Sebagian Besar Dari Kita Memang Belum Siap Dengan Motor Sport

Yola dulur… semenjak kelas sport direbut oleh yamaha dengan klan vixion-nya dulu, pergerakan akan sebuah motor sport semakin menyenangkan. Yah… minimal itu yang deka rasakan. Kita mulai bisa merasakan, memiliki sebuah motor genre sport yang secara konsep tidak beda jauh dengan negara-negara lain.

ducati-1098
ducati-1098

Kombinasi dari style desain, kemachoan, serta performa dalam satu paket motor. Bukan sebuah motor batangan yang dipaksakan masuk dalam katagori kelas sport. Secara bertahap, kita disajikan motor-motor sport dengan “taste” sport pula. Namun jujur, sebagian besar dari kita belum siap dengan motor sport, apalagi yang puer sport.

Bicara istilah motor kelas sport memang tidak ada batasan yang jelas, bahkan kalau diperdebatkan pun, tiap pabrikan punya batasan sendiri-sendiri untuk mengkatagorikan sebuah motor menjadi segmen sport. Motor batangan dengan tangki di depan saja sudah bisa dikatagorikan motor sport. Bahkan terakhir ini, ada pabrikan yang memaksakan sebuah motor kelas moped ke dalam kelas sport….. yah….. sekarepmu lah….

Nah, disini deka akan membicarakan motor sport, sesuai pemahaman deka, kelas sport adalah motor batangan, aka motor laki dengan tangki di depan yang mempunyai paket desain, performa diatas rata-rata motor kommuter. Bahkan di mata deka, motor seperti vixion, cbsf, pulsar, tvs apache, tiger, bukanlah motor sport. Deka menyebutnya, itu motor kommuter, atau motor laki harian.

honda cb 500
honda cb 500

Gambaran motor sport menurut deka adalah motor dengan desain full fairing, berbasis motor sirkuit yang ditambahkan piranti keselamatan sesuai aturan agar layak digunakan di jalan raya. Motor sport acuannya adalah motor dengan gaya balap, performa di atas rata-rata motor kelas kommuter di kubikasi yang sama. Rider yang mengendarai motor sport akan merasakan sensasi motor balap, walaupun hanya sensasi, bukan riil motor balap sirkuit. Sensasi dalam performa, maupun gaya mengendarai motor tersebut.

Jadi menurut deka cukup mengherankan kalau ada dulur biker yang mengeluhkan sebuah motor sport karena dianggap terlalu nungging, lebih boros bbm, atau yang menggelikan adalah nggak nyaman buat ngeboncengin penumpang. Lah….. motor sport kok diberdayakan untuk boncengan? motor sport itu kesannya egois, hanya untuk digunakan sendiri, mengejar sensasi motor balap, makanya dibuat belakangnya nungging. motor sport untuk ngeboncengin itu hanya dalam kondisi sangat terpaksa. Kalau mau ngeboncengin penumpang, itu ranahnya motor kommuter seperti metik, moped, atau motor batangan biasa.

yamaha r15 model
yamaha r15 model

Begitu juga dengan soal konsumsi bbm. Motor sport parameter yang digunakan adalah performa, soal irit bbm atau tepatnya efisiensi bbm itu hanya sekedar bonus tambahan, bukan sebuah pokok utama, irit lebih mengena ke motor harian, kembali lagi ke motor kommuter.

So…. kalau kita masih mengeluh akan ergonomi motor sport yang kurang nyaman untuk harian, masih komplain nggak nyaman untuk boncengan, atau terlalu bawel dengan konsumsi bbm-nya, berarti kita belum siap dengan keberadaan motor sport. Anda, atau kita jelas sudah salah beli motor….. Motor yang tepat untuk itu adalah motor kommuter, metik, bebek, atau batangan biasa, bukan motor sport full fairing. Lha terus kalau motor full fairing tapi joknya rata agar nyaman untuk boncengan itu namanya apa dong??? Well…… sport kommuter kali ya… desain sport tapi untuk kommuter. Wanna be sport….

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

49 Komentar

  1. Kalo motor full fairing nungging, mesin bebek apa itu motor sport? Yg ada sport maksa hahaha.. Mau bilang R15 itu real sport? Koq masih kalah tenaganya sama motor batangan biasa? Fanboy yg mau dianggap netral ya mas? Untul CBSF dan CBR itu motor commuter tapi dapet nilai plus karena mesinnya yg mengarah ke sport, bisa dibilang sport commuter atau sport efisien lah.. Dari namanya juga jelas, CB150R (City Bike Road/Racing) CBR150R (City Bike Road/Racing + Racing). Untuk ayago seperti FU dan Sonic bisa dibilang Bebek Super dengan mesin Sport. Lha kalau cuma motor full fairing dengan mesin bebek? Hmm.. Opo yo???

  2. MAKSUDNYA R15 YG NJENTIT ITU MOTOR SPORT GITU OM? WALAU PERFORMANYA AMPUN AMPUNAN, LAWAN NAKED AJA EMPOT2AN. MESIN DI PUTARAN TINGGI MERONTA RONTA KAYAK DI PERKOSA, OM INI SEBENERNYA FANS BOY, TP RADA2 MUNAPIK DENGAN MENJADI SEORANG YG BERADA DI KAWASAN NETRAL, BAGUS KAYAK IWB, TMC, DLL

  3. menurut saya, motorsport itu motor yg acuannya digunakan untuk olahraga bermotor. jadi tidak harus tangki didepan dan berfairing. motocros dan trialbike juga masuk katehori motorsport.
    bebek? bisa juga, kalo desainnya ditujukan untuk adu cepat (otosport).
    lantas kenapa banyak yg nyebut “motor laki” sebagai motor sport? kita perlu kilas balik ke tahun 70-80an. waktu itu balap nasional yg dipake balapan itu motor laki macam yamaha rx100, suzuki trs, atau binter kh (tim pabrikan lho). nggak ada balap bebek macam yamaha v80 atau suzi fr. jadi, asumsi orang waktu itu motor lanang ya motor sport, dan kebawa sampe sekarang

  4. R15 montor semprot?? Nyahahaha… Kampret. Benerin dulu noh mesinnya baru bisa dibilang real sport. Somplak. Kasihan pecinta Yamaha belum bisa nyicipin DOHC dengan harga terjangkau. Marketingnya mikirin duit mulu sih dan akhirnya ngibulin konsumennya deh, dan konsumennya juga ga melek-melek antara o’on atau cinta itu buta?? Apalagi kalau nanti MT15 ternyata mesin R15, weleh… Mbuh lah.. Kalau masih banyak konsumen yg pada beli teknologi SOHC harga DOHC tapi power jauh dibawah DOHC alias sama denga bebek dipastikan Yamaha bakalan terus bikin SOHC forever yg harganya oper mpret, jadi siapa yg pinter dan siapa yg kurang pinter??? Ayolah Yamaha.. Mau konsumenmu bertambahkan?? Mau gelindingin Honda kan?? Berkembanglah.. Jangan nunggu sampai fansboymu demo mirip laskar suzuki di sentul kapan itu. Dan saya juga berharap brand Indonesia juga bisa berkarya membuat teknologi DOHC dengan desain sendiri seperti Viar dan lainnya.

      • Kunoan mana sama SOHC ya bro? Nunggu TVS BMW 200cc ?? Yg 300 aja mesinnya DOHC tuh hihihi.. TVS BMW G 310 meskipun 1 cylinder tapi DOHC. Harganya yah taulah brand eropa 200cc nya beda pasti harganya sama yg India Jepang itu.

        Memang benar semuanya pada mampu membuat motor DOHC akan tetapi biayanya yg mahal untuk membuat motor DOHC. Sedangkan motor mesin SOHC koq harga sama dengan motor DOHC?? Wah untung banyak donk tuh yg bikin teknologi SOHC harga sama dengan DOHC??

        • mas.., mas.., lalu masih adakah mobil mobil keluaran baru yg menggunakan SOHC? Mobil LCGC aja pakai teknologi DOHC koq.. hihihi..

          SOHC sekarang itu alternative aja supaya menekan biaya produksi dan mengambil untung banyak. Mesin prototype MotoGP itu teknologinya apa mas? masih ada yg SOHC? BMW S1000RR, HONDA CBR1000RR SP, SUZUKI Hayabusha, GSXR 1000RR, MV Agusta, YAMAHA R1, R6, apakah semua moge tersebut menggunakan mesin SOHC? Enggak kan?

          SOHC itu enak buat harian pas lah pokok’e buat ngalor ngidul, pergi pulang ngantor.. Tapi kalau ada mesin DOHC kelas menengah kebawah wah lebih sip lagi itu buat asik-asik joss.. bisa buat harian bisa buat balap.

        • lbh tepatnya…. gunaan…. dohc fungsinya meringankan mesin utk mengatur buka tutup valve di putaran tinggi> dianalogikan kualitas bahan baku sama dengan sohc.

        • Nih mas, baca http://www.honda.co.nz/cars/jazz/specs/pdf/
          Honda Jazz ada yg DOHC juga loh.. yg 6 speed DOHC dan 5 speed SOHC.
          https://www.hondacarindia.com/AllNewJazz/

          Weleh koq jadi ngomongin mobile ya? hihihi… Udah keluar topik nih.. balik ke topik saya bundar ya.. heleh..

          “Gambaran motor sport menurut deka adalah motor dengan desain full fairing, berbasis motor sirkuit.”
          ooh.. jadi itu motor sport toh? Berarti Minerva R150VX, RX150 juga termasuk motor sport donk.. kan sama tuh kaya R15. (Sorry ya no offence, Minerva keren koq designnya).

          “Lha terus kalau motor full fairing tapi joknya rata agar nyaman untuk boncengan itu namanya apa dong??? Well…… sport kommuter kali ya… desain sport tapi untuk kommuter. Wanna be sport….”
          Kalo CBR150R, CBR250R mah bukan donk ya berarti? Apalagi CBR650F wah sudah pasti bukan sport donk yah.. joknya nyambung.. hihihi.. O iya Ninja ZX-14R juga nyambung, Ninja 650 joknya pisah tapi rata ga nungging dan full fairing bisa disebut sport ga yah? atau sport Kawe-kawean yg disebut sport wannabe?? mbuhlah..

          Jadi pikirkan lagi mana yg sport maksa atau sport wannabe ????

        • Kalo bedanya motor naked sport dengan motor batangan biasa yg kaya gimana mas? Dan bedanya motor sport fairing dengan motor fairing biasa yg kaya gimana juga?
          hihihihihi…
          Kita belajar lagi yuk tentang motor Real Sport, Sport Tourer, Naked Sport, dan yg lainnya dan juga cabang-cabang dari semuanya..

          Terus menulis ya mas.. lanjutkan.. semoga mas Deka selalu aktif dalam perbloggeran motor Indonesia.

        • YAMAHA GAK DI SEBUT OM? PADAHAL KAN SEKARANG MIARA YAMAHA, KALOK ANE MIARA YAMAHA, HONDA, SUZUKI DAH GAK MIARA, MOTOR CINA GAK MAU MIARA, VIAR MALES SERVICENYA KACAU, DELAER JUGA PADA KOLAPS, KACAU,

          YG BUAT ORANG TENSI ITU TULISAN OM YG BILANG MOTOR SPORT HARUS NUNGING, EGOIS KARENA GAK PAKE BONCENGAN, SETELAH ITU MALAH MAJANG MOTOR R 15, SELURUH PENDUDUK INDONESIA YG PAHAM MOTOR JUGA ANGGAP R 15 ITU LOYO OM UNTUK UKURAN MOTOR FAIRING, TP KALOK OM MAJANG FOTO MV AGUSTA F4, PANIGALE, NAH, PASTI MEREKA GAK RIBUT OM, KALOK UNTUK 150CC JGN BERPIKIR BUAT MOTOR YG EGOIS, SUPER NJENTIT, KARENA MOTOR CC SEGITU MAH SERING DI BUAT KOMUTER, LBH BAGUS BUAT KAYAK MODEL CBR LOKAL, GAK NUNGGING, TAPI MESIN JUGA CUKUP MEMPUNI UNTUK DI RPM TINGGI,

          SARAN UNTUK R15, TURUNIN NJENTITNYA, UPGRADE MESINNYA, BUAT HEAD LAMP LBH AGRESIF, MUDAH2AN BISA BERJUANG LAGI LAWAN CBR.

          UNTUK CBR, PERBAIKI DESAIN FAIRING, BUAT PADAT KAYAK CBR MUKA SEMPAK, LAMPU BUAT MODEL LED KAYAK CBR 500 ATAU PROTOTYPE CBR 250, KALOK UNTUK MESIN YA LUMAYAN LAH, CUKUP MEMPUNI SAAT INI, KARENA MASIH JADI MOTOR 4 TAK 150 CC YG PALING CEPAT DALAM KEADAAN STANDART YA, TP KALOK BISA YA AGAK2 DI UBAH DEH, ENTAH TAMBAHIN MEKANISME KERJA DOWN DRAFT, DLL LAH

      • Ga kerasa bedanya ya mas? Yakin? hihihi.. Kita balikin lagi deh 200cc, 250cc pakai SOHC ga ada bedanya sama yg 150cc DOHC. Bahkan 150cc DOHC bisa saingin 200cc, 225cc SOHC tenaganya loh..

        Kasihan kalau mikirnya seperti ente mas.. hihihi..

        Ngopi dulu ah.. hujan dingin..

        • Terserah sampeyan lah mas..
          ..
          Kenapa ada sindrom se-akan2 blogger hrs netral?!
          Blogger jg manusia, tdk lepas dr subyektivitas.. Blogger jg berhak punya opini.. Cuman kl terlalu condong ke salah satu merek, biasanya kita jd males bacanya.. Ya udah, tinggalin aja blog-nya, cari yg lain sesuai harapan kita..
          ..
          Utk mas Deka, tetap berkarya.. Sejauh ini sy senang baca blog sampeyan terlepas condong ke Y, S, K or H.. Msh acceptable.. 🙂

        • NTAH KENAPA ANE GAK PERCAYA SAMA CLAIM PABRIKAN HINDIHE OM, MEREKA SERING LEBAY OM, SEBOHONG BOHONGNYA PABRIKAN JEPANG, HINDIHE KAYAKNYA SETINGKAT DI ATAS MEREKA, DI CLAIM TENAGA 23 PS. DI UKUR CUMA 17 PS, LAH VIXION 16,++ PS, DI UKUR BISA 14,++ CB150R CLAIM 17PS, DI UKUR 14,++ PS. NAMPAK KAN OM BOONG NYA, JAUH BANGET ILANG TENAGANYA.

        • Kalo lom pernah punya emang kagak bakal pecaya om. Ai dulu pernah pake tvs apache 180, kalo cum a tarikan mah nggak kalah ama tiger… Tp stlh 100 m tiger ga bs dilawan…

        • 23ps?? yakin?? saya punya CB150R yg klotok2 mesinnya standard dengan knalpot freeflow, tapi sudah beberapa kali pulsar 200NS selalu tidak pernah bisa menyusul ketika test speed di jalan lengang. Padahal ridernya yang memanas-manaskan saya. Beliau menggunakan exhaust freeflow (no offence buat penunggang pulsar 200NS, mesinnya bagus buat touring tapi tidak untuk balap), beberapa kali Tiger dan Scorpio pun juga sama tidak dapat menyusul ketika si klotok2 mulai di gear 4 RPM 8500. Yang paling malu itu ketika R25 coba ngejar si klotok2 dan si klotok2 pun kalah telak jauhh oleh R25.. hihihihi..

          Berharap MT15 adalah mesin DOHC atau minimal 2 cylincer meskipun 150cc SOHC (terlalu lebay harapan ane yah kalo 150cc SOHC 2 Cylinder, hihihi). Karena melihat dari Spyshot dan Teasernya MT15 atau MT Slash berbody bongsor dengan kaki-kaki lebar, Waw, MOGE LOOK bingitttsss… Tapi mesinnya?? Apakah sama dengan R15?? Koq Yamaha jadi nyeleneh makin kesini untuk motor CC kecilnya ya, haduh… Ayo Yamaha.. Bangkit.. Bikin V-Ixion DOHC dijamin laku kerasss…. Tapi kalau masih banyak yg beli ya ga bakalan deh Yamaha produksi 150cc DOHC. Tapi kalau motor gaya tanpa banyak modifikasi ya pilihlah R15 dan MT15.

  5. ane pengguna ‘sport naked mesin setara bebek super’, alasan ngambil bukan karena pengen keren, tapi pengen punya motor yg bsa boncengin org yg gemuk tanpa nyiksa mesin… eh gak lama si gemuk malah beli motor sendiri kgk barengan lg dari rumah ke kantor… asemmmm… tp sukuri saja lah, dapet tangki gede dan torsi galak…

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Pantat New CBR150 Ikutan Nungging, Apakah Pembece R15 Tetap Nyinyir ? | 78deka
  2. completely new CBR150 pantat nungging, masih R15 Pembece usil? - Sembarang Info
  3. fresh CBR150 pantat nungging, masih R15 Pembece usil? - Sembarang Info

Silahkan Beropini