Fuel Dilution, Kenali Dan Jadikan Parameter

fuel dilution in oil
suzuki
fuel dilution in oil
fuel dilution in oil

Yola dulur yang budiman…. Meskipun deka bukanlah tehnisi atau boro-boro ahli permesinan, namun deka cukup intim dengan dunia permesinan. Kali ini deka menemukan kasus atau kejadian yang sebenarnya umum terjadi, namun ternyata sangat menarik karena jarang diangkat menjadi sebuah topik. Fuel dilution…. Ternyata banyak terjadi di sepeda motor, yuk mari kita bahas bersama-sama.Fuel dilution adalah kejadian dimana sisa-sisa bbm hasil pembakaran yang masuk ke crank case dan akhirnya bercampur dengan oli mesin. Cirinya sangat mudah dikenali, jika ditap, oli mesin akan berbau bensin. Di kondisi yang lebih ekstrim, oli berwarna campuran warna oli dan warna bbm. Contohnya pertalite warna hijau, pertamax warna biru, pertaplus warna merah. Jika menemui hal ini, yakinlah bahwa motor anda mengalami fuel dilution.

Kenapa fuel dilution perlu kita waspadai? Karena fuel dilution bisa menjadi indikasi, atau parameter motor anda tidak dalam kondisi sempurna mesinnya. Fuel dilution juga akan menjadi penyakit ekonomis, atau economic dieases yang tidak anda sadari. Secara pelan-pelan menggerogoti uang anda. Gimana tidak, umur masa pakai oli atau EOL oli motor anda akan berkurang dari standarnya. Anda akan mengeluarkan biaya tambahan karena lebih cepat ganti oli.

fuel dilution

Fuel dilution ( FD ) juga menjadi parameter kalau motor anda tidak dalam kondisi optimum. Khususnya di ruang bakar mesin motor anda. FD terjadi karena beberapa hal sebagai berikut

– Ring piston yang lemah. Dengan ring lemah, maka percampuran oli dg bbm terjadi di ruang bakar,pembakaran tdk sempurna, ada sisa campuran tidak terbakar kemudian campuran tersebut kembali ke crankcase bercampur dengan oli mesin dan in terjadi terus menerus selama mesin menyala.

– Silinder head atau piston baret. Ini juga menyebabkan FD, dg adanya baret maka akan ada oli yang terjebak atau sekat antara ruang bakar dengan crankcase tdk rapat, maka campuran bbm bisa masuk dan bercampur dengan oli.

– Pembakaran BBM motor anda tidak sempurna. Jelas hal ini membuat performa motor anda tidak maksimal dan mengurangi efisiensi. Ini juga menyebabkan FD, karena bbm sisa pembakan tidak sempurna akan digiring oleh ring piston ke crankcase, karena bagaimanapun ring piston didesain punya sedikit celah.

Pembakaran tidak sempurna dan menyebabkan fuel dilution terjadi karena beberapa hal, salah satunya karena motor tidak diisi dengan bbm yang sesuai dengan kompresi mesin. Atau motor dengan kompresi tinggi diakali agar masih menerima premium oktan 88. Motor masih bisa jalan, namun performa drop dan FD terjadi.

So… Kenali fuel dilution terjadi enggak di motor anda, dan curigalah kejadian di atas terjadi di motor anda…. Jika ada kekrungan dan kesalahan, mohon ditambahi ya Lur.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

3 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Setting Basah / CO Naik……Enak Sih…Tapi Beresiko | 78deka

Silahkan Beropini