Tips Agar Motor Terhindar Dari Incaran Maling

ilustrasi curanmor

ilustrasi curanmor

Yola dulur yang budiman….. kadang punya teman dari atau mantan dunia gelap ada untungnya. Deka punya kenalan dimana masa mudanya termasuk di dunia gelap. Curanmor salah satu bidang yang dia geluti. Nah… dari dia, deka mendapatkan tips agar motor bisa terhindar dari incaran maling.

Ya…. kenalan sama mantan maling kita akan mendapatkan ilmu tentang maling. Bukan untuk dipraktekkan, namun untuk diambil pelajaran bagaimana modus pencurian motor dilakukan. dari situ kita bisa mencegah agar kemungkinan  sebagai obyek incaran berkurang.

Doi hanya memberikan tips saat kita parkir di tempat umum. Tips ini mungkin tidak berlaku jika kondisi di sekitarnya sangat sepi. Atau memang para penjahat tersebut bukan mencuri, tapi merampok, jelas beda kasusnya.

Menurut dia, pencuri motor sudah punya aturan kalau tenggat waktu ekseskusi membobol sebuah motor harus dibawah 5 menit….. kalau bisa dibawah 3 menit. Ini belum termasuk waktu planning pengamatan, jika target berada di tempat umum. Mereka juga sudah memantau di beberapa lokasi dimana kadang pemotor teledor karena merasa hanya perlu waktu sebentar, sehingga motor diparkir seperti biasa.

Karena batas waktu 3 menit, biasanya mereka akan mencari target yang paling mudah, seperti motor kunci tertinggal, kunci tanpa pengaman, atau motor tanpa pengaman tambahan. Semakin mereka pikir lama untuk membobolnya, maka akan menjadi target paling akhir. yang utama adalah yang termudah.

gembok motor

gembok motor

Nah disinilah peran kunci ganda pada motor. Jika mereka tahu ada kunci ganda, maka sementara akan ditinggal untuk mencari sasaran yang lebih mudah. Kunci ganda kalau bisa yang mencolok, bisa berukuran besar, berkesan kokoh, atau tempat menguncinya di tempat yang paling gampang dilihat. Jangan sampai kuci tambahan tersebut tersembunyi, atau berukuran kecil. Karena walaupun kadang selamat, namun motor kita sudah terlanjur rusak,minimal di stop kontak karena sudah ada usaha dibobol….. walaupun gagal.

Memang nampak nggak keren kalau motor, kita gembok dengan ukuran besar, namun justru itu yang menyelamatkan dari pencurian. bahkan kalau jumlahnya lebih dari satu, maling sudah melengos duluan…. masalahnya akan ribet dan nampak norak. Bagaimanapun kondisi aman adalah dambaan kita semua, sehingga tidak perlu khawatir saat meninggalkan motor kita…. Tapi kapan ????

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

8 Komentar

Filed under safety, sparepart

8 responses to “Tips Agar Motor Terhindar Dari Incaran Maling

  1. adul

    asal jgn gembok besar ‘cina’ aja bos…
    gembok pager rumah ane pernah dibobol pke cairan setan, trus honda wtf sodara yg diparkir deket pager ilang… tapi yah bukan di parkiran sih, tp jam jam nya org lg terlelap…
    skrg ane pke gembok alarm yg bnyk dijual di ace hardware seharga seratus ribuan, so far so good… meski udh keujanan alarm tetep kenceng gak rusak2

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s