Mencoba Sensasi Oli Diesel Mobil Delvac MX

mobil delvac mx di jupter mx
suzuki
mobil delvac mx di jupter mx
mobil delvac mx di jupter mx

Yola dulur… beberapa waktu yang lalu sipiter harus cuci darah oli. Yang harus diketahui oleh pembaca budiman, selama ini sipiter berdarah oli HDEO atau heavy duty engine oil, oli diesel dengan merk Fastron diesel atau sering disebut PFD, dengan kekentalan sae 15w-40. silahkan cek di artikel ini

review 1000 km pemakaian oli sesat hdeo di jupiter mx

Rekomendasinya sih sae 10-40, namun selama ini no problemo, paling saat panas mesin belum optimum tarikan sedikit berat doang. Kali ini deka mengganti oli PFD dengan merk lain, yaitu mobil delvac mx atau sering disebut MDMX.Sebenarnya deka ingin fastron diesel lagi, namun sayangnya setelah mencari di beberapa pom bensin, deka nggak nemuin tuh oli. Malah di bengkel mobil wijaya deket Taman Yasmin bogor, deka menemukan oli mobl delvac mx, ya udah ai embat juga, toh sama-sama hdeo sae 15-40. Sayangnya bandrol di bengkel tersebut kelewat mahal, karena setahu deka, harga oli tersebut sekitar 65-70 ribu rupiahs… eh kemaren diiket dengan harga 86 rebong….. 🙁 .

Saat pergantian oli tersebut, sebenarnya oli PFD masih terasa enak di masa pakai 3000 km, namun mempertimbangkan bahwa itu adalah pertama kali sipiter berdarah oli diesel, maka deka eol-in saja sekalian buang kotoran ( oil sludge ) hasil bilasan detergen di oli diesel yang terkenal tinggi. Kalau hanya ganti oli mesin sih bisa deka kerjakan sendiri, so begini urutan ngetap oli gaya deka.

  1. Buka baut tutup penampungan oli yang posisinya berada di bawah blok mesin.
  2. Siapkan wadah / nampan plastik di bawah mesin agar oli tidak ngocor ke mana-mana
  3. Untuk motor yang dilengkapi filter oli, buka juga filternya, karena ternyata banyak juga oli yang terjebak di situ.
  4. Biarkan oli mengucur keluar, dan deka diamkan 3-4 jam agar oli dalam mesin keluar sampai tetes terakhir ( Lebay 😀 ).
  5. Pasang kembali baut penutup oli, dan pasang filter oli di tempatnya semula.
  6. Buka tutup pengisian oli bagian atas, isikan oli baru sesuai takaran.
  7. Kalau ada engkol, motor kita engkol beberapa kali dengan kondisi kunci off, jika motor tidak ada engkolnya, biasanya deka gunakan tehnik stater tapi cabut chop busy, tujuannya agar oli bersirkulasi tanpa ada pembakaran.
  8. Nyalakan mesin seperti biasanya.
filter oli kotor
filter oli kotor

Pada penggantian oli kali ini, deka sekalian replace filter oli juga, karena pertimbangan banyak kotoran yang tertahan di filter hasil kuras mesin oleh oli pfd sebelumnya. Benar juga, nampak di filter oli lama, kotoran dan serpihan-serpihan mengkilat yang menempel di permukaan FO.

Setelah oli mobil delvac mx tertuang semua ke perut sipiter, deka rasakan sensasi oli produk luar tersebut. Dan rasanya, hampir mirip dengan oli fastron diesel. Tinggal masa pakai atau waktu EOL-nya lebih panjang atau malah lebih pendek dibandingkan pfd? Biarlah nanti waktu yang bicara, karena sipiter malah sekarang jarang deka pakai karena musim hujan.

Namun kalau melihat datasheet kedua oli tersebut emang hampir sama, 11-12, fastron diesel diposisi angka 12, lebih bagus dikit angkanya. So…. berikutnya sepertinya deka akan balik lagi ke PFD jika sudah EOL. Bagaimanapun, cintailah produk-produk Indonesia… toh kualitasnya hampir sama…….

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

17 Komentar

  1. Pfd lebih murah juga. Dulu mba dian susanti jg pernah share perbandingan keduanya. Dalam segala hal pfd lebih baik, kecuali mdmx spash nya lebih tinggi

  2. Si petir 125 lom pernah nyobain goyangan MDMX coz di area serang, ngubek2 ga ada yang jual. Sementara masih setia ama goyangan “si kerang R4X” dulu sih pake PFD (strawbery) tapi baru 800km udah nyusut drastis

1 Trackback / Pingback

  1. Ritual Yang Dilakukan Saat Awal Penggunaan Oli Mobil / Diesel Di Motor | 78deka

Silahkan Beropini