Tips Long Riding Ala Newbie Biker ( Part 2 )

Yola dulur…. setelah beberapa waktu yang lalu kita bahas tips long riding ala newbie biker part 1 yang lebih membahas sisi mental dan kejiwaanserta persiapan riding, kini kita lanjutkan lagi. Sekarang kita akan bahas tentang praktek saat  long riding tersebut  dilaksanakan. Apalagi beberapa hari ini sudah mulai musim mudik ke kampung halaman.

safety biking by google

safety biking by google

Setelah persiapan mental, fisik, serta perbekalan, saat yang tepat untuk memulai start long riding untuk newbie atau pemula adalah waktu pagi hari, sebisa mungkin setelah waktu subuh. Waktu ini deka pilih karena setelah subuh rata-rata jalan perkotaan masih belum sepadat waktu jam kerja. Selain itu hawanya masih segar, badan kita juga masih fresh.

Perjalanan malam hari dihindari untuk biker newbie karena tantangan dan karakter ridingnya berbeda dibandingkan riding saat daylight. Riding malam lebih berbahaya dibandingkan siang hari karena pencahayaan yang terbatas, perlu pengalaman lama agar bisa menyesuaikan kecepatan dan reaksi tubuh saat menghindari sesuatu yang muncul tiba-tiba. Apalagi saat long riding kita tentu tidak begitu hapal dengan kondisi jalan tiap daerah….. pencahayaan maksimal sangat diperhatikan bagi newbie biker, itulah kenapa lebih baik dilakukandi waktu daylight, pagi sampai sore hari.

Long riding memang hal yang sangat mengasyikkan bagi newbie biker. Kombinasi antara rasa khawatir dengan petualangan bercampur menjadi satu. Namun setelah beberapa waktu, deka yakin semua akan berganti dengan rasa senang mengasyikkan saat menikmati pemandangan sekitar plus hembusan aingin yang menerpa tubuh. Apalagi jika dilakukan bersama-sama dengan teman atau kekan biker lainnya. Nah disinilah diperlukan pengendalian diri agar jangan sampai semangat melebihi batas kemampuan. Jangan sampai memanjakan rasa asyik tanpa memperhatikan stamina, sebagai patokan, 2 jam riding kudu diselingi istirahat.

riding-malam

Memang rasa lelah akan kalah oleh rasa asyik, namun jika dilakukan terus menerus tanpa memperhatikan stamina serta kemampuan diri maka minimal setelah sampai tujuan kita nggak bisa melakukan aktivitas lainnya karena kondisi tubuh langsung ngedrop karena kelelahan. Agar badan tetap fit setelah sampai tujuan, maka riding kita lakukan dengan santai saja, kecepatan dibatasi kecepatan kommuter 70-80 km/jam jika luar kota, 50-60 km/jam jika melewati jalan raya perkotaan. Ingat, ini adalah perjalanan jarak jauh, bukan 10-20 km.

Untuk perjalanan jauh lebih diperlukan konsistensi kecepatan daripada kecepatan tinggi. Riding high speed memang menyenangkan, namun stamina juga akan lebih terkuras karena getaran yang lebih besar. Menjaga stamina lebih penting daripada lebih cepat sampai. Stamina sangat penting untuk keselamatan kita karena berhubungan dengan konsentrasi dan respon saat melakukan reaksi. Lakukan ultra difensive riding, jangan lakukan offensive atau agressive riding, bagaimanapun keselamatan jauh lebih penting, toh ini adalah trip atau pejalanan, bukan sebuah perlombaan. Anda lebih cepat 1 jam atau terlambat 1 jam nggak ada pengaruhnya, tempat tujuan anda tidak akan hilang kan??

Itulah beberapa tips buat newbie saat melakukan long riding untuk pertama kalinya… selamat mudik dulur sekalian……..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

1 Komentar

Filed under mental attitude, safety

One response to “Tips Long Riding Ala Newbie Biker ( Part 2 )

  1. terimaksih bos… inshllh besok riding pulkam…

    PT. Maxindo Moto ditunjuk BMW Motorrad sebgai importir dan distributor resmi sepeda motor BMW

    http://www.goozir.com/2015/07/pt-maxindo-moto-menjadi-importir-dan-distributor-resmi-bmw-motorrad.html

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s