Setelah Spek Dan Harga M-Slaz Thai, Opini Pembaca Blog Mengarah Ke Respons Negatif

Yola dulur yang budiman…… setelah kemarin spek mesin dan harga dipublish secara resmi saat launching motor streetfighter yamaha M-Slaz di thailand, deka membaca reaksi komentator di dunia blog motor kok mengarah ke respons negatif.

spesifikasi mesin mslaz
spesifikasi mesin mslaz

Di negara film Ong Bak itu, M slaz dibandrol dengan harga 89,500 baht atau 34,5 jetong rupiahs. sedangkan spek mesinnya, seperti spek mesin r-15 atau mesin yamaha vixion plus giginya jangkep 1 lagi jadi 6. Sebuah penawaran yang mengejutkan kalau sampai terjadi di marih.

Ya… dengan harga 34 jutaan ( andaikata harganya sama saat dipasarkan disini ), maka harga itu akan melampaui harga seekor yamaha R-15. Padahal sudah latah di marih, kalau strata motor full fairing adalah di atas motor naked di kubikasi yang sama. Meskipun memang di luar negeri sono kadang motor naked bisa berharga lebih tinggi dibandingkan motor full fairing, tergantung spek, fitur yang ditawarkan. Namun di negeri ini, hal itu belumlah terjadi, maklum dunia permotoran kita sedang menggeliat bangun, khususnya tentang jenis dan kelas motor.

Soal spek mesin M-slaz ini yang deka pertanyakan di artikel yang lalu, ternyata memang nggak jauh berbeda. Spek M-slaz yang ditampilkan identik dengan mesin R-15 atau Vixion plus 1 gigi. Sementara ini, hanya spek dasar seperti itu yang ditampilkan. Boro-boro mesin baru, penambahan fitur tehnologi baru seperti VVA atau yang lainnyadi sektor mesin belum ditampilkan.  Gampangnya, mesin R-15 yang pindah body…. nggak ada kejutan yang punya efek wow di sektor mesin. Secara garis besar berikut speknya

1. mesin 149 cc SOHC 4 klep, fuel injection, berpendingin radiator
2. rasio kompresi 10.4 :1
3. overstroke dengan bore 57 dan stroke 58,7 mm
4. gearbox 6 speed
5. tangki bahan bakar 10,2 liter , dengan bbm minimal ron 91
7. kapasitas oli 0,95 liter penggantian periodik, 1 liter kalau ganti filter oli
8. kapasitas coolant 250 ml
9. busi NGK CR9E

mesin-yamaha-jupiter-mx-king-150-closed-loop

Efek wow hanya di sektor desain yang macho, khas mini hooligan (bastard) dengan suspensi default upside down. Hanya itu saja…. Memang deka akui mesin basis Minarelli ini emang sudah sangat teruji. Namun sudah nggak ada efek mengezutkan lagi, deka teringat dengan mesin Tiger dulu yang nggak ada bedanya dengan mesin GL, hanya beda kubikasinya saja…… efek wow-nya jauh berkurang.

Hal ini deka baca dari indikasi komentor di dunia blog yang antusiasnya berkurang soal M-Slaz, Respons-nya cenderung negatif melihat spek mesin dan harga di atas. tentu ini menjadi pertanda kurang bagus buat yamaha. Memang itu terjadi di negara thailand, jika diterapkan di sini, kemungkinan besar respon pasar juga tidak akan semeriah yang diharapkan.

Semoga saja memang ada anomali, keanehan yang menyenangkan di YIMM, semoga ada terobosan baru di sektor mesin… bukan sekedar jualan desain bodi. Begitu juga dengan bandrol harga motor bastrad ini. Deka masih berpegang dengan opini kalau harga MT-15 adalah di range antara vxion dengan R-15. Gimana dengan dulur sekalian? puas dengan M-slaz thai tersebut?

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

 

14 Comments

  1. Memang harus di hajar ahm dulu baru matanya terbuka kayak susuki,
    ayok ahm, anda yg harus membuka mata yamaha kalok mesin pikson nya udah terbilang ujur dan harus di upgrade, contek aja tuh desain mt 15, kecuali headlamp nya, biar modar yamaha

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*