Yamaha Underdog Di Seri Cota…. Ini Mungkin Penyebabnya

sirkuit austin, texas USA
suzuki

Yola dulur…. menyambut seri-2  kampanye motogp 2015 yang akan berlangsung di sirkuit Austin, atau biasa disebut motogp seri COTA Amerika, walaupun juara di seri losail, kini Yamaha berposisi sebagai underdog.

sirkuit austin, texas USA
sirkuit austin, texas USA

Untuk beberapa kalangan masih beranggapan kalau balapan motgp itu, performa motor nggak pengaruh ama line karakter sirkuit. Kalau emang motor juara, sirkuit apapun harusnya mampu mengantarkan pembalapnya menjadi juara. Ngga ada itu trek-nya honda, treknya yamaha……. Well…. nggak salah juga sih pemikiran tersebut, namun sampai sekarang kok belum ada ya, motor yang sesempurna itu. Jadi lebih baik bagi kalangan yang beranggapan seperti itu adalah mari belajar bersama lagi agar punya wawasan baru, termasuk deka yang masih bodoh di dunia perbalapan ini.

Di seri Cota ini, Honda dan Ducati jauh lebih diunggulkan. Marquez jelas sangat pede, karena dari awal seri Cota 2 tahun yang lalu selalu menjadi jawara utama. Tim Ducati-pun sedang dihinggapi rasa optimis tinggi dengan desmo-15 nya. Sedangkan yamaha sedang berusaha optimis walaupun seri kemarin juara, namun melihat karakter line sirkuit Austin ini jelas membuat kecut pihak yamaha. Lihatlah karakter sirkuit ini, sebagai gambaran sederhana, deka lingkari beberapa lokasi atau sektor sirkuit dengan warna merah, dan biru.

Yang berwarna merah, jika kita lihat maka  di sirkuit Austin ini kebanyakan motor akan disiksa oleh kombinasi kecepatan tinggi dan tikungan lambat. Bayangkan saja motor dipacu mentok topspeed, kemudian disambung dengan hardbraking, masuk tikungan secara lambat, kemudian gaspoll lagi mengandalkan akselerasi full. Mesin diperkosa habis-habisan untuk mengeluarkan peak power, performa rem, dan akselerasi maksimal. Melihat fakta ini, jelas motor yang dibekali dengan mesin berkarakter fullpower di atas angin. Dan yang terkenal akan power adalah mesin dengan konfigurasi V lah yang paling jumawa, dan itu dimiliki oleh Honda dan Ducati. Pantas saja mereka diunggulkan di seri Cota.

Yamaha sendiri dianggap underdog karena yamaha, diantara  ketiga pabrikan dominan di motogp ini, performa mesinnya paling belakang. Sebenarnya bukan hal yang mengagetkan atau bahan bullying kalau kita mengikuti dari sejarah yamaha di motogp itu sendiri. Pendekatan yamaha untuk membuat motor motogpemang sedikit berbeda dari yang lain. Yamaha cebderung lebih konsen ke bagian frame, sasis, mesin yang punya karakter riding agility-nya tinggi. Atau bahasa sederhananya, membuat motor yang gampang dikendarai oleh pembalap manapun, buat nikung enak. Dan emang dari dulu, soal performa mesin paling kedodoran.

karakter sirkuit austin
karakter sirkuit austin

Nah melihat karakter sirkuit Austin yang banyak di dominasi oleh jalur super duper cepat dan hardbraking tikungan lambat, merupakan  neraka tersendiri bagi tim biru ini. Memang mereka punya pembalap berskill  “nyaris setengah dewa” seperti Rossi atau Lorenzo. Namun itu sepertinya masih dianggap kurang karena performa motor di sini lebih dominan. Lihat saja di sektor yang dilingkari warna biru, hanya disitulah yamaha bisa memaksimalkan potensi motor M-1 mereka secara maksimal, menikung dengan kencang…. dan sektor seperti itu hanya segitu-gitunya, jauh lebih dominan yang dilingkari warna merah.

Bagaimanapu ini hanya sekedar analisa di atas laptop. Lagian dengan kondisi seperti ini, bagi penggemar motogp di kubu fans pembalap akan tetap menunggu apa yang akan dilakukan oleh pembalap kesukaannya. bagi penggemar Vale atau Hohe, silahkan menebak-nebak, apa yang akan dilakukan oleh keduanya di sirkuit ini. Bagaimana mereka mensiasati kondisi underpower tunggangan mereka di sirkuit cepat seperti Austin…. dan itu sangat menarik….. Jadi ingat saat Takumi terpekur di dalam AE86-nya yang jebol mesinya diasapi oleh Lancer Evo di kandangnya sendiri…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

3 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Motogp CotA, Sirkuit Austin…. Balapan Ala Amerika Yang Gagal | 78deka

Silahkan Beropini