Tips Ringan Agar Nafas Motor Lebih Plong

 

 

tm28lc135installed

Yola dulur yang budiman…. motor kita, secara default memang sudah disetting paling ideal oleh pabrikan yang bikin. Yah… namanya juga manusia, biasanya kalau sudah sering memakai motor, maka ada rasa kurang puas dengan performa standar motor kita. Kadang kita ingin meningkatkan performa motor kita. Nah… kali ini deka akan memebrikan sedikit tips untuk meningkatkan performa motor standar kita, khususnya agar nafas motor lebih plong.Tips ini jelas tidak spontan hasilnya spektakuler, karena perubahan yang dilakukan sangat ringan, mudah dan simpel. hanya memperlancar  asupan udara ke karburator atau intake manifold. Secara, jika asupan udara lancar, maka meningkatkan respons mesin untuk menaikkan rpm,  atau bahasa umumnya, meningkatkan tarikan. Seberapa besar efeknya, yah… mendingan lah daripada mode default.

Kita tahu kalau motor secara standar akan dilengkapi dengan filter udara. Berbagai macam bahan filter udara. Namun kali ini deka akan bahas yang berbahan kertas. keunggulan filter kertas adalah daya saringya yang lebih bagus dibandingkan bahan lainnya. Konsekuensinya, daya laju angin hasil hisapan vakum mesin juga akan lebih terhalang dibandingkan bahan yang lain. Apalagi secara pembuatan, dibelakang filter kertas, masih ada kisi-kisi logam untuk menguatkan struktur filter. Nah, kalau deka amati, kisi-kisi ini akan mengurangi area hisap udara.

Target oprekan adalah menghilangkan kisi-kisi udara tersebut. hal ini dimaksud agar luas penampang angin yang tersedot lebih besar, sehingga nafas akan lebih plong seperti kita makan permen mint extra strong. Caranya sangat mudah, sebagai contoh, deka menggunakan motor deka sendiri, seekor jupiter mx yang terkenal ribet copot bodinya.

IMG-20151212-01090

  • Langkah pertama jelas copot bodi dulu, karena untuk motor moped, filter udara berada di sekitar mesin, dibawah bodi. Apalagi untuk jupiter mx, dimana box filter udara di posisi bawah depan jok.
  • Langkah kedua, buka box filter udara menggunakan obeng atau kunci pas
  • Langkah ketiga, angkat filter udara, bersihkan menggunakan lap.
  • Langkah keempat, balik filter kertas tersebut. nah, disisi dalam ada semacam sekat yang terbuat dari besi, misi kita adalah mencopotnya. karena strukturnya dudukan permanen, maka kita akan potong dudukan yang menyatu dengan rumah filter tersebut.
  • Cara memotongnya adalah dengan menggunakan cutter. Agar lebih mudah, maka dudukan plastik keras tersebut deka panasi dulu dengan korek api. setelah lembek, maka akan mudah dipotong menggunakan cutter. Potong 4 dudukan tersebut.
  • Setelah plat tersebut lepas, pasang kembali filter ke box, pasang lagi tutup box, kemudian pasang bodi motor.

IMG-20151212-01092

That’s it…… cukup mudah dan simple bukan? setelah itu coba tes motor kita, maka respon mesin akan lebih baik dibandingkan mode default. Minimal itulah yang deka rasakan, tapi jangan muluk-muluk minta hasilnya seperti motor racing…… kalau ngeyel….. deka cuma bilang, itu cuma mimpiiiiiiiii………

Salam TePOK

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

21 Komentar

Filed under TePOK

21 responses to “Tips Ringan Agar Nafas Motor Lebih Plong

  1. fb

    hati2 kesedot om, minimal di replace aja pake kawat kassa yg mirip pengaman radiator imho..

  2. umur filter kertas bakal makin pendek dong om?

  3. @1

    curhat dikit y hehe
    kmarin waktu turing sempat jatuh kekanan….otomatis knalpot ketindihan dan ternyata leher knalpot bocor…..tapi ko setelah tu bukaan gas makin enteng akselerasi jd tambah enak y ?…p pngaruh tuh knalpot bocor ny…

    tapi suara dr knalpot bocor ny itu lho g enak bngt hehehehe

  4. Fariz

    apa cuman saya yang salah fokus malah ngliatin tuh karburator :

  5. klikenter27

    kalo saia pribadi buat naikin performa shogun 125 lawas, belum berani nyopot peranti apapun (baca: eman2 mengurangi konten parts kendaraan, maklum saia rada pelit), saia cuma pindahin pin jarum skep karbu satu tingkat, efeknya bukaan skep lebih tinggi jadi sedotannya lebih deras, meski ga segesit motor balap, tapi gigi dua udah nembus 80 km/jam, lumayan buat kentutin MX adek.

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s