Masalah TVS Apache Selalu Sama

tvs apache 200 spyshot

Yola dulur yang budiman….. bicara motor tvs apache bagi deka adalah sensasi tarikan maut. Hal itu terwakili dulu di tvs apache 180 rtr, untuk sekelas 180 tarikan lawan tiger pasti bejaban, lawan vixion nggak kalah, pun demikian dengan motor naked 4 tak 150cc pada umumnya juga akan dijabanin. Namun TVS pada umumnya mempunyai masalah yang selalu sama.

tvs apache 200 spyshot
tvs apache 200 spyshot

Jelas deka nggak boleh menunjuk soal aftersales….. jelas keok, “mecedhel”, mengkis-mengkis jika dibandingkan dengan pabrikan jepang. Bukan pula soal kualitas motor, karena secara kualitas memang oke… bahkan direntang harga yang sama, mopang jauuhhhh…. yah paling cuma disekitar kabel dan karet doang yang kelihatan paling ringkih. Itu juga masih tertolelir karena harganya yang murah.

Masalah utama tvs apache bukan di performa mesin. Okelah mesin dengan air fin di blok mesin kelihatan lebih jadul dibandingkan yang mulus karena memakai water jacket. Namun banyak juga kok motor luar yang masih memakai air cooled dengan air fin-nya….. asal motor standard, cruiser atau touring. Apalagi sudah dilengkapi oil cooler…. cukup dah buat kommuter. Dengan kubikasi 200an cc overbore, sohc multivalve, power on crank default 25 dk ( rumornya ), tentu sudah lebih dari cukup untuk rolling on the road, melebihi jauh motor-motor 150 cc beradiator. So secara performa deka anggap cukup bagus untuk sementara, riilnya menunggu pembuktian nanti.

konsole tvs apache 200 spyshot
konsole tvs apache 200 spyshot

Masalah dari dulu TVS apache adalah soal desain yang India banget. Bukan berarti desain india jelek, namun ini soal selera. Selera kita sangat jauh berbeda dengan orang India. Padalah TVS sendiri di india termasuk pabrikan yang konservatif, dan penggemar yang konservatif pula, berbeda dengan bajaj yang lebih moderat. Jelas desain akan kental India-nya, apalagi pasar terbesarnya juga di India. Untuk merubahnya menjadi state of the art-nya biker disini jelas sangat beraaaattttt.

tvs apache 200 spyshot
tvs apache 200 spyshot

Melihat spy shoot diatas juga indikasinya mengarah ke situ…. kental gaya indianya. Publik yang sudah teracuni oleh mopang jelas akan bilang, ” sayang ya….. mesin performanya sih oke, sayang desainnya nggak masuk”. Jika ditanya, ” mau beli?” Paling jawabannya, “ntar ah nunggu yang lainnya dulu”….. nggak aneh dengan jawaban seperti itu bagi deka, kecuali anda seorang TVS lover…

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

4 Komentar

Silahkan Beropini