Apalah Arti Sebuah Nama Yamaha Xabre…… Berarti Banget To Ya…h….

mslaz

Yola dulur yang budiman…… mengikuti info dumay, ada info kalau yamaha M-Slaz di Thai sono akan dinamai dengan Yamaha Xabre di sini. Kemudian menjadi menjadi diskusi hangat, ada yang pro maupun kontra, mskipun banyak yang kontra sih. Ah….. apalah arti sebuah nama ?….. Lho yo penting banget to ya…..

Xabre…… hmmm….. memang cukup asing secara tulisan, kalau deka sih melafalkannya “SABER” yang berarti pedang. Lho kenapa nggak ditulis saber gitu, biar gampang dan umum. Yah mungkin biar lebih nampak keren dan futuristik gitu. Seperti yamaha vision (visi injection)  ditulis dengan v-xion. Lebih keren V-xion daripada vision kan?

Dalam dunia dagang, nama atau brand jelas berperan sangat penting. Kalau bisa namanya merepresentasikan barang yang akan ditawarkan. Keren adalah paket wajib, pabrikan nggak mau nama yang jelek karena jelas ini penghalang pertama daya tarik dagangan.

Masalahnya, xabre masih dianggap asing di telinga maupun mata publik di marih, sehingga kontra pun terjadi ( terlepas dari yang bertujuan BC ). Yah… wajar saja, namanya juga hal baru, pasti dianggap aneh, asing…. lha wong belum umum kok.

Kalau motor ini sukses, entar juga akan nampak dan terdengar familier. Kuncinya, akan sukses atau kagak nih motor, kalau soal nama, itu mah akan mengikuti dengan sendirinya. Siapa sangka helm dengan brand X-lite yag sebagian publik melafalkan slank menjadi S*lite tapi jadi keren karena aura motogp-nya. Jelas yamaha memilih xabre daripada saber atau cyber. Yah, mendingan daripada memaksakan dengan nama MT-15.

Deka nggak bisa ngebayangin kalau motor ini dinamai MT-15….. motor yang merepresentasikan master of torque, tapi motornya sendiri berperforma seperti v-xion atau R-15. Pasti akan menjadi bahan bully-an publik motor, khususnya haters. Akan sangat kental image kalau yamaha hanya jualan body….. boro-boro sensasi mesin baru, upgrade mesin yang sama aja kagak, plek mesin yang sama. Bukan masalah itu mesin yang bagus….. tapi kesegaran…. new sensation…….

light saber of  Jedi
light saber of Jedi

Sepertinya yamaha kembali memilih jalan yang lebih sulit, baik penamaan maupun target pemasarannya. Semoga berhasil yamaha….. yamaha “xabre”….. Saber…… Sabar…… May the force (1 zr) be with you…. yamaha

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

1 Trackback / Pingback

  1. Yamaha Xabre, Motor Naked Stylist Yang Dijual Mahal | 78deka

Silahkan Beropini