Jangan Harap Warung Ini Membahas Kejelekan Sebuah Produk, Kecuali……

dari google
suzuki

Yola dulur… sudah tak terasa, semusim lebih deka belajar membuat coretan pikiran tentang dunia para biker di media blog. Memang masih banyak kesalahan dan kelemahan dalam menyediakan menu buat pembaca warung kecil ini. Bahkan di beberapa waktu, deka sempat vakum menulis selama sebulan lebih, bahkan hampir 2 bulan. Sempat mau memutuskan untuk berhenti menulis karena orientasi yang dituju sangat kecil untuk diraih.

dari google
dari google

Namun seiring perjalanan waktu, deka seperti terpanggil kembali untuk ikut menyumbang tulisan untuk meramaikan dunia permotoran negeri yang sejatinya terlahir gemar ripah loh jinawi ini. Dan visi baru pun lahir karena orientasi dalam menulis blog sekarang telah berubah dari awal niat ngeblog. Dulu pertama ngeblog deka hanya menyalurkan passion kegemaran akan motor, tak disangka sambutan pembaca dalam waktu kurang dari 2 bulan begitu melejit. Setiap melihat statistik, pembaca sehari bisa lebih dari 10 ribu pembaca. Melihat hal itu, deka putuskan untuk mengganti menjadi warung dotcom.

Orientasinya berubah menjadi mengejar hits, deka selalu mengejar setoran agar hits selalu naik, berita apapun akan deka angkat menjadi sebuah artikel, walaupun itu sama dengan warung yang lainnya. Paling mudah memancing hit adalah dengan membenturkan sebuah produk dengan produk pesaingnya. Atau dengan mengangkat keburukan sebuah produk, dijamin akan membuat pembaca penasaran dan mengklik warung deka. Jemuran deka tebar ke mana-mana, dari warung sebelah sampai grup-grup facebook. Semua dilakukan dengan harapan memancing banyak pembaca mampir dan melanggan di warung ini.

Sampai pada sebuah titik, deka mengalami goncangan kehidupan nyata dimana usaha deka bangkrut, nyaris menyentuh dasar. Boro-boro mau mikir menulis di blog, mikirin dapur ngebul saja, kepala sampai ngebul. Setelah kehidupan nyata deka mulai tertata, panggilan dunia permotoran kembali tak bisa ditolak. Deka mulai menulis lagi, meskipun nggak bisa serutin dan serajin beberapa waktu yang lalu. Namun yang paling deka rasakan sekarang, adalah orientasi menulis deka sudah tidak berorientasi mengejar hits…. apalagi dilirik jadi jin pabrikan…. Deka menulis hanya untuk menuangkan ide, opini atau apa yang ingin deka tulis karena selalu menggelitik otak deka.

cropped-copy-of-head-78deka1.jpg

Apapun yang mengisi dan mengganjal di pikiran, saia tuangkan dalam bentuk tulisan. Makanya jangan kaget kalau tulisan di warung inibanyak yang berupa opini, karena warung ini kembali ke khittah awal membuat blog yaitu hanya sekedar hobi. Kembali ke khittah awal yang tertuang di head blog ini, yaitu Opini Tentang Dunia Otomotif, Motor, Kehidupan. Opini….. atau buah pikiran, bukan informasi atau berita, kerena ini deka rasakan origin atau asli dari pikiran deka, mewakili kepribadian penulis.

Dari sekian ide, atau pikiran, ada satu yang paling deka hindari, yaitu mengangkat kejelekan, keburukan, kecacatan sebuah produk menjadi topik utama tulisan. Ini deka hindari karena bagaimanapun ini adalah sebuah produk dagang milik orang, sedangkan deka sendiri merasakan bagaimana perasaannya jika barang dagangan deka dijelek-jelekin pihak lain. Kecuali jika kecacatan sebuah produk itu deka temui langsung di depan mata, deka rasakan sendiri sebagai pengguna motor. Itupun bukan menjadikan kecacatan produk menjadi fokus utama, namun sebagai masukan agar kedepannya bisa ada perbaikan, atau pengguna motor yang sama siap dengan kelemahan itu dan mempersiapkan diri memperbaikinya.

Syarat utama adalah deka melihat langsung, bukan mengambil dari media lain, trit seseorang di kaskus, postingan facebook, atau katanya-katanya…… mata deka harus melihat langsung. So… biarlah warung tetap begini adanya, harapan deka semoga dengan tulisan-tulisan warung ini bisa membantu dulur sebagai konsumen motor memperoleh atau memilih motor yang benar-benar terbaik bagi dirinya sendiri, dan pabrikan memberikan produk motor terbaiknya bagi dulur biker semua. Atau minimal ikut meramaikan dunia motor secara positif…. amin…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

10 Komentar

  1. kritkan berawal karna adanya kekurangan. mengangkat kejelekan yang nyata ada itu baik. berbeda dg men jelek jelekan. tugas bloger ya bicara/tulis apa adanya, bukan karna di ada adakan. mg lncar berkarya.

  2. Semoga bisa terus meramaikan dunia otomotif Kang Deka, dan usahanya terus maju. Tapi kalo kekurangan atau kecacatan suatu produk emang ada faktanya tulis aja Kang, asal jangan dilebihkan 🙂

  3. Dr pengalaman kita akan menjadi lbh bijak! memang begitulah jika kita merasakan sdri rasanya, kita akan lbh menghargai org lain!

  4. betul om jgn sampai blog mlh jd lebh bnyak mudhorotnya dibnding manfaatnya, ntar malah dikirain khomr hehehe..keep write with pride..

Silahkan Beropini