Lampu Osram Di Jupiter MX… Bye Kriyep-Kriyep

Yola dulur….sebatas info saja kalau kendaraan aktivitas sehari-hari  jarak dekat deka adalah Sipiter aka jupiter mx 135lc keluaran tahun 2012. Beberapa waktu kemarin, mata sipiter deka operasi untuk diganti menggunakan merk Osram yang sudah deka percaya semenjak motor-motor sebelumnya yang pernah deka miliki.

osram all season super

osram all season super

Selama memakai sipiter, secara performa dan kenyamanan deka rasakan sangat puas. Motor jagak pernah rewel, perawatan standar, belum pernah bongkar mesin, oli mesin memakai fastron diesel, fastron techno hijau, atau mobil delvac mx. Namun 1 yang jadi keluhan deka di jupiter mx 135 ini. Kalau berkendara malam, apalagi pas hujan, mata dipaksa kriyep-kriyep karena daya pancar lampunya yang sangat romatis kalau dipasang di kamar pribadi untuk indehoy 😀 , remang-remang gimanaaaaaaa gitu :p

Selama 2 tahun lebih, nggak kepikiran untuk upgrade daya pancar lampu sipiter, karena jarang melakukan perjalanan malam dengan sipiter. Dulu seringnya memakai kibagong, bajaj pulsar. Daya pancar lampu sipiter masih deka tolerir. Namun setelah kejadian dimana deka melakukan riding dari bogor ke sukabumi di malam hari plus hujan deka mengalami kecelakaan, seperti yang pernah deka tulis di artikel kecelakaan pertama bersama sipiter, deka putuskan untuk mengupgrade lampu sipiter secara ringan.

Untuk deka upgrade ke jenis lampu projie kok sepertinya terlalu mewah karena jarang-jarang turing malam. Yang deka butuhkan adalah daya pancar 1 tingkat lebih terang dibandingkan lampu standar jupiter mx. Mau memakai lampu luxeon, kalo reflektornya masih standar kok ya kasian ama biker yang berpapasan dengan deka, silau men……..

Akhirnya deka simpulkan mengganti lampu standar ke bohlam merk Osram seri All Season Super yang pernah deka pakai di kibagong dulu. Bedanya, dulu dayanya 65 watt, sedangkan bohlam bawaan jupiter mx cuma 32 watt. Untungnya osram all season super dengan dudukan nok1 atau standar bebek dayanya 35 watt. Ah… cuma naik 3 watt saja…. masih aman buat reflektor dan mika batok lampu bawaan, nggak takut leleh.

pancaran osram ASS

pancaran osram ASS

Osram all season super adalah bohlam favorit deka sejauh ini. Warna pancar kuning pekat alami ini yang menurut deka sangat pas untuk mata yang sudah mulai lemah dayanya karena faktor “U”. Memang ada lampu yang berwarna putih, atau bahkan semi biru… atau LED, namun beberapa kali mencoba lampu-lampu tersebut di motor lain, terasa tidak nyaman. Deka lebih cocok dan nyaman dengan warna cahaya alami….. kuning.

Walaupun hanya naik 3 watt dari bohlam standar, namun daya pancar bolam osram ini jauh lebih terang dibandingkan sutandarnya lampu jupiter mx, itu sudah cukup. Keuntungan lainnya, saat hujan, kabut ringan, jalan basah, masih bisa ditembus dengan cahaya kuning seperti ini. Dan misi menaikkan daya pancar 1 step lebih tinggi dibandingkan lampu standar tercapai. Bagaimana dengan harganya? cukup terjangkau, sekitar 35-40 rebong rupiahs, tergantung toko mau ambil cuan berapa….

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

13 Komentar

Filed under catatanku bersama tunggangan

13 responses to “Lampu Osram Di Jupiter MX… Bye Kriyep-Kriyep

  1. musim ujan gini, cucok all season emang
    sayang , saia belum beli 😆

  2. Ping-balik: Cara Pasang Bohlam Osram Agar Tidak Terbalik Jauh-Dekatnya | 78deka

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s