Motogp CotA, Sirkuit Austin…. Balapan Ala Amerika Yang Gagal

sirkuit austin, texas USA
sirkuit austin, texas USA
sirkuit austin, texas USA

Yola dulur…. artikel seri motogp yang sedikit terlambat karena deka disibukkan oleh pekerjaan. Kebetulan juga tadi malam nggak ikutan nonton karena ketiduran. Namun ada untungnya juga sih nggak nonton motogp seri kali ini, membaca review dari beberapa warung, ternyata jalannya balapan biasa saja, nggak seseru seri Losail. Kalau deka boleh beropini, balapan seri CotA ini seperti balapan ala amerika yang gagal.

Kalau dulur sekalian membaca artikel preview motogp Autin kemarin, silahkan cek di artikel ini

yamaha-underdog-di-seri-cota-ini-mungkin-penyebabnya

Maka siapa yang bakalan mengisi podium nyaris ketebak. Sebenarnya daya tariknya bukan siapa yang menjadi pemenang, namun proses penghasilan pembalap pengisi podium itulah daya tarik utamanya sebuah balapan, motogp disini.

Dari melihat lay-out sirkuit Austin sendiri kalau kita membacanya maka balapan kali ini akan menyajikan balapan ala amerika. Sangat tipikal sekali dengan sirkuit-sirkuit di Amerika, meskipun diberikan beberapa tikungan baik tikungan cepat maupun lambat. Publik amerika sendiri menggemari balapan yang super ketat, hanya selisih sepersekian detik saat menyentuh garis finish. Warga amerika juga menggemari mesin yang powerfull, bertenaga kuda besar, bertopspeed tinggi. Mereka mengesampingkan seni menikung dan menakhlukkan tikungan dengan cepat. Maka sirkuit di amerika rata-rata mewadahi balapan adu topspeed, bahkan kalau perlu tanpa tikungan sekalipun seperti trek nascar yang berbentuk oval.

Goodys Fast Relief 500

Sirkuit Austin sendiri masih mempunyai ciri amerika, dengan 2 trek lurus yang sangat panjang untuk menggeber motor sampai topspeed. Di sini jelas motor yang mengandalkan mesin dengan konvigurasi V seperti RCV dan Desmosedici yang mempunyai power dan torsi meledak-ledak akan merajai. Dan hasilnya keduanya mengisi podium tertinggi. Untuk motor dengan konvigurasi mesin inline semuanya minggir….. Sebenarnya motor dengan mesin inline bisa mengimbanginya saat di sektor tikungan dengan mengandalkan skill pembalapnya, namun itu tidak cukup untuk mengejar motor bermesin V di 2 sektor sirkuit lainnya.

Apakah balapan di Austin yang membosankan ini salahnya orang mareka? jawabannya tidak….. Justru dengan layout sirkuit seperti ini akan menyajikan balapan super seru, ketat, saling makan memakan antar pembalap. pertarungan akan tersaji tiada henti dari awal sampai akhir. Lha kok nggak kejadian saat seri motogp barusan ya?

Gini Lur….. sirkuit ini akan menyajikan balapan super ketat ala amerika jika tunggangannya mempunyai spek yang sama. Atau bahasa sederhananya mempunyai regulasi restricted, mesin mempunyai performa yang sama persis, yang berbeda hanya settingan mesin dan sasis, serta kemampuan rider. Lihatlah balapan nascar atau indy-car….. dijamin balapan  akan seru yang terjadi di seri austin.

So… balapan motogp kali ini sepertinya balapan ala amerika yang gagal terlaksana, kombinasi mesin V dengan marquez lah biang keroknya. Namun segi positipnya adalah, deka nggak nyesel ketiduran tadi malam. Ternyata balapan seperti turing yang menjemukan…. terlepas dari siapa pemenangnya……

Bonus…. I can’t stand losing you…. By…. The Police

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

13 Komentar

  1. Kalo mesin v emang jos tenaganya kenapa Yamaha gak ikutan pakai mesin v Kang ? Kan mesin inline Yamaha skrg nampak inferior

  2. Kayaknya berat sebelah artikel2nya…waktu diLosail bilang ‘kalo bilang marquez apes pas melebar bakal didamprat Ryuichi’.padahal kan Marquez ga sdkitpun mngeluh…kenapa ga bahas Lorenzo aja yg terang2 ngeluh helmnya melorot???trus skarang bilang Marquez dan RCV lah biang kerok gagalnya balapan ala Amerika di Austin…imho

  3. artikel ngawur iki….first thing first kelas motogp bukan competition of equal, kalo mau equal/setara liat moto2, atau kalo mau lebih seru lg liat moto3, btw coba main game nascar di ps1 ps2 dll, main full lap , mode simulasi, balapan roda4 tidak melulu adu kecepatan dan horse power,tp adu strategy(team) ,skill dan kecerdasan pembalap , you need to race to understand racing

  4. Setuju, yamaha emang gak pernah cocok di austin. Kecuali mau merubah filosofi mesin inlinenya. Sebenarnya inline bisa bejaban sama V4 nya honda atau ducati kok untuk masalah aksel sama top speed.

Silahkan Beropini