Kejanggalan-Kejanggalan Marquez Di Sandiwara Sepang

Yola dulur….. masih hangat nih diskusi tentang sandiwara motogp seri sepang kemarin. Kali ini yang akan menjadi fokus bahasan adalah beberapa kejanggalan yang dikeluarkan oleh Marquez dari kejadian yang melibatkan Rossi.

tendang

Sebelumnya, kita ketahui bersama bahwa di Sepang kemarin Marquez melakukan manuver-manuver kontroversial yang dianggap oleh kubu Rossi sebagai tindakan tidak sportif karena merugikan Rossi dalam mengejar titel juara dunia.

Setelah balapan, Rossi berpendapat bahwa Marquez membalap hanya untuk mengganggu dirinya. Kalau dalam kondisi “wajar”, itu nggak masalah, namun saat ini kondisinya Marquez sudah tidak punya kepentingan dalam perebutan titel juara. Otomatis, kelakuan Marquez secara tidak langsung menguntungkan Lorenzo yang senegara dengan Marquez dalam perebutan juara.

Marquez nggak kalah sengitnya membela diri dengan statemen-statemen yang meyakinkan kalau apa yang dituduhkannya tidak beralasan, dan dirinya mengaku tidak punya salah apapun. Namun beberapa statemennya, menurut deka masih nampak janggal. Beberapa kejanggalan tersebut, deka rangkum seperti di bawah ini.

Dia membalap wajar sesuai instuksi team, tidak niat menghambat rossi

namun dari testimoni manajer pribadi marquez, doi punya dendam kesumat dan berniat akan menjegal rossi meraih juara dunia ke-10-nya.

Kini Rossi kian yakin setelah mendapat konfirmasi dari manajer pebalap-pebalap Honda Emilio Alzamora yang mengatakan, Marquez memang dendam ke Rossi atas insiden di dua seri Argentina dan Belanda. Insiden di dua seri tersebut membuat harapan Marc Marquez untuk jadi juara dunia tahun ini sirna. Maka, taktik kamikaze pun disusun, sasarannya adalah Rossi yang dianggap sebagai biang keladi sirnanya harapan juara Marc Marquez. “Seperti yang saya katakan pada hari Kamis (konpres jelang Seri Sepang), insiden ini (buah dari) atas apa yang terjadi di antara kami di Argentina dan Assen. Aku punya konfirmasi dari Alzamora. Dia mengatakan, ‘Marc berpikir saya membuatnya kehilangan kesempatan jadi juara dunia’. He is surely a bad loser!” kata Valentino Rossi dilansir Motosport.

Marquez jatuh karena ditendang rossi

Dari pengamatan Race director, kesalahan rossi adalah secara sengaja membuat lawannya keluar dari line balapnya dengan cara ilegal, tapi tidak ada bukti tentang tendangan. Ini gambar frame-by frame video dari posisi atas.

screen-shot-mm rossi 5

pict by 7leopold7
pict by 7leopold7

Marquez jatuh karena handle remnya ditendang Rossi

Andaikata Rossi menyepak handle rem marquez, apakah akan menunci rem depan marquez?? padahal rem sudah dilengkapi pengaman, seperti gambar dibawah, agar kejadian rem mengunci saat ada insiden tidak terjadi

lever guard by google
lever guard by google

Marquez membalap secara wajar, tidak mengurangi kecepatannya

Namun Rossi dan teamnya memberikan data telemetri per-lap marquez, bahkan nampak dari seri Australia. Dimana secara ganjil, kecepatan per lap marquez menurun saat di depan Rossi, padahal dari catatan sebelumnya, kecepatan marquez lebih baik dari itu. Hal ini mengindikasikan bahwa marquez memang berniat menghambat Rossi mendekati lorenzo yang berada di depan.

by google
by google

Marquez Langsung Masuk Ruang Pit

Setelah crash, motor marquez masih nyala….dan kejadian-kejadian sebelumnya, marquez dianggap punya fighting spirit tinggi, saat crash buru-buru menaiki motornya untuk melanjutkan balapan. Kalau motornya mati, maka doi akan mengeluarkan gesture sangat tidak puas. Namun kali ini dengan tenangnya masuk ruang pit tanpa ada niatan melanjutkan balapan….. bukan marquez banget deh….. apakah krn mission accomplish?? entahlah……

by google
by google

Apakah kejanggalan-kejanggalan diatas terbukti kebenarannya? atau akan tetap menjadi sebuah misteri? kita ikuti saja apa yang akan terjadi

Bonus

Kill The King…… By Megadeth

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

28 Comments

  1. Coba dong Om diulas bukti tuduhan Rossi ke Marc yang di Phillips Island ada ga ?

    Itu sepertinya fitnah yang dasyat dari Rossi …

    • yap. tuduhan Rossi sewaktu konferensi pers itu memang berkesan fitnah karena tidak ada bukti yg kuat untuk mendukung omongannya.

      mengenai Marquez yg langsung masuk pit setelah crash. kalau kita perhatikan baik2 tayangan ulang di tv, ada bagian motor Marquez yg rontok setelah crash (kalau tidak salah pijakan kaki kanan dan rem, mungkin karena nyangkut sewaktu senggolan dgn Rossi), sehingga tidak mungkin dia melanjutkan balapan.
      jadi tolong jangan menyebar fitnah kalau tidak ada bukti.

  2. Pas paruh pertama musim 2015 nyalahin stoner gak bisa riset motor, kemaren2 nyalahin rossi gara2 assen sama argentina.
    Mungkin dia lupa cara membalapnya gmana di paruh musim pertama sampe2 sering ndlosor sendiri….

  3. marquez bermain api..
    mungkin awalnya berniat berduel sama rossi..
    biar kelihatan seru ditonton..
    tapi rossi tidak suka, karna dalam pengejaran titel juara dunia..
    semua yg dilakukan marquez tampak legal namun tidak bagi rossi.. bagi rossi semua seperti kesengajaan..

  4. Analisa yang bagus, Bro.
    Cuma bagian terakhir: “Marquez Langsung Masuk Ruang Pit” itu karena footpeg kanan udah lepas saat dia jatuh miring ke kanan. Liat aja di Youtube. Ane aja udah liat balapannya berkali-kali, sampai kebawa mimpi wkwkwkwk..

  5. lokasi TKP jg jd salah satu kejanggalan marq…right fast corner tp tiba2 rossi bs ada dsamping dgn kecepatan yg ckp rendah,mkn tdnya marq berniat membiarkan rossi melewatinya utk disusul lg,atau sekedar mengacaukan racing line rossi…entahlah

    • hampir semua pembalap motogp bilang, itu mengacaukan racing line….. itu legal menurut aturan motogp. tp secara spirit rider, menciderai sportifitas, pembalap yg tdk py kepentingan lagi di jalur juara mengganggu salah satu kandidat krn dendam pribadi

    • secara aturan legal….. secara spirit tidak, mencampur dendam pribadi dan merencanakan penjegalan karena sentimen itu tidak menarik. sportif itu memperebutkan kejuaraan, bukan menjegal kejuaraan

    • Males nyarinya bro… Yg jelas sdh dserahkan jg ke pihak dorna sbg bukti kalo markes berniat menghambat laju rossi… Tp menurut dorna itu tdk menyalahi aturan krn tdk ada pasal yg mengatur… Ini bicara attitude dan sportifitas, bukan benar salah menurut aturan motogp.

  6. Tuduhan Rossi sewaktu konferensi pers hasil race phillips island itu memang berkesan fitnah karena tidak ada bukti yg kuat untuk mendukung omongannya.
    Itu adalah api pertama yang dipercikkan Rossi terhadap rival2nya
    Dan itu menjadi bom waktu buat dirinya sendiri sehingga terjawab sudah kepanikan Rossi

    Analisa saya attitude dan sportifitas Rossi pun ga layak di contoh.
    Paham ?

  7. Hoyy Prapto, bukti phillip island datanya dipegang rossi saat press cons di MAlaysia, ada kok foto dia pas bawa itu, cari noh artikel soal bukti phillip island di artikel di blognya Motocakil yang ternyata yang bersangkutan secara jelas adalah FBM.

  8. waktu itu motor lag cornering jadi miring buakan dari depan…
    klo lg miring kaki rosi bisa aja nendang pangkal handel bukan ujungnya ayg ada pengaman…
    yang pasti daerah skemudi
    saslut buat anada…tatap menggoring opini….
    padahal RD sudah menjatuhkan hukuman
    VR gak suka aturan RD mundur aja….

  9. Ngga usah ente minta, karma akan menunjukkan siapa yang benar. Dan ngga mungkin orang bisa memenangi 7 kali MotoGP kalo bukan karma baik menyertainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*