Uji Satria Fi VS Sonic : 1,3 km Hanya Berjarak 1 Bodi….. Bus Luragung

uji performa new satria fi
uji performa new satria fi
uji performa new satria fi

Yola dulur yang budiman….. membaca tulisan di Laskar Suzuki, deka dibuat terkekeh oleh gaya bahasa admin. Pada saat tes ujicoba satria FI di sirkuit internal suzuki, salah satunya dikompare dengan sesama ayago, milik ahm yang barusan dilahirkan, sonic 150 fi. Menurut admin yang test ride langsung, jaraknya cuma 1 bodi saja….. tapi bodi bus luragung jaya πŸ˜€

Kita sebenarnya sudah dikasih spyshot uji coba komparasi dengan motor sejenis yang dilakukan di sentul, cuma pada waktu itu nggak disebutkan jenis motor apa. Cuma gambar tanpa keterangan, kita cuma mensinyalir kalau motor yang di depan adalah satria FI, yang dibelakangnya sebuah ayago.

Kenapa deka nggak menyebut jupiter mx king juga keok saat komparasi, karena deka sejak dari awal kelahiran mx king, sonic, menyebut mx king bukan lawan langsung dari satria FI, beda jenis…. moped vs ayago, dimana ayago adalah sub varian moped. Yang menyamakan hanya sama-sama lebih sporty di kelas moped, dan mengincar segmen anak muda.

test satria fi

Back to topik, sebenarnya fakta ini sudah ada setelah uji di sirkuit internal suzuki, namun semua testrider diminta bungkam sejenak, menunggu moment yang tepat untuk mempublish-nya. Untuk “die harder merk” mungkin ini fakta yang menyakitkan. Namun bagi deka, biasa saja, karena deka di posisi konsumen atau sekedar pengamat permotoran.

Untuk performa jangan ditanya lagi, karena mulai dari awal start sampai fiinish dengan jarak trek keseluruhan 1,3 Km, SUZUKI Satria Fu 150 Fi yang tampil sebagai juara, sedangkan juara dua dengan jarak hampir 1 bodi bus Luragung Jaya ditempati produk baru ayam jago kompetior, disusul kemudian Satria Fu EURO-3 dengan jarak yang sangat tipis sekali dan yang paling buncit adalah bebeksport milik motor kompetitor. Rahasia kemenangan Satria Fu 150 Fi sejak awal start sampai finish adalah tenaganya yang mencapai 18,3 Hp dan Torsinya yang setara dengan kompetior, sehingga tenaga selalu ngisi terus mulai dari awal start sampai finish (titik pengereman). – See more at: http://www.laskar-suzuki.com/2015/12/kupas-tuntas-test-ride-suzuki-satria-fu.html#sthash.ipQZrYin.dpuf

luragung-jaya.jpg

Keunggulan satria fi, kalau boleh deka menganalisa, berasal dari peningkatan kompresi mesin menjadi 11, 5: 1, profil diameter klep, serta profil cam. Sehingga walaupun dengan bore X stroke yang sama dengan satria FU, performanya meningkat. Toh dulu mesin fxr dengan kubikasi sama bisa 20an dk.

So… selamat datang era ayago kencang…. asal massprod-nya nggak mengalami sunatan massal…. entar fans satria pada sarungan semua πŸ˜€ πŸ˜€

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

12 Komentar

  1. jangan lupa ditmabahin lg om, sistem pengabutan FI juga disinyalir mempengaruhi keluaran tenaga total sang ayago FI.. lah yg sebelum2nya kan cuma dibekali karbu tipe vacum.. 26mm pula..

Silahkan Beropini