MotoGP Mugelo Italia : Fly Like Butterfly, Sting Like Hornet

suzuki

Yola dulur….  Artikel telat gara-gara medem ketinggalan. Prediksi deka pada preview motogp mugelo mendekati kenyataan. Kemarin deka bilang pengisi podium akan berisi Italiano, dan jika ada seorang Spaniard, maka itu adalah Lorenzo.

podium mugello 2015
podium mugello 2015

Yola… Lorenzo menjadi juara diikuti Ianonne dan si gaek Rossi. Lorenzo sesuai perkiraan awal, jika doi start bagus dan melesat ke depan, maka akan sulit untuk mengejar doi.

Membalap di depan sendiri memang banyak keuntungannya, bisa memilih line balap tanpa ada gangguan. Dia bisa mengendarai motor sesuai dengan simulasi balap yang telah dilakukan. Berbeda jika harus takeover pembalap di depannya, selain harus berebut line balap, juga gangguan untuk memilih line balap ideal karena pembalap depannya berusaha difensive. Itulah yang dihadapi oleh valentino rossi, waktu terbuang percuma untuk berusaha takeover crutchlow maupun pol espargaro. Podium 3 sudah capaian yang bagus.

Ianonne menunjukkan gaya balap yang kuar biasa sebagai pembalap tuan rumah, jape methe. Pertarungannya dengan Marquez begitu menarik, saling takeover dan mengganggu line balap berlangsung menegangkang. Kembali Ianonne menunjukkan skill difensive yang luar biasa khas Italiano. Marquez mati-matian berusaha takeover, namun Ianonne berhasil merusak ritme Marquez yang bisa melakukan start luar biasa. Saat Marquez berhasil takeover, nggak lama kemudian Ianonne berhasil merebutnya kembali. Ducati berhasil memaksimalkan powernya di trek lurus dan hardbrakingnya. Ini membuat Marquez emosional, dan kembali melakukan kesalahan sendiri…. Ndlosorrrr…. Goodbye….

marquez crash at mugello
maruez crash at mugello

Kembali ke sang pemenang, lorenzo kembali menunjukkan tipikal balapnya. Membalap dengan sempurna, melahap line balap dengan sempurna seperti penari balet. Melihat gaya balap lorenzo yang super duper elegan memang mengingatkan akan gaya terbang seekor kupu-kupu. Namun kecepatannya menyengat seperti lebah jantan…. Tajam, panas seperti sengat lebah…. Well keep fly like butterfly, sting like hornet Lorenzo….

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

11 Komentar

  1. kalo liat gp250 pas zaman pedrosa berjaya, cuman lorenzo yang race line nya nyeleneh. mirip legenda siapa ya.

    sejak lorenzo di yamaha factory, langsung klop gaya riding doi dengan M1. lorenzo selalu cepat ketika masuk tikungan. kelihatan dari gp250 waktu itu.

    sebelum zaman serba elektronik, lorenzo dan M1 nyaris membawa doi bergaya elbowdown.

    sekarang M1 sangat klop dengan harapan lorenzo.

    penasaran siapa yang akan mematahkan dominasi doi. stoner mana – stoner mana :mrgreen:

  2. racing line lorenzo di tikungan emang nyeleneh banget….melewati tikungan dari sisi luar yang mana slalu di anggap sebagai ‘kesalahan’ bagi pembalap lain…simbah rossi tuh kok kayak gak punya rasa lelah yaaa tiap race slalu ajah start jelek trus nyalipin pembalap pembalap di depannya satu per satu….knapa simbah gak latian start yang bagus….

  3. mungkin karena emosi,kok bisa ya motor marques yang motor juara bisa dikalahkan ducatinya ianone,padahal ianone dianggap kelas 2,makanya marques esmosi dan lebih ngotot,padahal motornya udah mentog segitu doang,akhirnya crash deh

  4. @modar madir: sejak jaman anak kecil (mungkin seumuran anak sd) rossi memang bukan pembalap cepat (banyak kok videonya di youtube kan). yang disukai dari rossi salah satunya ya ga cepat itu. pelan2 doi salip satu per satu. yang kelihatan skill nya ya pada saat pindah ke yamaha. rider tercepat biagi saja kadang dibuat kesel. sekarang aja ada pembalap kek lorenzo yang memang klop dengan M1 jadi sempurna. rossi dibuat kesal dengan doi. tapi sekarang zaman elbowdown alias motor diajak lebih rebah dan cepat. nah, anehnya kok mbah rossi ini bisa kompetitif. itu lah hal yang disukai penonton. bikin susah prediksi. terus bikin aneh kok start belakang, lalu sedikit demi sedikit naik ke barisan depan. cakep.

  5. pendekatan filosofi antara yamaha dan honda memang beda
    …….
    kalo diperhatikan rekor lap tiap sirkuit
    yg telah dilangsungkan balapan tahun ini
    terxta rekor marquez tahun lalu baik itu thn 14 & 13
    masih belum terpatahkan kecuali sirkuit lehman
    …..
    itu artix motor rcv tahun lalu jika dipake balapan tahun ini
    sebenarz masih satu level di atas kompetitor
    ….
    tapi dasar honda yg selalu haus improfisasi dan inovasi
    tahun ini boleh hancur2an
    tapi tahun depan yakin yamaha dan ducati bakal melongo lagi

    • Datanya dari mana?

      Menurut Kompas, lap time MM tahun ini sama dengan tahun sebelumnya. Sedangkan faktanya laptime Yamaha dan Ducati jelas lebih cepat daripada laptimenya Honda pada saat balapan.

      Artinya kemapuan motor Honda jalan di tempat sedangkan kemampuan Yamaha dan Ducati maju pesat dan meningkat drastis daripada sebelumnya.

Silahkan Beropini