Akankan Michael Dunlop Merubah Yamaha R-1 Menjadi Motor Juara ?

Yola dulur…. sebenarnya ini adalah info yang sudah out of date, namun karena belum ramai diangkat di ranah blog motor, maka ijinkan deka untuk mengangkat menjadi bahan diskusi. Boleh jadi karena ajang balap TT Isle Of Man kurang tenar di marih, nggak banyak penggemar akan balapan motor memakai sirkuit murni jalanan umum yang mengelilingi sebuah pulau.

milwaukee yamaha michael dunlop from google

milwaukee yamaha michael dunlop from google

Padahal di belahan eropa sono, balap tt isle of man merupakan acara sakral tahunan yang bagi kalangan biker adalah wajin hadir. Yah minimal 1 kali dalam hidupnya bila mampu, seperti berangkat haji. Saat bisa menghadiri balap tt isle of man merupakan kebanggaan tersendiri.Kali ini, tajuk utamanya adalah perekrutan pembalap yang sangat tajir di panggung tt isle of man, Michael Dunlop, seorang pembalap jalanan yang paling sukses di dekade ini. Dunlop direkrut oleh tim yamaha untuk mengisi by Apps Hat” href=”#”>slot pembalap yang ditinggalkan oleh Ian hutchy hutchinson yang kurang bersinar. Michael Dunlop merupakan pembalap tersukses di era modern dengan capaian kemenangan ke 11 kali di ajang balap yang erat dengan setor nyawa ini. Terakhir kali Dunlop memborong 4 kemenangan di kelas berbeda digelaran tt isle of man 2014.

Transfer michael dunlop ke tim yamaha merupakan chain reaction atau reaksi berantai dari berhentinya tim Tyco Suzuki karena Suzuki konsentrasi di balap motogp. Pembalapnya yaitu guy martin di rekrut oleh tim BMW yang tidak memperpanjang michael dunlop. Bahkan dunlop terancam nggak ikutan tt isle of man 2015 karena nganggur, yang deka angkat di artikel

bmw-ganti-rider-guy-martin-michael-dunlop-terancam-nganggur

Nah kebetulan tim yamaha yang barusan kembali di ajang ini tahun kemarin, by Apps Hat” href=”#”>slot pembalapnya kosong. Jadilah takdir mempertemukan dunlop dengan tim yamaha di ajang tt. Menurut deka, sebuah keberuntungan besar bagi yamaha saat merekrut dunlop, karena michael dunlop adalah seperti sebuah jimat ampuh bagi balap tt isle of man. Mungkin doi bukan pembalap yang populis seperti guy martin yang banyak menyedot penggemar dan media, namun soal nyali dan skill balap jalan raya, doi adalah unggulan teratas. Pembalap dengan julukan ballymoney-man ini yang meruntuhkan hegemoni honda cbr di balap tt isle of man menggunakan motor bmw. Pertanyaan selanjutnya, mampukah michael dunlop merubah motor yamaha R-1 bakal tunggangannya tahun ini menjadi motor juara seperti bmw S-1000RR?

dunlop n yamaha R-1

dunlop n yamaha R-1

Sebuah pertanyaan yang muncul di benak penggemar balap TT. Pertama, karena Dunlop itu sendiri, dan yang ke-2 yaitu yamaha yang masih dianggap medioker di ajang ini. Balap TT memang sebuah balapan bertipe konservatif, dimana yang dilihat bukan apa motornya, namun siapa pembalapnya, man behind the bike. Pembalap yang menang di sini akan dielu-elukan sebagai jagoan, sedangkan pabrikan hanya mendompleng ketenaran pembalap. Faktor pembalap sangat utama di balap motor ini. Nah… seorang Michael Dunlop sangat memenuhi kriteria tersebut sebagai pembalap yang diidam-idamkan oleh pabrikan motor….. Tinggal Wani Piro ???????

Melihat track record dunlop, pertanyaan diatas sepertinya sebagian penggemar TT akan mengatakan Ya….. Michael dunlop akan menyulap yamaha R-1 menjadi motor juara TT Isle Of Man. Selain dunlop-nya sendiri, edisi terbaru yamaha R-1 sendiri secara stok bawaan pabrikan banyak yang menyanjung karena mengalami perubahan pesat, motor jalanan yang paling mendekati karakter motor tunggangan Valentino Rossi, M-1…. Bagaimana menurut dulur sekalian? khususnya penggemar TT Isle Of Man????

Bonus….. Hell yeah…. TT Isle Of Man

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

8 Komentar

Filed under Balapan Motor, tt isle of man

8 responses to “Akankan Michael Dunlop Merubah Yamaha R-1 Menjadi Motor Juara ?

  1. Arlong

    asli ngeri ane liatnya pas low side di tikungan pembalap sama motor langsung jatuh terguling2 di tebing yg lumayan curam, tapi BTW kenapa di balap ini CBR 1000RR begitu merajai bro? apa karna punya chassis yang baik sekali, klo iya kenapa pula di ajang WSBK kurang bertaji?

    • Setahu deka, cbr begitu lama merajai ajang tt karena pabrikan honda begitu intens support ajang ini, sehingga banyak tim menggunakan cbr. Selain itu kombinasi antara easy riding dan daya opreknya cukup bagus. Namun dari semua itu, honda jago dalam merekrut pembalap2 mumpuni di ajang ini…. Money talk…

  2. mad ass

    selain sasis yang amat sangat ringan dan lincah, power di rpm menengah ke bawah adalah yang paling gede dan smooth ga meledak2 kaya ducati dan gampang di oprek ga kayak crossplane yamaha yg sulit di oprek, oprek dikit chatter ga karuan. Kalo di wsbk dan AMA kan lebih butuh top end power.

  3. mad ass

    komenku tadi tuk ngejawab yang pertamax komen tadi

  4. star kid

    jangan lupain team honda masbro…disitu ada 2 juara iomtt, john mcguinness sama connor cummins…
    btw, honda cbr emang lebih dikenal disini daripada di balapan sbk…dulu aja si guy martin terkenal karena dia naik cbr1000rr warna silvernya yang dijuluki silver torpedo..

  5. arlong

    crossplane crankshaft klo dioprek chattering? ah ane kira gak gitu juga bro, kendala Yamaha R1 edisi 2009-2014 utamanya adalah handlingnya kurang mumpuni, kurang agile atau tangkas , tidak flickable secara cepat, serta terasa berat dan lebar. tapi dg major update dari all new R1 2015 ini kayaknya Yamaha akan lebih bisa berbicara banyak di ajang ini.

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s