Rossi Menjatuhkan Marquez Dengan Cara Slightly Dirt, Tapi Legal

Yola dulur….deka masih tertarik membahas pertarungan antara Rossi dengan Marquez di seri motogp termas de rio hondo Argentina minggu kemarin. Jalannya balapan sendiri sebenarnya kurang menarik secara umum, namun menarik bagi yang mengikuti sepak terjang valentino Rossi, dan puncaknya duel antara rossi dengan marquez. Duel itulah yang mungkin akan membuat seri argentina 2015 ini menjadi sebuah bookmark balapan motogp. Bisa disamakan dengan bookmark yang lain seperti vale vs gibernau di jerez, vale vs lorenzo, dan vale vs  stoner di Laguna seca. Duel kali ini dimenangi rossi dengan cara slighty dirt….. nyaris kotor, namun masih legal atau tidak menyalahi aturan.

marquez-crash-rossi-win-_argentina

Pada artikel sebelumnya, deka memakai kata : Rossi berhasil menjatuhkan Marquez…. silahkan cek artikelnya disini

motogp-argentina-rossi-sang-gladiator

Bagi pembaca yang kritis harusnya akan bertanya, kok marquez dijatuhkan rossi? emang bukan karena jatuh sendiri? emang rossi sengaja menjatuhkan marquez? Ya…. deka mengatakan ada unsur aspek rossi dalam kejadian jatuhnya marquez…. Pertanyaan selanjutnya, kalau rossi ada unsur kesengajaan menjatuhkan marquez, harusnya dihukum dong….. Nah, kalau pertanyaan ini, menurut deka jawabannya adalah TIDAK….mari kita bahas bersama, namun ini baru dari sudut pandang deka.

Insiden jatuhnya marquez saat duel dengan vale kemarin karena ban depan marquez membentur ban belakang rossi sehingga menyebabkan ban depannya kehilangan traksi dan akhirnya sooooorrrrr………motor tergelincir, mesin stall, MM DNF. Sebagian besar pendukung rossi hanya berhenti sampai kesimpulan bahwa ini adalah kesalahan marquez yang terlalu emosi, sehingga memaksakan diri menyalip rossi walaupun line balapnya tertutup sehingga terjadi benturan. Sedangkan fans marquez berpendapat bahwa rossi berbuat curang karena dengan sengaja menjatuhkan marquez, tapi kalau kita amati secara lebih dalam, maka kita akan tahu proses terjadinya benturan tersebut…..

Nah… mari kita lihat proses kejadian itu, dan tentunya dengan kepala dingin biar analisanya jernih. Dimulai saat rossi berhasil take over marquez di sebuah tikungan ke kanan memanfaatkan kondisi marquez yang slide melebar saat pengereman menjelang tikungan. Saat proses menikung menjelang apex, marquez melakukan manuver khasnya, yaitu menyalip via dalam, walaupun line tertutup. Bukannya mengurangi kecepatan, tapi mencoba memberikan benturan pada rossi, nampak sekali bagian depan motor marquez membentur tubuh rossi. Awalnya rossi nampak terkejut, silahkan cek video di bawah ( kalau nggak diblok ama DORNA). Pada kejadian-kejadian sebelumnya cara ini berhasil membuat lawannya melebar sehingga terbuka line untuk menyalip ( silahkan googling sendiri diantaranya saat lawan lorenzo, pedrosa dan pembalap lainnya ). Kesalahan pertama Marquez.

Namun reaksi rossi adalah tetap mempertahankan line balapnya walau terkejut, kemudian doi menoleh ke arah benturan marquez secara reflex. Setelah benturan, marquez kembali melakukan kesalahan, bukannya mengurangi kecepatan, namun masih tetap berusaha menyalip. Dengan pengalamannya, melihat posisi marquez yang lemah, yaitu di belakang dan di sebelah luar line, maka rossi mencoba menggiring marquez agar lebih melebar dengan cara sedikit memperlebar dari line balap ke arah kanan. Namun responnya marquez ngga mau mengurangi kecepatan atau ikut melebar. Dia memilih mempertahankan line balapnya, walaupun sudah tertutup. Akhirnya terjadilah benturan dengan ban belakang rossi….. sooorrrrrr….. gubrak. kesalahan ke-2 yang fatal.

Ya…. cara rossi tersebut memang sedikit nakal, namun menurut analisa race director, insiden ini dianggap wajar. Kalau deka boleh menelaah, manuver rossi dianggap sah karena dia berada di posisi yang benar, yaitu lebih dulu di posisi depan. Posisi marquez lah yang lemah, seharusnya doi mencari celah lagi di tikungan berikutnya, daripada memaksakan masuk di line yang tertutup. Boleh saja hal ini ( membenturkan bodi ) dilakukan untuk rider lain, masalahnya rossi sudah kenyang dengan cara-cara nyalip dengan memaksa ala marquez ini. Dulu saat masa mudanya, rossi sering melakukan gaya menyalip marquez seperti itu ( meskipun menurut deka, cara marquez sekarang lebih kasar dibandingkan rossi muda dulu ).

Nah…. intinya, dengan segala pengalaman dan kecerdikannya, rossi memanfaatkan momentum yang sekejap itu…. dari sudut pandang fans marquez jelas ini curang. Namun faktanya race director melihat ini bukan manuver ilegal…… kalau pembelaan rossifumi garis keras sih : curang mana dengan gaya nyalip dengan menabrak tubuh lawan di depannya biar melebar?

Semoga bermanfaat

Wassalmualaikum

52 Komentar

Filed under Balapan Motor, moto gp

52 responses to “Rossi Menjatuhkan Marquez Dengan Cara Slightly Dirt, Tapi Legal

  1. honda elek

    Setuju. Fans mm itu cuma karbitan. Bekas fans cs27 semua.

  2. cacu

    betul itu lek, tp itulah magnet motogp sndiri, wlwpun mm gpp tp dlm hatinya tau mksd vr, perang mental dr vr buat mm, prtanyaanya apakh mm bkl ngedrop mentalnya ky cs? mdh2an g biar motogo mkn rame

    • efek psikologisnya kelihatan banget kok…. biasanya setelah crash, mm tetap tenang. kemarin kelihatan gusar dan menyesal dari gerak tubuhnya. tidak sepede tahun kemarin

      • devil

        ya jelas kesal, dengan tinggal sisa 1 lap, malah jatuh akibat kesalahan sendiri atau kesalahan lawan tanpa point. Apalagi crah kali ini berbeda dengan crash sebelumnya dimana MM sudah unggul point banyak. toh pada akhirnya MM menerima kok.. Gw yakin MM belajar banyak dari insiden ini.. Jadi menurut gw efek psikologisnya ya ga ada sama sekali.. series ke depan masih panjang.. who knows what will happen?

  3. The Fall of 93

    Kalo menurut Ane, itu bukan kotor Gan.. Itu masih “normal”. Manuver Rossi yang tergolong “kotor” itu antara lain ketika 2005 vs Gibernau di Jerez (Gibernau akhirnya kluar lintasan); trus 2008 vs Stoner di Laguna (Rossi melebar ke gravel).
    Yg kemaren tu masih sopan krn Rossi ga sampe kluar lintasan, ato menyebabkan pembalap lain melebar. Marquez-nya aj yg terlalu ambisius & ga mau kalah. Akhirnya kejadian San Marino 2014 terulang lagi kemaren. Itulah “kelemahan” Marquez.

  4. ya gitu deh benturan kedua memang wajar… krn akan masuk tikungan kekiri…. kalo rossi gak segera memindah badan dia akan melebar ditikungan slanjutny, dan brak jatoh deh…

    sya rasa rossi g sngaja buat menjatuhkan, kalo sengaja menutup racing line iya..krn bukankah itu tugas pembalap untuk memastikan tdk bsa disalib…selain itu data berbicara motor rossi lbh kencang diakhir2 lap… tanpa bertarung ketatpun sih marques akan kesalib dan balapan masih ada 2 lap lagi, itu juga yg membuat marques sdikit ngotot

    http://mariodevan.com/2015/04/21/review-dan-test-ride-royal-enfield-classic-chrome-moge-dengan-nilai-hystorical-tinggi/

  5. gilaroda2

    Yup bnr bgt analisanya, berarti memang ada cara ngejatuhin lawan scr legal…josss!

    • niatan awalnya nggak ngejatuhin…. tapi dg cara tsb pilihan bagi rider belakangnya hy 2.. menurunkan kecepatan, atau melebar jika mau selamat, jika tetap mempertahankan line balap maka resiko crash

  6. O=O

    klo dalam race sih sudah sewajarnya ad insiden2 spt itu, tp yg jelas apakah MM akan melakukan hal yg sama kepada rossi utk race berikutnya?
    coz ap yg dilakukan rossi pada CS27 jg akan dilakukan MM saat duel dgn rossi spt di laguna seca dulu

  7. Fandy

    Yang jelas saya suka Rossi dan Marc…….Prinsip rossi waktu masih muda sama kek Marc skrg….Juara ato g sama sekali……….Joooozzzzzz…!!!

  8. bdt

    suatu saat mm akan coba trik itu

  9. analisanya joss, ane setuju, cara si akang melihat dari sisi pandang yang berbeda-bedanya mantap

  10. bdt

    dan cara itu yg tdk disukai cs

  11. fby tulen

    Masih inget kan margono wktu masih ϑ¡ moto2

    Duel sm pol eas

    Margono nyalip dr luar langsung nutup RL pol,sekejap pol ketabrak n dlozorrr

    Tp RD tetep gk kasih pinalti jelas2 salah

    Margono nabrak jolor ditikungan terakhir (mirip rossi sete)

    Margono nabrak pedro kabel sensor putus

    Margopno nabrak melandri kabel rem putus

    Semua gk kena pinalti

    Kalo skrg rossi vs margono bener2 murni margono yg salah

    [m̲̅][a̲̅][u̲̅] jatuhin sanksi ke rossi?????

    Bisa2 dorna ϑ¡ bantai sm lin jarvissss

    Ngoahhaahahahahaha

  12. fby tulen

    Yg gk terima mah cuma SATAR CS beserta pengikutnya bozzz

    Liat noh satar ayan diblog_nya nyeranh rossi n fans_nya

    Ngoahahhaha

  13. brigade jalan raya

    ga mungkin ah curang. itu mirip tikungan s. jadi maluin senior (rossi) dan gelar juara dunia aja mepet di kanan. ya soal rossi sengaja melebar itu betul. dia tau marquez ada di sisi kanan. tapi doi ga tau sedekat itu. resiko tikungan kek s itu manuvernya kek corkscrew di laguna seca.

  14. brigade jalan raya

    *catatan penting itu tikungan cepat ya. ya kek corkscrew deh. marc sendiri ngakuin loh ya 😀

  15. vr, mm dll podowae, semua manusia pernah salah, londo salah, pribumi salah dll,,:p

    setelah ane mengamati tiap potongan gambar yang beredar di dumai secara cermat, terlihat (atau disinyalir saja deh) kalo 2 (dua) kali vr BENAR2* memotong racing line mm… * versi gambar yah

    Saat proses menikung menjelang apex, marquez melakukan manuver khasnya, yaitu menyalip via dalam, walaupun line tertutup. Bukannya mengurangi kecepatan, tapi mencoba memberikan benturan pada rossi, nampak sekali bagian depan motor marquez membentur tubuh rossi.

    ::vr yang memotong mm kedalam, akibatnya motor mm menyenggol/menabrak vr..

    Dengan pengalamannya, melihat posisi marquez yang lemah, yaitu di belakang dan di sebelah luar line, maka rossi mencoba menggiring marquez agar lebih melebar dengan cara sedikit memperlebar dari line balap ke arah kanan. Namun responnya marquez ngga mau mengurangi kecepatan atau ikut melebar. Dia memilih mempertahankan line balapnya, walaupun sudah tertutup.

    ::lagi2 vr memotong racing line ke sisi luar…

    namun faktanya race director melihat ini bukan manuver ilegal……

    ah biasalah bro, rd, dorna etc..etc.. adalah manusia…mereka punya kepentingan2 (entah bisnis atau politik)…. biasalah ‘tidak memperbesar masalah’ supaya event2 mereka tetap laris…. kita sering berpikir kalo orang2 luar negri itu selalu sportif? tidak juga..fakta buanyak..!

    yang dimaksud ‘TIDAK MEMOTONG’ adalah jika feeling pembalap merasa bahwa dia sejengkal didepan lawannya (jadi bukan dipaksa dipepetin tanpa memberi jarak) *, kebalikannya seharusnya jika seorang pesepak bola mentakling lawan dia harus merasa bahwa bola sudah didekatnya….kira2 begitu… * dengan adegan full speed yah

    betul gak sih pendapat ane? cmiiw….hehehe

    • Di aturan balap, yg depan berhak atas racing line yg dia buat.,.. Rossi n marquez wkt menikung punya racing line sendiri2. Di satu titik pasti ketemu, nah titik pertemuan ini, pembalap yg belakang.nggak boleh memotong line pmbalap depannya

    • Setahu saia, di balap, pembalap depan berhak bikin racing line sendiri, pembalap belakangnya yang harus menyesuaikan diri, kalau punya racing line sendiri tdk boleh memotong pembalap depannya. Cmiiw

      • niceguy

        Banyak yg ga tau aturan balap kayak gini, atau pura2 bego kali ya?

      • sudahkah vr memahami syarat2 berbelok, asal berbelok saja berbahaya, “kesalahan” vr dianya melebar padahal baru separuh melewati mm,

        analisis selengkapnya bisa dilihat disini:
        http://bukan-alay.blogspot.com/2015/04/diskusi-tabrakan-pembalap-di-sirkuit-dan-aturan-menyalip-secara-umum.html

        • melihatnya dari posisi menyalip tikungan ke kanan bro…. di situ rossi sudah jelas di depan mm 100%, sedangkan saat belok ke kiri, mm harusnya siap merespon pembalap di depannya, krn scr umum pembalap depan nggak bs melihat belakngnya. kasus rossi kemarin sempat nengok, dan tahu posisi mm yg “salah”, ban depan sudah masuk sedangkan posisinya harusnya harus siap jaga jarak utk merespon gerak pembalap depannya. Makanya saia bilang rossi menjatuhkan dg cara nyaris kotor…….. tapi legal krn posisi mm yg terlanjur salah

          • kalo sudut pandangnya seperti ini, maka konsep “racing line” tidak berlaku lagi. Asal dia sudah didepan, tapi disisi yang lain, seolah dialah penguasa “jalanan” semua sektor/line, ingat rossi tidak “benar2” didepan, tapi hanya sedikit didepan mm (belum total melampaui).

            coba ente bayangkan, seandainya disisi kanan mm itu adalah pagar besi, jurang atau ada pembalap 3, maka posisi mm akan terjepit (dan ini sangat beresiko fatal).

            selama sebuah manuver itu tidak menimbulkan apa2, “mungkin” tidak ada masalah, tapi jika ada masalah, siapa yang harus bertanggungjawab?

            makanya peraturan harus dibuat jelas donk. tugas pembalap adalah ngebut (mana ada pembalap yang mengalah)… asal masih sesuai racing linenya.. coba ente perhatikan gambar paling atas sendiri di http://bukan-alay.blogspot.com/2015/04/diskusi-tabrakan-pembalap-di-sirkuit-dan-aturan-menyalip-secara-umum.html , bagaimana komentar ente tentang gambar tsb? (blue car penalised didepan red car?)

            • Hehehe… Masbro sepertinya lupa, kalau yg blue car walaupun posisi sedikit di depan tapi racing line-nya ada di posisi luar….. ( Belok ke kanan ). Kalau kemarin vr ada di depan dan posisi di line dalam ( belok ke kiri )….. MM memaksakan menyalip dr line luar… Dan itu posisi yang lemah…. Monggo dilanjut diskusinya

              • ane tidak lupa/khilaf dengan posisi ini karena ane nampilin gambar udah ane pikirkan kemungkinan2x, tapi secara logika mau disisi luar atau dalam posisi blue car tidak bisa menyerong memotong lawan yang masih dalam racing linenya…

  16. dari: http://bukan-alay.blogspot.com/2015/04/diskusi-tabrakan-pembalap-di-sirkuit-dan-aturan-menyalip-secara-umum.html

    “Manoeuvres liable to hinder other drivers, such as deliberate crowding of a car beyond the edge of the track or any other abnormal change of direction, are not permitted”.

    • Roti Goreng

      Berdasarkan Reglement atau regulasi FIM tentang MotoGP 2015 bab 1 (Sporting Regulation) sub bab 1.21 tentang Behavior During Practice and Race (perilaku ketika latihan dan balapan) pada poin 11 disebutkan bahwa rider tidak boleh berkendara atau mendorong (bahasa aslinya push) motornya ke arah yang berlawanan dari sirkuit terkecuali ada arahan dari Race Director.
      Aturan tentang berbelok ketika race hanya ini dalam regulasi FIM yang mana berakibat pada penjatuhan hukuman terhadap pelanggarnya.

      Berkaca pada kasus kemarin Rossi tidak salah karena dia tidak mengendarai kendaraannya ke arah yang berlawanan dengan sirkuit (jangan bilang dia menggeser racing line adalah berkendara arah berlawanan dengan sirkuit, dia hanya mencari racing line dan kalau yang dibilang mas kudo strategi melawan ban MM).

      Saya sudah lihat di link dari blog mas centrovista tentang guide racing line. Berdasarkan race kemaren ada beberapa poin yang bisa dicermati. Tikungan pertama dimana Rossi overtake. Tikungan kedua menjelang MM crash
      1. Pada tikungan pertama saat Rossi overtake MM itu diperbolehkan karena kedua kendaraan sudah side by side atau berdampingan saat belum memasuki tikungan.
      “Generally, if any point, the nose of the trailing driver gets along side the lead driver before entering the turn, it is at that point that two racing lines are created.”

      2. Pada saat menikung di tikungan pertama MM berusaha overtake lewat dalam. Ada dua poin yang harus diperhatikan.

      “If two racing lines are created, it becomes the responsiblity of the driver racing the outside line not to cause a collision. ”

      Crash tidak terjadi dan Rossi di depan. Rossi saat itu berada pada inside line sedangkan MM pada outside Line. MM harus menjaga agar tidak terjadi crash. Tetapi menjelang akhir tikungan MM overtake dari dalam karena racing linenya. Tetapi Rossi berada pada di depan sebagai leading rider. Ini poinnya:

      “Two racing lines can be created by a trailing driver having any part of his vehicle pull up beside the lead driver at any point during a corner assuming the trailing driver does not cause an immediate accident by doing so.”

      Selama tikungan boleh saja rider yang berada dibelakang menyalip di samping rider yang di depan dengan catatan tidak menyebabkan kecelakaan. Tetapi overtake MM menyebabkan benturan karena Rossi masih berada pada racing line ideal. Ini poinnya:

      “The lead vehicle is allowed to use his vehicle to defend by placing his vehicle in the pathway of the ideal racing line and allowed to control the speed at which the corner is taken by a both his and a trailing vehicle until the creation of two racing lines.”

      Dari tikungan pertama tampak Rossi masih bersih dalam overtaking dimana dia berusaha menyalip dengan cara side by side sebelum tikungan dan berada di inside racing line.

      berikutnya menjelang tikungan kedua dimana MM crash:

      “Once the racing line is established by the lead driver turning in and heading towards the Apex of a corner, the trailing driver must avoid causing a collision. ”

      Setelah keluar dari tikungan pertama rider akan langsung memasuki tikungan kedua. Posisi MM belum side by side dengan Rossi. Sesuai poin di atas, lead vehicle allowed to use his vehicle to defend by placing his vehicle in the pathway of the ideal racing line. Masalahnya MM yang belum side by side memaksa lewat sisi luar sehingga mengakibatkan crash ketika Rossi membuat racing line untuk tikungan kedua.

      Soal lirikan Rossi setelah benturan di tikungan pertama bukan karena Rossi sedang cari posisi untuk menabrak MM, tetapi dia sedang melihat apakah MM sudah side by side atau tidak karena jika iya dia tidak boleh menutupi jalur MM. Tapi kenyataannya dia tidak disamping sebelum crash. Setelah Rossi melihat ke depan ternyata gap mengecil dan roda mereka berdekatan. Tetapi ini bukan salah Rossi menurut saya, kenapa? Karena ketika dia melihat ke belakang Rossi masih di depan dan ada ruang serta keleluasaan sebagai leading rider untuk menyalip. Tetapi ketika dia berbelok ternyata gap sedikit mengecil (hanya sekian cm untuk mendekatkan ban) dan crash terjadi ketika Rossi berbelok.

      CATATAN: Saya buat tulisan ini sambil melihat video race kemaren dan link di blog mas centrovista. Saya download yang HD yang belum di encode jadi jelas pergerakannya. Kalau mau lihat beserta gambar bisa saja saya sertakan kepada empunya blog ini. 😀

      • manteb masbro…….. gaya penulisannya jauh lebi halus dan runut dibandingkan saia 😀

      • mf mas bro, ane baru tahu ada balasan hari sabtu dinihari kemarin. ya udah krn msh ada kesibukan laen, ane tunda tanggapannya…

        oyi sekarang ane tanggapi yah:

        Berdasarkan Reglement atau regulasi FIM tentang MotoGP 2015 bab 1 (Sporting Regulation) sub bab 1.21 tentang Behavior During Practice and Race (perilaku ketika latihan dan balapan) pada poin 11 disebutkan bahwa rider tidak boleh berkendara atau mendorong (bahasa aslinya push) motornya ke arah yang berlawanan dari sirkuit terkecuali ada arahan dari Race Director.
        Aturan tentang berbelok ketika race hanya ini dalam regulasi FIM yang mana berakibat pada penjatuhan hukuman terhadap pelanggarnya.

        Berkaca pada kasus kemarin Rossi tidak salah karena dia tidak mengendarai kendaraannya ke arah yang berlawanan dengan sirkuit (jangan bilang dia menggeser racing line adalah berkendara arah berlawanan dengan sirkuit, dia hanya mencari racing line dan kalau yang dibilang mas kudo strategi melawan ban MM).

        ane tidak paham dengan maksud kutipan aturan diatas. coba ente bawa linknya dimarih yah…

        alinea berikutnya sampe habis…

        menurut ane, ente salah tapsir bro. poin yg hrs dipahami dgn baik adalah the true racing/track line, the true turning in point, execution timing/moment, the real lead (overtaking) driver opposing the right track, the real trailing (overtaken) driver towards the right track.

        kalo kita tidak paham KETERKAITAN poin2 diatas yah jadi salah kaprah memahami konteks yang PALING TEPAT. tidak selalu ‘yang kasat mata didepan’ adalah A sebagai sang lead driver, bisa juga B, atau sebaliknya, tergantung bagaimana situasi atau hubungan/faktor pola kejadian yang terjadi (execution time vs its safety logic). ini bukan karena ada bias dalam the rule atau racing rule, tapi ane mencoba memahami poin A-Z dalam referensi rules secara utuh.

        siapakah yang disebut the ideal driver in the ideal track? sebagai contoh lihat gambar paling atas pada situs centrovista dimaksud

        entah mengapa pada trek lurus vr bergerak ke arah line mm disisi luar? padahal dia berada pada sisi dalam menjelang tikungan kedua, ada dua sebab kemungkinan, yaitu vr undercontrol karena posisi motornya lebih rebah daripada mm, kedua vr bermaksud overlap mm, sayang bukannya melakukan completed overlapping tapi malah intercepting (meskipun mungkin tidak sengaja)…kalo ente ada video hd, bisa dishare donk…

  17. Nah kan… Ini malah dibuktikan dengan aturannya, kalau posisi MM kemarin ngga boleh mengganggu pembalap di line dalam….

    • ada picnya nggak situ ? yang diline dalam adalah mm atau v? klo bro mengatakan bahwa saat mm jatuh, vr diposisi dalam menjelang tikungan bisa jadi benar, tapi sebelumnya vr bergerak melebar mengambil racing line mm (saat ditrek masih lurus), padahal dia belum benar2 melampaui mm,,,, disini tampak vr bermain zigzag, entah disengaja atau tidak…

      • Gambar ada di video artikel atas bro… Silahkan dicek

        • gambar di videonya sudutnya dari pinggir lapangan, jadi kurang detail, gak mewakili opini yang ane inginkan…

          nih ane tampilkan gambar dari cuplikan video ente bro bagaimana posisi line mm yang lurus dan cara belok (mempet) vr yang mengambil line mm:

          seandainya vr tidak bergerak memotong line mm, maka bisa jadi mm tidak akan terjungkal. mana ada mm bisa terjungkal sendiri tanpa sebab (di video itu)

          hemat ane, mestinya vr mengurangi kecepatan karena kenyataannya ia “mungkin” dalam posisi yang “tidak stabil” menjelang masuk tikungan didepannya…

          kalo doi meneruskannya ya itu tadi “terpaksa memakan” line lawan (meski mungkin gak sengaja)… nah kalo ente tidak puas dengan penjelasan ane, coba ente buat saja contoh peraturan yang lebih baik dari ilustrasi dan kutipan referensi para penulis dari luar negeri yang tertulis di http://bukan-alay.blogspot.com/2015/04/diskusi-tabrakan-pembalap-di-sirkuit-dan-aturan-menyalip-secara-umum.html

          bonus kisah misteri:

          soal vr noleh ke belakang, ane gak tau apa motifnya, apa mo say hello ke mm (sekaligus promo): “hi bro, yamaha semakin didepan, yang lain semakin ketinggalan..”. tau2 gara@ noleh, doi jadi undercontrol dan buyar konsentrasinya sehingga memakan jalur balap lawan &,,,yah sudahlah 🙂

  18. Roti Goreng

    Masukan lagi. Dalam ilmu hukum hal-hal bersifat regulasi jika dilanggar akan berakibat pada hukuman. Sedangkan hal-hal bersifat etik (kode etik) ketika dilanggar tidak akan berakibat pada hukuman dari penegak huku, tetapi pada komunitas yang memegang kode etik tersebut. Kalau memang Rossi atau MM salah secara regulasi pasti sudah dijatuhi hukuman. Tetapi jika salah secara kode etik (perbuatan tidak etis) maka komunitas yang menghukum seperti mengasingkan atau mengucilkan.

    Jadi bedakan antara regulasi dan kode etik.

    • nah soal kode etik atau regulasi bisa jadi gak sama arti & tujuannya. tapi regulasi yang powerful, optimal, baik adalah regulasi yang meng-include- kan kode etik. dalam banyak kasus kode etik dan regulasi/aturan sebenarnya sama saja, hanya berbeda nama. kadang kita tidak perlu (kaku) terlalu menafsirkan secara harafiah.

      • ari

        Analisis masbro bertiga bagus2 … pakai argumen aturan dan bukti rekaman peristiwa.
        Tampaknya VR maupun MM ada sedikit unsur kesalahan (tipis, ringan): vr sedikit melebarkan jalur, mm nekat masuk ke dalam padahal hampir setengah bodi motor vr sdh di depannya. Dng begitu bisa dimengerti kalau race director tdk menjatuhkan sanksi.

        Aturan hukum dan etika memang beda. Tidak semua “yg tdk etis” bisa dikategorikan melanggar “yg legal” (sebaliknya, yg tdk legal itu tdk etis). Sedapat mungkin memang perlu diusahakan bhw yg tdk etis itu juga tdk legal. Namun, ada sisi2 kehidupan yg amat sangat sulit dibawa masuk ke dalam ranah hukum.
        Salam 🙂

      • hai arifin

        Pembalab sekelas rosi yg dijuluki the doctor sngat disayangkan ,
        Legal , atau ilegal menurut regulasi itu bisa di terjemahkan beda2 , faktor kepemihakan sangat dominan ,
        yg jelas cara rosi dalam balapan bisa berbahaya pembalap lain, dikhawatir kan nex berikutnya terjadi kecelakaan besar kemungkinan
        ya mudah2 ada yang memperingatkan supaya balapan ini selamat,

  19. novri yadi

    Mm cara nya bermain tidak profesional maklum masih anak2 pikiran nya tidak seperti rossi

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s