Tehnologi GSX-RR GP Dipreteli Untuk New GSXR-1000 Plus VVT…… Eduuunnn

Suzuki-GSXR1000
Suzuki-GSXR1000
Suzuki-GSXR1000

Yola dulur….. ngowoh bin dombleh deka saat membaca info dadakan dari MCN tentang super bike andalan Suzuki ini, GSXR-1000. Menurut info, new gsxr1000 edisi terbaru yang akan diluncurkan di tahun 2016 nanti akan mengalami upgrade gila-gilaan. Tehnologi yang dipakai di motor motogp mereka, GSX-RR akan dipreteli untuk dipasang di motor edisi jualan umum ini. Semua gara-gara Kawasaki mengeluarkan evolusi H2R dan Yamaha dengan new R-1 mereka….. GSXR1000 yang sudah lama tidak mengalami peningkatan signifikan di sektor tehnologi berbenah…… plus tehnologi klep variable….. VVT.

gsxr1000 vvt from mcn
gsxr1000 vvt from mcn

Sebagai superbike yang laris dan banyak penggemarnya di luar negeri baik di eropa maupun Amerika sono, gsxr memang terancam dengan kehadiran yamaha R-1 yang upgrade gila-gilaan, khususnya di sektor elektronik. Kalau sebelumnya Suzuki mematenkan tehnologi VVT mereka ke motor dengan konvigurasi mesin V, kini tehnologi tersebut langsung dicangkokkan ke mesin new GSXR-1000, sebuah revolusi mesin bagi suzuki.

suzuki-mematenkan-variable-valve-dengan-klep-3-dimensi

Dengan tehnologi vvt ini maka pergerakan buka tutup klep akan bervariasi tergantung rpm mesin maupun input dari rider. Variable valve ini selain diatur pergerakan waktu naik turunnya klep, juga diatur soal ketinggian bukaannya ( timing and lift system ),  intake chamshaft dengan multiple profil cam. Dengan pemasangan VVT ini maka karakter mesin akan bereaksi  sangat nurut sesuai dengan rpm mesin maupun input rider melalui bukaan throttle. Tujuannya agar mesin lebih efisien menyalurkan power maupun torsi merata di setiap range rpm, low, medium, high.

gsxr1000 vvt from mcn
gsxr1000 vvt from mcn

Meskipun diprediksi output power akan mendekati 200 BHP, namun sepertinya suzuki tidak akan memaksakan melebihi power kawasaki H2. Seperti biasanya, mereka sudah terikat dengan Gentlemen’s Agreement padathe big four of japan. Kalau kawasaki bermain dengan power 200 bhp, maka suzuki akan bermain dengan “under 200 kg”. Pendekatan ini bertujuan agar PWR lebih optimal dan mempertahankan ciri khas GSXR1000 sebagai superbike yang handling-nya terbaik di kelasnya.

gsxr1000 vvt from mcn
gsxr1000 vvt from mcn

Maka dari itu tehnologi chasis GSX-RR motogp mereka akan dipinjam untuk gsxr versi jalan raya ini, minimal patent yang diajukan menunjukkan seperti itu. Selain chasis, bagian elektronik juga mendapatkan upgrade baru yang meliputi

  • Bosch’s ‘cornering ABS’ system
  • semi-active suspension or Bosch’s Inertial Measurement Unit
  • traction control

Intinya, suzuki akan membawa motor motgp mereka ke versi jalan raya, seperti yamaha R-1, namun bukan replika motor motgp…. benar-benar motor jalan raya rasa motogp. Akan seperti apa gsxr-1000, lihat saja nanti setelah peluncuran…… Halo Suzuki Indonesia?????? tahun 2016 ya…. janji………. sport 150 cc-nya

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

17 Komentar

  1. Velg GSX-R hrus total ganti. Jangn palang 3 gtu, keliatan cungkring dan inferior dibanding kompetitor. Klo bsa Marchesini palang model Moto GP.
    Yg lain uda perfect.

  2. Inilah knp Yamaha konsen dgn inline engine dimoto GP. Setiap pengembangan M1 dpt diaplikasi scra lbh mudah ke motor masalny, hal ini mungkin yg juga dilihat Suzuki sebagai sebuah keuntungan terhadap penjualan dan juga lebih kompetitif dibalapan masal. Contoh nyata adalah honda cbr1000rr yg blm juga mendapat update signifikan dan lbh memilih merelease rc213v krn perbedaan platform engine sehingga aplikasi elektronik dari motogp bike mereka rcv213 akan butuh effort lebih besar jika ingin di implementasikan pada cbr1000

Silahkan Beropini