Klan Vixion boleh Tetap SOHC, Syaratnya Kudu………

suzuki

Yola dulur….. diskusi menarik tentang komparasi motor sport naked 150 cc antara klan vixion dengan cb150sf. Masing-masing menonjolkan keunggulan masing-masing sebagai senjata jualan. Cbsf menjual spek mesin dohc-nya, sedangkan vixion menjual desain, mesin responsive, irit, dan murahnya maintenance.

Spek Vixion-advance
Spek Vixion-advance

Di pihak ahm menyerang mesin vixion yang menggunakan single overhead camshaft. Menurut mereka ( atau menanamkan mindset ) 2 lebih baik dari 1. Dohc lebih baik dari sohc. Selalu menganggap mesin sohc dengan kata “masih sohc”, belum dohc. Sepele memang, tapi maknanya sangat efektif, sohc ketinggalan jaman.

Biarlah itu bergulir dengan sendirinya, karena ini menyangkut strategi marketing tiap pabrikan. Deka sendiri hanya menyampaikan opini dari latar belakang konsumen dan pemakai. Deka tidak akan mempermasalahkan mana yang lebih unggul, itu sudah terlalu sering dibahas. Namun deka akan menyinggung sedikit keuntungan mesin dohc yang lebih anteng diajak main rpm tinggi seperti di artikel

Makanya banyak banyak yang mengharapkan agar yamaha mengeluarkan motor vixion yang dibekali mesin dohc. Di lain sisi, ada angin sepoi-sepoi kalau yamaha sedang melakukan project rahasia mesin dohc 150 cc. Entah mesin ini akan dipakai untuk motor mana deka nggak tahu, namun jika dipakai untuk vixion…itu yang diharapkan. Namun bagaimana jika yamaha tetep keukeuh, ngeyel kalau trah vixion adalah mesin sohc ?

mesin Vixion-advance
mesin Vixion-advance

Gini lur, menurut deka klan vixion sebagai motor naked untuk kommuter dan turing memang sekarang sudah pas, hanya ada sedikit gangguan di vibrasi mesin yang terasa di kecepatan atas. Ini bisa diatasi jika konfigurasi mesin berubah menjadi overbore. Masalahnya maukah yamaha merubah pakem konfigurasi mesin minarelli yang sedari awal sudah overstroke?

Seharusnya sih bisa saja…. dengan konfigurasi mesin overbore atau yah sedikit dibawahnya square agar getaran mesin minim… Apalagi dilengkapi dengan engine balancer mirip pulsar. Dijamin mesin enak buat long riding dan turing. Terus bagaimana mempertahankan sensasi tarikan yahud mesin vixion sekarang? Kan yamaha punya pengatur klep vva… Itu bisa dipasang tuh untuk membantu juga soal efisiensi bbm.

mesin sohc by google
mesin sohc by google

Jadi mesin sohc vixion dengan bantuan balancer dan vva, tidak akan meninggalkan karakter vixion sekarang, plus nyaman di rpm tinggi…. Kalau jumlah gear apakah harus 6 percepatan? Untuk kommuter atau turing, 5 speed lebih simple dan mudah. Itu deka rasakan saat memakai Tiger 6 speed dengan pulsar 5 speed, simple yang 5 speed tuh. Gimana dengan topspeed?? Motor kommuter mikirin topspeed…emang balap di sirkuit?

Jadi dengan mesin sohc-pun vixion bisa tetap menjadi motor yang sangat mengasyikkan. Kecuali racun mindset dohc terlalu kerasss… Tapi mosok nggak bisa mencontoh honda jazz yang sohc bisa mengalahkan yaris dohc sih?? Honda saja pandai memutar balikkan mindset kok….

Gimana menurut dulur yang lebih pakar akan bore-stroke mesin? Bisa dikasih tambahan ngga?

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

26 Komentar

  1. Maklum lah mesin bebek yang di bore up buat ditemplokin ke sport yah… Btw apa sebenarnya SOHC 4Valve punya minarelli ini justru pengembangan dari DOHC?

  2. aku manut karo pemikirane Sampesn Masss….tp misal mau ikut (misal mayoritas kepengin dohc) yo dohc wae….intine HP lebih tinggi dri cebong walau klo jalan mentog di 70M/jam hahaha….
    yakin cm 0,sekian persen yg suka plintir gass mpe mentog…

  3. kalok ane berharap malah vixion jadi dohc. hehee
    padahal ane fbh looh. karena kalo vixion di ubah jd dohc, terus power di atas clan cb pasti mau gak mau cb akan upgrade power. hehe.
    ane selama ini pakek clan cbr versi paling murah. dari mulai cbr karbu, sampek akhirnya sekarang pake cbr lokal. cbr lokal sih enak emang, cuma tenaganya gak meledak ledak kayak cbr karbu yg di rpm 7ribu sampek 10ribu mantep pol. cbr lokal tenanganya di bagi rata, dari mulai rpm rendah sampek rpm tinggi semua tenaganya ada. kalok seandainya power di tingkatkan lg pasti lbh mantep. syaratnya ya vixion harus ubah dohc. sayang ni motor powernya cuman 17hp. karena ane bawa touring ni motor maen di 11ribu rpm ya suara mesinnya ya gak banyak berubah. jd kalo upgrade power kayaknya masih bisa deh.

    • Saia pribadi sering bilang, motor dohc “real” itu sangat terasa di cbr karbu, fxr… Ya.. Spt testimoni bro ini….. Meledaknya saat rpm diatas 8000 up…track oriented….

  4. kalo tetep SOHC tapi konvigurasi diubah, Bore x Stroke = 60.5mm x 52.2mm mantab gak? dg rumus kubikasi akan menghasilkan kapasitas murni 149.986064 cc dibulatin 150cc^^.
    masih tetap Overbore namun stroke juga gak terlalu pendek kayak CBR ato CS1 di 47.2mm yg kurang di torsi. kemudian limiter bisa ditingkatkan jadi 11.000RPM karna piston speed juga masih aman yakni 19.14 m/s. ini juga sedikiiiit lebih aman dari Vixion current yg punya Piston Speed 19.567 m/s karna limiter di 10.000RPM. Kalo Vixion current peak power ada di 8500 RPM maka untuk yg ini Peak Power bisa ditaruh di sekitar 9500 – 10.000 RPM, yg tentu akan membuat semakin panjang nafas mesin diputaran atas. dengan demikian akan didapat faedah :
    1. vibrasi berlebih pada engine overstroke vixion current akan berkurang significant.
    2. Putaran atas akan lebih bertenaga.
    3. masih memiliki torsi yg cukup memadai lantaran stroke tdk terlalu pendek.
    4. kemungkinan power-delivery akan terasa lebih linier tidak meledak2 ciri khas engine overstroke CMIIW

    • Cuma memang masalah nya, apakah SOHC nya mesin Vixion bisa tetap membuat kinerja 4 Valve nya tetap stabil ?
      IMHO Yaa … Mengingat SOHC yang menggunakan Rocker Arm yang panjang ini biasanya tidak bisa membuat kinerja Buka dan Tutup Valves stabil setelah melewati 10.000 rpm.
      CMIIW … thanks

      • Utk ukuran motor kommuter penggunaan under 8000 km. Kalau yamaha mau ngasih dohc flat tappet overbore berarti ngasih spek lebih…. 11rb rpm ecesss, tp rpm bawah nggak akan sebagus vixion skrg. Kekurangan sohc emang rpm diatas 9000 yg bikin ati nggak tenang

1 Trackback / Pingback

  1. Tanya Rumor Kok Ke Orang Pabrikan…. | 78deka

Silahkan Beropini