Tips Long Riding Untuk Pemula ( Part 1 )

Yola dulur… bagi newbie atau pemula, long riding adalah sebuah aktivitas yang menyenangkan sekaligus menegangkan. Hal ini deka rasakan saat pertama kali melakukan long riding diatas 300 km ( Cirebon- Magelang ) pertama kalinya. Dari pengalaman deka itulah yang mau saia share buat biker pemula yang akan melakukan long riding, khususnya menyambut hari libur dan raya Iedul Fitri nanti.

yudibatang siap action
yudibatang siap action

Sebelum long riding terlaksana memang pikiran kita berkecamuk, antara mampu atau tidak mampu menempuh jarak sejauh itu menggunakan roda dua. Kalau nggak kuat di tengah jalan entar harus gimana? perbekalan apa yang harus disiapkan? kalau terjadi apa-apa harus gimana? jalan raya itu menakutkan yang berisi mobil-mobil besar, aman nggak ya?… itu beberapa pikiran buruk yang menghantui sebelum long riding terlaksana.

Hal yang lumrah sebenarnya pikiran-pikiran buruk seperti itu karena ini merupakan pengalaman baru dimana banyak hal yang belum pernah dilakukan. Ambil saja hikmah dari pikiran-pikiran buruk tersebut sebagai “pewanti-wanti” atau peringatan dini agar kita selalu waspada di perjalanan. Setelah itu geser pikiran kita ke pikiran-pikiran positif seperti asyiknya berkendara motor di jalan.

Asyiknya petualangan baru yang akan kita jumpai di perjalanan kita. Asyiknya perjumpaan dengan sesama biker di jalanan, baik lain merk, sesama merk, atau satu daerah tujuan. Kita akan merasa senang dan punya teman seperjalanan saat ngobrol dan ternyata daerah yang dituju ternyata sama. Akan terjalin kebersamaan saat di perjalanan.

safety biking by google
safety biking by google

Persiapan perbekalan secukupnya saja, jangan melebihi batasan kemampuan motor untuk bermanuver. Jika dirasa banyak oleh-oleh, lebih baik kirim via agen pengiriman barang. Barang perbekalan cukup kebutuhan di jalan seperti makanan perbekalan, jas hujan, dan tidak lupa uang di kantong. Kalaupun terpaksa, sudah biasa biker nggak ganti baju seharian 😀 . Namun masih oke jika perbekalan pakaian harus dibawa sebagai barang perbekalan.

Persiapkan mental dan fisik, motor adalah kendaraan yang paling rawan dengan resiko. Namun tenang…. pengendara di jalan hampir semuanya punya pikiran ingin selamat sampai tujuan. Maka selama kita tidak melakukan kesalahan, maka mereka juga tidak akan mengganggu kita, lakukan difensive riding, Keselamatan diri diatas segalanya.

Fisik juga dipersiapkan beberapa hari sebelum hari long riding dilakukan, jaga kesehatan, cukup istirahat adalah kuncinya. Persiapkan riding gera yang layak seperti jaket, helm full face lebih recommended, sarung tangan, sepatu, pengaman siku dan lutut lebih baik dipakai.

Sementara itu dulu, kapan-kapan dilanjut tips-tips ala newbie biker.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

2 Komentar

Silahkan Beropini