Kenapa Yamaha Selalu Mainin Kubikasi Mesin?

Yola dulur… dulu kala ada komentator yang selalu bilang yamaha selalu kabur dari kubikasi saat honda bermain di kubikasi yang sama. Yamaha dicap kalah performa jika menggunakan kubikasi yang sama dibandingkan kompetitor. Contoh mudahnya, kita ambil kasus mesin Mio M3 yang membengkak menjadi 125 cc, melebihi kubikasi honda beat 110. Apakah pernyataan tersebut benar adanya ? Mari kita bahas bersama-masa.

metic blue core engine

metic blue core engine

Deka juga sudah lama mengamati gerak yamaha soal pembengkakan kubikasi ini. Menaikkan kubikasi mesin memang salah satu cara untuk meningkatkan performa mesin…secara mudah. Apakah selalu seperti itu? jawabannya jelas tidak. Bisa jadi mesin dengn kubikasi lebih besar tidak lebih besar performanya dibandingkan mesin dengan kubikasi lebih rendah.

Kenapa hal itu bisa terjadi, karena menaikkan performa ada 2 pendekatan, menaikkan efisiensi volumetrik, dan memperbesar ruang bakar mesin. Salah satu peningkatan VE adalah dengan cara menaikkan kompresi mesin. Dengan cara ini maka dengan kubikasi yang sama tapi mampu meningkatkan performa mesin karena daya bakar yang lebih efektif dan lebih efisien. Dengan peningkatan kompresi mesin ini otomatis membutuhkan bahan bakar dengan kualitas yang lebih baik ( nilai oktan lebih tinggi ). Karena untuk mengkompensasi kompresi lebih tinggi agar campuran bbm + udara tidak mengalami self detonating yang mengakibatkan mesin ngelitik.

bore stroke

bore stroke

Kembali ke yamaha yang cenderung meningkatkan kubikasi, jelas langkah ini deka amati tidak jauh dari alasan “premium ready”. Yamaha cenderung berpatokan hal ini saat ingin meningkatkan performa mesin dengan cara bengkak kubikasi. Selain meningkatkan performa, asupan bbm akan tetap sama nilai oktan-nya. Memang efeknya mesin akan lebih “boros” dibandingkan kubikasi sebelumnya.

Bicara kubikasi mesin Mio M3 juga seperti itu alasannya, bahkan ada alasan yang lain yang jauh lebih penting kenapa kubikasi naik menjadi 125 cc, sehingga seperti menghapus strata kubikasi mesin metik yamaha. Mungkin nanti kita bahas terpisah saja. Yang jelas langkah bengkak kubikasi ini bukan semata alasan emosional yamaha tidak mampu punya performa lebih dari kompetitor dengan kubikasi yang sama. Ini semata alasan bisbis oriented yang pendekatannya berbeda… dan yang dipilih oleh yamaha adalah nilai oktan bbm yang lebih rendah……

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

1 Komentar

Filed under yamaha

One response to “Kenapa Yamaha Selalu Mainin Kubikasi Mesin?

  1. hadi

    kya di R3 kena jga kale yah…321 cc d bnding pnya kompetitor yg d bawah 300 cc pas nya…

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s