New Satria F Performa Diatas Sonic FI? Yes…. I Have A Trust

satria_f150-se

Yola dulur…. gembar-gembor kalau performa honda sonic fi diatas satria f curent memang tak terbantahkan. Deka meskipun belum mencoba sendiri, namun maklum kalau performa sonic diatas satria f…. spek standar keluaran pabrik tanpa ubahan.

satria_f150-se
satria_f150-se

Parameternya sangat sederhana, satria f curent dipingit habis-habisan demi memenuhi ambang batas emisi euro 3. Untuk motor dengan mesin jadul berkabut karburator, euro 3 memang sangat menyiksa performa. Selain pengaturan ulang sistem pencampur bahan bakar agar efisien irit, juga sistem knalpot yang dicekek dengan catcon agar sistem pembuangan tersekat-sekat sehingga emisi minim.

Nggak heran kalau Satria f euro 3 secara performa tersunat dibandingkan versi euro 2. Problem utamanya jelas karena karburator itu…… saat di rpm tinggi atau suhu yang tidak ideal, jelas lebih banyak bensin yang terbuang dibandingkan sistem injeksi. Akhirnya Suzuki mengalah dengan setting bbm ngirit dikarburator agar residu emisi tertekan, akhirnya performa tersunat. Sebenarnya sama saja sih dengan satria euro 2, jika satria euro 3 dilepas knalpot dan diganti knalpot racing, serta setting ulang karburator, dijamin performa nggak beda ama versi lama.

motormisterius suzuki

Jika ingin performa nambah tapi aman aturan euro 3, maka mau tidak mau sistem injeksi closed menjadi pilihan. Rumor yang beredar, satria f injeksi performa akan paling tinggi di kelasnya, termasuk jika dibandingkan dengan sonic fi. Ini memang baru sekedar khawar, baru katanya, baru kabar burung, baru isu. Denger-denger akan bertenaga 18an deka.

Walaupun sekedar rumor, namun deka kok yakin ya….. deka punya trust dari merk lambang S ini. Bukan kenapa, dari dulu satria itu memang menjual performa paling tinggi di marih untuk ukuran ayago. Suzuki tidak mau melepaskan trade mark itu. ketika tahu sonic punya performa lebih tinggi, maka new satria akan lebih tinggi lagi, karena speknya yang overbore. Di lain sisi, mesin ini juga punya basis yang sama untuk motor sport 150 cc. deka bialang dari jauh-jauh hari kagak mungkin kalau performa mesin digarap nanggung, bisa layu sebelum berkembang.

new satria fi
new satria fi

Jika ada yang bilang mesin 150 cc punya powr 18 ps kudu punya bahan baku mesin kelas wahid, lho bukannya soal kualitas bahan mesin dari dulu suzuki itu bisa diharapkan kok. Deka pengalaman piara motor suzi dari crystal, shogun, shogun 4 tak, smash basuki, smash titan, soal mesin, beeehhh… manteb. Satu lagi alasan kuat kalau satria f akan punya performa gahar, suzuki sangat jarang menggunakan jargon irit, pendekatan suzuki selalu memakai jargon kencang dan bandel. Saat menanamkan jargon irit di suzuki nex maupun address, suzuki gagal total walau terbukti nyata metik-metik tersebut irit.

Entah punya angka berapa nantinya, yang jelas satria fi akan punya performa paling tinggi di kelasnya…. percayalah…. I have trust on suzuki. Bagaimana jika nggak terbukti, silahkan jewer telinga pak Endro Nugroho, kan suruh pegang omongannya 😀 (jokes). Bagaimana menurut dulur sekalian? silahkan share saja di kolom….. terima kasih

Bonus Megadeth…. Trust

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

6 Comments

  1. Sejak kapan Satria jadi Ayago dgn performa terbaik di Indonesia? selama ini kan ga pernah ada ayago produksi dalam negeri selain Satria. Bahkan kalau liat sejarah, suzuki raider kan dikamplengi sama Sonice 125, makanya lari ke 150cc, jgn2 nanti dari 150nlari ke 160cc..culun bgt!

  2. kalo mau bangkit jgn tAnggung tanggung…kasih mesin yg lbg powerfull dr musuh dgn kualitas jempolan ..u motorsport desain hrs lbh keren dr cb dan nva…

1 Trackback / Pingback

  1. New Satria FI Lebih Nendang Dibandingkan Sonic? Dikandani Kok Ngeyel…. | 78deka

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*