Test Ride Yamaha Byson FI… Feelnya Dapet Banget

byson injeksi
suzuki
byson injeksi
byson injeksi

Yola dulur yang budiman….. Beberapa waktu yang lalu, deka mengadakan motor byson fi untuk karyawan yang dianggap berprestasi sebagai kendaraan operasional, menggantikan motor sebelumnya yang sudah berumur, honda megapro. Setelah motor diantar ke kantor, selama 2 minggu lebih menunggu stnk dan plat nomer turun, moto tersebut deka gunakan untuk riding jarak dekat, sekalian test ride.

Yah…. sekalian bantuin inreyen lah…. kalau ada waktu, deka gunakan untuk muter-muter perumahan Taman Yasmin Bogor. Selain inreyen, juga untuk mengisi batere dan manasin mesin. Di kesempatan itulah deka mencoba mengenal motor naked commuter berdesain ala street fighter ini.

Deka yang sudah mengenal byson karbu milik rekan sekantor, awalnya cukup kaget saat pertama kali mengendarai Byson FI, lha kok enteng tenan?. Terasa sangat enteng saat menegakkan motor dari kondisi standar miring. Di dorong pun terasa ringan. Di byson karbu, deka merasakan agak berat.

yamaha byson fi
yamaha byson fi

Suara mesin khas semi kasar di byson karbu juga sangat terduksi, lebih halus, walaupun suara khas mesin byson masih ada ( bagi pemilik byson karbu pasti akan sangat kenal ). Mesin menyala halus, suara teredam sangat baik dari muffler yang berdrsain lebih memanjang daripada versi lama. Kurang sangar suaranya untuk sekelas motor street fighter karena memang terhalang aturan emisi suara.

Ketika memasukkan gigi terasa halus, kemudian tarikan smooth….. halus, sangat nyaman untuk sebuah motor kommuter atau dijadikan motor turing. Kalau ada yang nyinyir soal tarikan lemot, well….. kalau acuannya motor streetfighter sih emang lemot parah nih motor. Tapi kalau acuannya motor kommuter dan turing, performa mesin byson sudah cukup buat deka. Lha emang motor ini didesain bukan untuk balapan atau sruntulan kok.

Yang paling deka suka dari Byson FI ini adalah soal kenyamanan ergonomi dan agility atau kelincahannya. Motor yang secara desain mlenuk-mlenuk bongsor, tapi kalau soal tekuk menekuk, byson sangat menyenangkan. Sensasi ringan untuk diajal manuver sangat kental, menambah pede saat menikung atau selap-selip di keramaian…. yah minimal deka rasakan di kecepatan sedang, karena style deka emang kalem kalau naik motor.

Saat mengndarai byson FI, badan tidak merasakan beban berlebih karena riding position. Tubuh nyantai tegak dengan tangan sedikit baplang memagang stang kendali…. rilex sekali. jok juga terasa lebar, nggak terlalu empuk atau keras…. pas. Nggak salah kalau byson menjadi favorit buat riding jarak jauh…… nyaman memang.

konsole byson fi
konsole byson fi

Sebenarnya deka mau uji jarak memengah 60 km, sayangnya saat deka pulangkampung, motor diambil karyawan dan dibawa ke serang…. yo wes lah gagal sudah menikmati test ride Byson FI agak jauhan dikit jaraknya.

Kalau untuk berkommuter, jalan normal, atau untuk riding jarak jauh, motor nyaman, byson FI merupakan pilihan masuk akal…. kecuali anda butuh motor balap, full torsi dan full power, jelas byson FI adalah pilihan yang salah……

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

31 Komentar

  1. orang indonesia terlahir pembalap semua, ….klo mau beli motor yg diliat top speed berapa, kalau perlu sepeda onthel di beri mesin DOHC terus di sebut motor sport (sport jantung maksudnya….)

  2. di awal kemunculannya si Kebo adalah sasaran favorit para pencuri. entah kenapa YIMM gak melengkapi Byson Fi dengan pengaman di kunci kontaknya

  3. om ane rencana naik kelas nih, posisi belom tau kopling tapi oengen sport karena tangkinya gede ga ngerepotin mampir sering ke spbu, posisi nyaman dan masih mikir irit mahasiswa.. nyicipin sport lah pertama kali.. kirakira tenaganya dibanding motor bebek gmana ? ane pernah megang supri125fi sama mx gen 1, dan minumnya kirakira nembus berapa ?

1 Trackback / Pingback

  1. QUOTE OF THE DAY | 78deka

Silahkan Beropini