Cara Menguras Oli Rem Sendiri

rem bybre polos

Yola dulur yang budiman…. deka mendapatkan tutorial dari media motorcyclist tentang cara menguras oli rem sendiri tanpa harus ke bengkel atau mekanik. hal seperti ini kadang kita harus ke bengkel untuk sekedar transfusi oli rem. sebenarnya biayanya sangat murah walau harus ke bengkel. Namun soal kepuasan, jelas, cata TePOK atau dilakuin sendiri, memiliki ras tersendiri.Menurut media tersebut, oli rem motor harus diganti minimal setiap 2 tahun sekali jika motor digunakan secara biasa, Atau bisa lebih cepat jika kita sering melakukan rem bekerja berat, atau dalam kondisi kotor maupun hujan. Semua itu mempercepat oli rem menjadi rusak dan akan mempengaruhi kinerja rem hidrolis.

MCGarage

Ternyata, mengganti oli rem sangat simpel, hanya diperlukan ketelatenan dan kesabaran. Alatnya sendiri hanya terdiri dari kunci pas sesuai baut pembuangan oli, selang bening, obeng, sebuah tabung. Selang lebih baik yang berwarana bening karena untuk melihat oli baru sudah sempurna tersisi atau belum.

MCGarage

Pertama-tama, bersihkan tabung resorvoir oli yang biasanya di sekitar setang sebelah kanan menggunakan lap bersih. hal ini dilakukan agar terhindarnya kotoran masuk ke reservoir yang nantinya bisa menjadi sumbatan. kemudian, secara perlahan, buka tutup reservoir menggunakan obeng. MCGarage

Pasang kunci pas di baut corong pembuangan oli di kaliper, biasanya ditutup dengan cap seperti tutup pentil, buka dulu ya tutupnya. Kemudian pasang selang ke mocong pembuangan, dan ujun atunya ke tabung untuk menampung oli buangan.

MCGarage

  • Dilanjut dengan langkah yang paling kritis. tekan lever atau handle rem sekuatnya sampai mentok, bisa dengan pertolongan rekan. Setelah ditekan maksimal, kendorkan baut pembuangan oli, maka oli akan mengalir melalui selang. Kemudian langsung kencangkan baut tadi sebelum lever lepas dari tekanan. Lever rem Jangan dilepas sebelum baut dikencangkan.
  • Lakukan berulang sampai level oli di reservoir di batas dasar. Jangan sampai ada udara masuk ke selang rem !! karena bisa mengakibatkan masuk angin, dan jika ini terjadi, maka pengurasan akan memakan waktu yang lama.

MCGarage

  • Masukkan oli rem baru ke reservoir, lakukan pemompaan seperti cara diatas. pemompaan bisa berkali-kali, jadi harap telaten dan sabar. Sampai nanti oli rem baru yang lebih jernih terlihat di selang pembuangan bawah. jika sudah nampak bening, segera kencangkan baut pembuangan, dan tutup kembali cap-nya.
  • Kemudian tambahkan oli di reservoir sampai batas maksimal

MCGarage

  • Pasang kembali Tutup tabung reservoir oli. Nah, kini ritual penggantian oli rem sudah berakhir.

Bagaimana? kelihatannya mudah atau nggak? semoga saja mudah….

Sumber : motorcyclist

Salam TePOK

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

 

 

 

10 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*