CBR 250RR Akan 39 PHP?

Yola dulur…. Ikut urun rembug tentang CBR 250 RR yuk. Beberapa waktu yang lalu sempat heboh dengan spek next CBR 250 akan dibekali mesin berpower 39 HP. Nah… apakah itu bisa jadi kenyataan, janji pihak Honda untuk memberikan totalitas produk, atau jangan- jangan cuma PHP saja? Yuk kita obrolin bareng-bareng.
image

CBR 250 bertenaga 39 php membuat para suporternya ada yang bungah,penuh harap, bahkan ada yang sampai hidungnya mekrok dan koar-koar penuh sanjungan, padahal motornya saja belum ada πŸ˜€ .

Deka sendiri, semenjak awal ada rumor CBR 250 RR bermesin V-Twin, masih enggan mengulasnya. Kenapa? Karena hal tersebut susah untuk terealisasi. Pertama karena soal hirarki line produk cbr itu sendiri, dan yang kedua soal cost. Begitu mesin cbr ini bermesin inline pararlel, baru deh deka ikut nimbrung,karena inilah realisasi sebenarnya cbr 250 nantinya. Kemudian berhembus lagi kabar CBR 250 ini akan memuntahkan 39 HP.

Sebenarnya mesin berpower segitu masih masuk akal buat kubikasi 250 cc. Para insinyur honda jepang ecezz saja membuat mesin seperti itu, apalagi secara teori di atas kertas buram… Diatas 40 hp saja masih mampu diproduksi oleh mesin 250 cc pararlel, tinggal memainkan kompresi dan VE, serta membuat kualitas logam super wahid. Hal inilah yang kadang ane tertegun saat ada yang bicara modif mesin 150 cc motor produk masal berpower diatas 28 hp…. Masalahnya logam mesinnya mampu nggak tuh menerima gebugan power sebesar itu???

Namun bicara motor produksi yang dijual masal, ada hal yang membuat para insinyur jenius pembuat motor langsung clakep, diam seribu bahasa…. Hal tersebut bernama….cost production. Modal yang dikeluarkan untuk memproduksi sebuah motor.

Ya cost production merupakan kunci pabrikan dalam membuat motor masal, karena akan mempengaruhi posisi harga jual dan berpengaruh ke strategi penjualan, dimana motor tersebut akan diposisikan dimana? Kalau motor2 jual gengsi gaya ngeropah kagak masalah, kubikasi 250 cc dijual diatas 100 juta hal yang lumrah….. Namun merk honda, yamaha, suzuki, kawasaki produksi motor 250 cc yang mengincar penjualan masal apa berani melakukannya? Susah untuk dicerna bro….

Alasan inilah kenapa CBR 250 RR menjadi sebuah pertanyaan besar jika mampu memuntahkan power 39 hp. Bicara mampukah honda membuatnya? ECEZZ bro….. Masalahnya ya itu….. Wani piro??? Mau dijual berapa? Pada mau beli enggak??

Terus ada yang bilang, kan bisa memakai the power of mass production. Semakin banyak yang dibikin akan memangkas biaya produksi. Ya… Jika bicara motor kelas super massal seperti moped atau metik yang berperforma biasa saja. Namun jika bicara performa super yang butuh logam mewah, motor dengan ceruk lebih sempit seperti sport full fairing 250 cc apa bisa???

Satu hal lagi…. Kapan Honda terakhir kali menjual motor dengan spek paling tinggi dibandingkan kompatriotnya dengan harga paling rendah? Ane sendiri sudah lupa…. So bijimana dulur-dulur… CBR 250 berpower 39 hp itu akan jadi kenyataan ngga? Jika hal ini benar dan harganya mepet kompatriotnya, itu yang diharapkan konsumen motor sport disini…. Dan itu seperti mukjizat….

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum

29 Comments

  1. Sebenarnya mampu kok mesin 250cc nelorin power 45 HP/13rb rpm…….
    Tapiiii….mesin & jeroannya pake Titanium.

    Trs mau dijual brp..? 100jt / 120jt…?

    Kan mending beli 600cc 2silinder sekalian.

  2. sudah lahhhh udh jelas….berkaca dri CB vs NVL aj deh…gak prlu ribettt mikirnya(alasan material lah, cost lah, emisi euro 3 lah, flag ship lah)…..paling jga 11 : 12 lo soal Power nya dg 250 cc Kompatriotnya….perkiraan sya 37 ato 36,5 HP on Crank tuk CBR250 twin nya!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*