Sandiwara Blog Kisah Lahirnya Asimo Di RC213V ( Part 1 )

Yola dulur…. kisah tehnologi asimo yang disinyalir kuat dikandung di tubuh motor RC213v andalan HRC memang meninggalkan kisah fenomenal dan tentunya kontroversi. Kali ini deka akan flashback tentang kelahiran si Asimo sampai tertanam di RCV. Tentu ini adalah pemahaman seorang deka sebagai penggemar motogp kelas icikiwir mengikuti sepak terjang team HRC.  Karena akurasi kebenarannya dipertanyakan, hanya sebatas deka tahu, maka deka ngasih judul  sekedar sandiwara blog, entah aslinya bener atau enggak ya hanya orang HRC yang tahu. Artikel deka bagi menjadi beberapa seri agar tidak terlalu panjang.

 

ASIMO

ASIMO

Begitu superiornya RC213V di musim 2013 dan 2014 sangat membuat mata penggemar motogp terbelalak. Apalagi dipasangkan dengan pembalap young guns yang langsung dikatrol dari Moto2, Marc Marquez yang juga fenomenal. Dengan pengaruhnya, HRC mengobok-obok aturan bahwa seorang rookie nggak boleh langsung ke team factory menjadi hal yang legal….. demi Marquez.

Dulu deka pernah menulis bahwa aktor utama kedigdayaan HRC  adalah mbah shuhei nakamoto.

senjata-rahasia-rcv-nya-hrc-adalah

shuhei-nakamoto

shuhei-nakamoto

Ya…. simbah satu ini memang the real HRC Man, dimana saat divisi balap Honda dipisah antara mobil dan motor, HRD dan HRC, mbah shuhei langsung bertugas di HRC di tahun 1983. Tahun 1984 mbah shuhei menjadi project leader motor balap HRC. Di tangan dingin shuhei, lahir motor-motor balap legendaris HRC. Sampai pada tahun 2000 saat Honda kembali ke dunia Formula1, Shuhei Nakamoto beralih jabatan untuk mengurusi HRD…. balap formula 1. Ndilalahnya, secara kebetulan mulai tahun 2004 Valentino Rossi memulai era yamaha merajai motogp…. pindah dari HRC ke YFR. Dan dimulailah masa-masa suram honda di dunia balap prototype roda dua, walau sempat juara dunia melalui Nicky Hayden, namun ketenaran Rossi dengan Yamaha menenggelamkan nama besar Honda.

Honda begitu kelabakan dan kebakaran jemb jenggot, karena hanya Honda dan Yamaha lah yang sangat strategis menggunakan dunia motogp ke dagangan mereka. Balap motogp untuk jualan motor-motor kelas masal mereka yang ber-cc kecil. Jadi di mata Honda, kemenangan  yamaha di motogp adalah ancaman dan sebuah aib….kudu dipunahkan sedini mungkin. Nah… tokoh yang sangat cocok dengan ambisi mereka adalah Shuhei nakamoto, karena mbah satu ini sangat perfeksionis, maunya menang secara mutlak sampai ke ampas-ampasnya. Free practice, qualifikasi, balapan kudu jadi yang tercepat.

Shuhei Nakamoto nggak suka dengan ketegangan balapan ala dog fight, cucuk-cucukan. Maunya pembalap menang secara mutlak dari lampu start menyala, doi sangat suka dengan gaya Freddy Spencer, Mick Doohan, Casey Stoner, dan…. Jorge Lorenzo. Makanya dengan segala cara kudu mendapatkan Marquez sang rookie fenomenal pada akhirnya. Di kepala Shuhei, peduli setan dengan entertainmen balap, yang penting menang dengan dominan, menunjukkan superioritas mutlak HRC. Suatu hal yang sangat klop dengan semangat Honda secara korporasi. Akhirnya Shuhei Nakamoto ditarik lagi ke HRC di tahun 2008, lagipula Honda merasa nggak prospek di balap formula1 karena gagal mengulang kesuksesan era mclaren honda dulu… sangat jauhhhh.

rc212v

Dengan kembalinya Nakamoto, dengan kejeliannya diperoleh kelemahan HRC dari yamaha adalah sektor sasis dan telemetri perangkat elektronik selama 1tahun awal Nakamoto menjabat vice presiden 2008-2009. Awalnya mereka menggunakan pneumatic klep seperti Ducati di awal kedatangan Nakamoto, namun itu dirasa kurang untuk menghadapi M-1nya yamaha. Maka dimulailah project besar shuhei untuk merombak RC212v menjadi motor yang canggih secara elektonik dan membuat RCV menjadi motor yang lebih mudah dikendarai seperti M-1nya yamaha. Mereka memutuskan untuk “membajak” (versi yamaha), menarik Andre Zugna dan Cristian Battaglia, Yamaha race engineers, dan Carlo Luzzi, telemetry technician Jorge Lorenzo di Yamaha.

Dimulailah era elektronikasi canggih di motor RCV. Dan untuk sementara menjadikan RC212V sebagai batu loncatan untuk membuat motor generasi ke-3 RCV di abad 21, RC213V. RC adalah trademark motor racing 4 tak honda. 212 adalah motor generasi 2 di abad 21. V adalah konvigurasi mesin V-twins honda .

( bersambung )

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikm

 

19 Komentar

Filed under Balapan Motor, honda, moto gp

19 responses to “Sandiwara Blog Kisah Lahirnya Asimo Di RC213V ( Part 1 )

  1. @1

    beuhhh lagi seru euy…malah bersambung

  2. retower

    ditunggu kisahnya

  3. Owh berarti honda ngintip n myontek yaa kang

  4. zzz

    Motor ku juga sama RCnya …. RC 100 🙂

  5. modar madir

    sete gibernau tidak pernah juara dunia di motogp hanya juara seri berkali-kali ajah…trus shuhei di tarik ke HRC tuh karena honda divisi F1 ditutup karena honda mobil beralih strategy dari menciptakan performance car menjadi green car (karena mobil2 terbaik honda berguguran dalam test emisi di eropa dan USA) serta lesunya perekonomian global waktu itu(resesi ekonomi di eropa dan USA).

  6. niceguy

    Bukannya dulu awal Rossi dgn HRC juga dominan? Sejak era 2 tak sampai awal 4 tak? Sampai akhirnya Rossi mencari tantangan baru di yamaha yang waktu itu dianggap motor inferior dibanding honda dan Rossi bisa membuktikan dg langsung jadi juara dunia.

  7. jrda

    itulah kenapa, bukan haters tapi ane ga pernah suka sama honda di balap (bukan di motor massal).
    honda cuma bisa menang jika punya sumber daya dana lebih dari kompetitor, lalu jika kalah mulai merecoki dan mengacak acak regulasi.
    yg terbaru tentu “merubah” aturan rookie yg padahal mereka rancang sendiri setelah lorenzo gemilang di yamaha 2008.
    kalo mau lihat aslinya honda, liat di moto3 sebelum musim 2014; motogp 2004-2010; wsbk.

  8. Rossi oh Rossi,,,,
    dimanapun dia berada tetap akan jadi bintang 😀

  9. brigade jalan raya

    fredy.spencer itu.idola.nakamoto. marquez blm.bs gantiin. nanti kalo.udah jurdun 1x lagi.

  10. Procol

    FBH: Rossi kn juara di Yamaha krna nyontek teknologi Honda

    Lah, yg nyontek bsa juara, brrti yg dicontek emng bloon..

  11. Seorang rossi ngga paham rumus algoritma n telemetry, apalagi rancang bangun mesin n tetek bengeknya. Rossi “hanya” jenius soal merasakan respons motor, setting… Sangat detail menunjukkan kelemahan reaksi motor shg sangat memudahkan kerja para insinyur dan tehnisi… Rossi nyolong tehnologi honda ? # Saiacumabisaketawa

  12. Procol

    ah mksdnya Yamaha mencontek teknologi Honda..kn itu isu yg beredar..

    • Pertanyaannya, jalan nyonteknya dr mana? Sekelas jeremy burgess saja hy kepala tehnisi, pengatur setting motor. Kecuali para crew tehnisi hrc dibajak. Lagi pula pendekatan yfr dan hrc beda, lha mesinnya saja karakternya beda jauh, vtwin dan 4inline

  13. mia

    bagus bang blognya sayang bersambung susah cari blognya klo gak masuk indomotoblog 😀

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s