak karna ngebul ?

    Mikirlah bro , Teknologi berkembang tapi tergantung dengan siapa yang ciptakan !! ibarat Iphone dan Android abal abal (Iphone ram 1gb lebih bagus dari ram 2-4gb abal abal)

    Honda motor AHM ? mending Honda Thailand Build qualitynya kelas Wahid

    • disini yg dibicarain adl keberadaan rra di konstruksi dohc….. nggak bahas kualitas….kalau bicara overstroke, ikuti artikel berikutnya, makanya dibuat bersambung…….

  8. Benar, penonton sepak bola lebih pintar dari yang main, ahli kita lebih pintar analisanya dari perancang mesin dohc abal-abal banci dll HONDA, yang jelas tanya saja perancang mesin HONDA DOHC ABAL2_BANCI apa maksudnya buat mesin abal2 bancisupaya puas tapi kembali kalo kita ahli kan punya tambang besi-baja-timah terbaik kualitasnya cuba deh kita buat mesin, setelah kita bisa buat otomitif buatan INDONESIA untuk RAKYAT INDONESIA karena sudah bisa bikin sendiri kira2 apa perlu datengken dari luar INDONESIA marilah kita yang genius2 sumbangken untuk kita

1 Trackback / Pingback

  1. Menguak Rahasia “DOHC Abal-Abal” : Seperti Minum CTM Biar Tidur | 78deka

Silahkan Beropini