Salah Doa Dari Mbah ( Balada Darmogati )

Yola dulur….. sudah lama sekali darmogati tidak menyapa kita. Semenjak deka mengungsi ke bogor, jadi jarang ketemu sama tokoh imajiner nan semprul dari desa cisaat cirebon tersebut. Nah, kemarin saat lebaran, ketemu lagi tuh ama tokoh imajiner. Dengan santainya darmogati nggambleh seperti monolog yang sedang ditanggap. Kali ini doi menceritakan kisah tentang terpecahkannya sebuah misteri di hari raya.

ilustrasi

ilustrasi

Darmogati menceritakan usaha kerasnya agar mentas dari kuliahnya saat darmogati muda dulu. Bocah semprul ini ternyata pernah kuliah di universitas negeri terkenal di yogyakarta. Doi juga termasuk mahasiswa yang nggak bodo-bodo amat, nggak malas-malas amat untuk belajar. Bahkan termasuk yang gigih belajar agar bisa lulus tepat waktu.

Namun entah apa penyebabnya, darmogati di angkatannya termasuk mahasiswa yang gemar mengoleksi NASAKOM, nilai satu koma. Kalau melihat transkrip nilai maka huruf A  adalah barang langka, huruf B jadi minoritas, sedangkan yang populer adalah C dan D. Otomatis IP-nya dibawah 2, nasakom bahasa mahasiswanya. Maka dari itu, sudah kuliah selama 8 tahun, belum ada tanda-tanda doi mentas memakai toga wisuda.

Di sebuah hari raya Idul fitri, semua misteri itu terpecahkan. Seperti pada umumnya adat, kalau Idul Fitri, setelah shalat ied akan diteruskan dengan acara sungkeman ke keluarga, sanak kadang, dan kerabat tetangga. Mereka akan bersilaturahmi saling mengunjungi rumah kediaman masing-masing untuk saling maaf-memaafkan jika ada kesalahan, plus jamuan makan enak.

Nah… berhubung saat itu Darmogati masih punya nenek, maka doi datang ke kediaman neneknya untuk sungkeman. setelah masuk rumah, darmogati yang melihat neneknya sedang duduk di kursi ruang tamu, langsung ndeprok bersimpuh sambil sungkem meminta maaf dan minta doa dari nenek tercinta. yang namanya doa dari sesepuh apalagi neneknya sendiri adalah sangat mustajab dan barokah.

Darmogati : Nek… maafin cucu ya jika selama ini punya salah sama nenek, minta maaf kalau masih ngerepotin nenek, masih sering minta duit ke nenek. Cucu juga minta maaf belum bisa ngasih apa-apa, belum bisa nyenengin nenek. Cucu juga minta doanya agar kuliahnya segera lulus dan diwisuda……

Nenek : Oalah cucuku yang kusayangi…. ora popo…ora popo, yang namanya anak muda lumrah punya banyak salah…. semua nenek maafin semua polahmu. Nenek juga doain agar kuliahmu lekas selesai….. kamu lulus dan jadi INSINYUR ya cu………

Mendengar doa terakhir neneknya, langsung Darmogati tercekat dan pecah sudah misteri selama ini kenapa doi nggak lulus-lulus kuliah. Dalam hati darmogati bergumam.

Darmogati : Pantas saja gue kagak lulus-lulus kuliahnya. Lha nenekku ternyata salah doain…. gue didoain jadi insinyur, padahal gue kuliah di fakultas sastra……. doanya nggak sinkron………

Salam enteng-entengan

Wassalamualaikum

6 Komentar

Filed under Darmogati

6 responses to “Salah Doa Dari Mbah ( Balada Darmogati )

  1. Dehan Ramadhan

    hahahahasyemmm doane salah sasaran, ,
    btw sugeng riyadi ya bang deka

  2. Hahahha ada2 saja….lama.ga baca artikel mas deka…minal’aidiin wafaiziin yaa kang

  3. Azis Karim

    Do’anya nyasar nih 😀
    Maaf lahir batin ya Kang Deka 🙂

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s