Benarkah Tambal Ban Tubeless Ngga Boleh Dibesarin Lubangnya?

Yola dulur yang budiman…..masih kontroversi dan menjadi pertanyaan soal tambal ban tubeless yang bocor karena benda tajam. Kalau kita amati, tukang tambal ban tubeless biasanya memperbesar lubang bekas benda tajam tersebut menancap di ban. Sebagian orang berpendapat, hal tersebut tidak dilakukan karena akan merusak ban. Pertanyaannya, benarkah hal tersebut nggak boleh dilakukan?

tambal ban tubeless

tambal ban tubeless

Sebagian publik motor mengatakan ban tubles karena jika bocor ban tersebut sebelum ditambal malah ditubles ( ditusuk ) menggunakan sejenis obeng. Hal tersebut dilakukan agar lubang bocor lebih besar. Di lain sisi, sebagian publik juga melarang hal tersebut dilakukan karena akan merusak serabut-serabut penguat ban, sehingga memperbesar kemungkinan ban akan bunting atau benjol.

Saat ban tertusuk benda asing, contohnya paku, lubang yang dihasilkan kecil, sehingga serabut ban yang rusak minim. Jika diperbesar lubang bocornya dengan menusuknya dengan obeng, otomatis serabut yang putus juga lebih besar. memang masuk akal dan logika jika perlakuan itu dihindari.

http://www.motorcyclistonline.com/how-to-plug-tubeless-tire-mc-garage-tech-tips-motorcyclist-magazine#ooid=ZyN3dieTo0zVbivE1XLHZioAYrCXpCN2

Deka sendiri nggak expert untuk urusan tambal menambal serta ilmu ban. Deka hanya menyontoh apa yang dilakukan oleh biker jika ban tubeless bocor terkena paku. Di sebuah tutorial video di media amerika yang membahas permotoran, dicontohkan cara menambal ban tubeless menggunakan alat tambal jenis cacing. Nah di tutorial tersebut dilakukan pembesaran lubang bekas tusukan paku menggunakan obeng agar tambalan menutup sempurna.

Hal itulah yang menjadi acuan deka jika menambal ban tubeless. Dan selama ini, tidak pernah ada masalah, bahkan ban buntingnya sipiter di ban lama dulu bukan karena tambal ban karena ban jenis tube, bukan tubeless. Gimana menurut dulur sekalian, boleh nggak ban tubeless digedein bekas bocorannya?

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

9 Komentar

Filed under sparepart

9 responses to “Benarkah Tambal Ban Tubeless Ngga Boleh Dibesarin Lubangnya?

  1. Gak boleh… gak boleh ikutan katanya2, lakukan saja 😀

  2. Lbh aman mmg tip top.. Bukan berarti yg pertama gak aman sih… Tp tip top relatif mahal

  3. orang awam

    ban belakang saya dulu pernah ditambal cacing kayak di gambar, selang beberapa hari dipake rasanya malah geal-geol ngga karuan. ban serasa kurang solid gitu

  4. orang awam

    sejak awal nambal sampai ‘cacing’ nya rata tergerus aspal tetep geal geol om… apalagi pas nikung

  5. makasih bro, jadi bisa tambal ban tubles sendiri

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s