Kecelakaan Pertama Bersama Sipiter

Yola dulur… Sepeda motor memang sudah tercipta sebagai kendaraan yang dekat dengan resiko. Berbeda dengan mobil yang beroda 4, motor dengan 2 rodanya sangat riskan dengan keseimbangan. Dengan gangguan yang sama, resiko kecelakaan motor lebih besar dibandingkan mobil.

sipiter kecelakaan

sipiter kecelakaan

Itulah yang terjadi pada deka. Walaupun sudah melakukan yang namanya riding dalam jangka waktu yang lama dan selalu memaksimalkan safety riding, namun kecelakaan itu datang juga. Ini adalah kecelakaan pertama kali deka dengan sipiter, jupe mx deka.

Hari kamis kemarin deka ada kunjungan ke farm sukabumi. Rekan-rekan kantor sudah menasehati naik mobil saja karena waktu sudah jam 4 sore. Namun deka tetep keukeuh pengen jalan-jalan bareng sipiter. Pengen riding nyantai dan menikmati alam sekitar bogor. Benar juga, hujan deras menyambut di daerah selepas Lido. Hujan deras bukan main, dan waktu maghrib.

Dengan mengandalkan jas hujan mumpuni deka melanjutkan perjalanan sampai macet khas Cicurug menyapa… Dengan kondisi hujan deras, gelap, macet, deka memutuskan untuk melewati jalan alternatif cicirug-sukabumi. Dan itu ternyata keputusan yang salah… Fatal.

sipiter kecelakaan

sipiter kecelakaan

Kemacetan memang bisa dihindari, namun deka lupa kalau jalan alternatif tersebut pebuh dengan pothole, lubang jalanan, bahkan kubangan kebo banyak dijumpai. Kalau kondisi terang nggak masalah, namun kali ini hujan dan gelap. Dengan kecepatan 50 km/ jam deka melintasi jalanan rusak tersebut. Beberapa kali menghajar lubang yang nggak kelihatan saking derasnya hujan.

Air menghalangi pandangan, apalagi genangan air di jalan membuat lubang tidak kelihatan. Akhirnya deka terjebak di sebuah lubang besar lumayan dalam, kalau dasar lubang rata nggak masalah. Melalui stang, deka rasakan banyak batu-batu yang membuat ban depan nggak stabil… Akhirnya GUBRAAAKK….. Sipiter jatuh dan deka terpental ke samping. Terasa di bagian atas mata kaki terasa pegal dan nyeri. Sepertinya tadi kejatuhan motor ndlosor, kena footpeg.

Sipiter masih dalam kondisi nyala karena posisi kopling tertekan. Kemudian deka angkat sendiri karena posisi sepi nggak ada orang. Namun alhamdulillah nggak ada luka serius,begitu pula dengan si piter yang hanya baret ringan di tebeng depan, lampu depan dan kopling lever, sedangkan spion terbantu karena tertekuk ke dalam mengikuti ulir drat. Hal ini mungkin terbantu karena posisi jatuhnya di genangan air yang cukup dalam.  Saat dicoba jalan saat oper gigi 2 nggak bisa, ternyata footpeg bengkong dan menghalangi pengungkit persneling yang dudukannya di footpeg…. Akhirnya cari bengkel untuk meluruskannya, alhamdulillah nemu nggak terlalu jauh.

sipiter kecelakaan

sipiter kecelakaan

Hikmahnya adalah jangan memaksakan diri melanjutkan perjalanan saat hujan deras, apalagi posisi gelap di jalan yang kurang dikenal. Lubang jalan atau pothole sangat berbahaya buat biker. Ingat, motor adalah kendaraan rentan bahaya karena titik keseimbangannya hanya 2 roda. Ada gangguan sedikit bisa fatal akibatnya. Jas hujan mumpuni juga bukan solusi saat hujan deras, soal basah memang teratasi, namun soal jangkauan pandangan saat hujan deras bukan urusannya jas hujan.

Dan juga, hindari berkendara saat perubahan alam, maghrib, mata kita sedang mengalami fase adaptasi, kondisi yang kritis, lebih baik istirahat sejenak menunggu gelap. Di jawa, waktu maghrib juga disebut waktu yang tabu untuk beraktivitas, kolobendu, sandingkolo, waktu yang tidak baik, banyak setan, wewe, jin priprayangan keluar sangkar, lebih baik di rumah atau beraktivitas didalam ruangan. Untuk sementara ridingnya off dulu… terpaksa pakai boil, sambil nunggu bengkaknya sembuh.

Keep safety riding, selalu waspada di jalanan

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

7 Komentar

Filed under safety

7 responses to “Kecelakaan Pertama Bersama Sipiter

  1. Azis Karim

    Semoga cepet sembuh Kang

  2. Modar madir

    Smoga cepet sembuh kang…jangan terlalu memaksakan diri kalo ga memungkinkan

  3. keep safety sya juga pernah hampir hajar lubang jalanan akhirnya roboh juga alhmdllh masih diberi kesehatan

    motor penggaruk tanah yamaha model year 2016
    http://www.goozir.com/2015/06/yamaha-umumkan-motorpenggaruk-tanah-terbaru.html

  4. Biant

    lekas sembuh kang
    footstep kiri njmx saya juga gitu
    baru turun 5 hari ndlosor… gak bisa pindah gear

  5. semoga lekas sembuh buat rider dan kuda besinya 😀

    —————————–
    Gandakan Akselerasi Kuda Besimu 😀
    http://rpmsuper.com/2015/06/06/rumah-kopling-6-kaki-lipatkan-akselerasi/

  6. Ping-balik: Lampu Osram Di Jupiter MX… Bye Kriyep-Kriyep | 78deka

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s