Regulasi Gas Buang Hanya Konspirasi Pabrikan Otomotif?

Yola dulur…. kita tentu sudah sering mengenal tentang regulasi EURO, EURO2, EURO3. Regulasi ini mengatur tentang kadar maksimal gas emisi yang keluar dari moncong knalpot kendaraan yang keluar dari pabrik. Banyak yang pro dan kontra. Pihak yang kontra mengatakan regulasi ini hanyalah konspirasi pabrikan otomotif agar bisa menjual tehnologinya dibalik isu Go Green, yang menggandeng kebijakan politik.

aturan gas emisi euro 4

aturan gas emisi euro 4

Ya… Isu efek rumah kaca, global warming, yang disebabkan oleh gas buang CO2 yang meningkat. Salah satu penyumbangnya adalah dari kendaraan bermotor, mobil dan sepeda motor. Itulah yang dipakai untuk mengeruk untung buat pabrikan otomotif. Itulah teori konspirasi yang beredar di kalangan kontra kebijakan EURO.

Masih ingat kita, bagaimana kawasaki ninja 2 tak harus almarhum karena tidak bisa mengimbangi aturan EURO 3 yang akan dilakukan. Aturan EURO merupakan musuh utama 2 tak-er…. Padahal tehnologi 2 tak ditemukan karena mesinnya yang simpel, powerfull, hemat spare-part, mudah perwatannya. Soal masalah boros sebenarnya bisa diatasi jika ada pengembangan lebih lanjut.

kawasaki ninja 150 rr

kawasaki ninja 150 rr

Soal 2 langkah yang boros, bisa diatasi dengan sejenis pengaturan dimana bisa digunakan 4 langkah di mesin 2 tak saat mode eco… Satu siklus dimatikan semprotannya. Tidak harus menggunakan mesin 4 tak yang part-nya bejubel… Namun memang lebih menguntungkan dari segi bisnis karena jualan partnya lebih banyak, servis yang lebih kompleks, kata mereka.

sumber penghasil co2

sumber penghasil co2

Kemudian isu gas buang yang membuat global warming itu penyebabnya dari mana dulu? Lihatlah grafik dia atas yang menunjukkan sumber penyumbang CO 2 di dunia ini. Hampir 95% adalah dari alam, sedangkan sumbangsih manusia hanya 5%. Segala macam aktivitas kita dari pabrik, produksi listrik, kehidupan domestik, otomotive, kita menyumbang 5% kadar CO2.

co2 from human activity

co2 from human activity

Nah dari 5 % itu, paling besar adalah pembangkit listrik, 49,3%. Sedangkan mobil, motor truk dan bus 15,9%. Dari kacamata biker…. Sumbangsih motor tidak lebih dari 25% nya 15,9 %nya 5% penyebab polutan CO2 dunia. Atau hanya kurang dari 0,125% penyumbang CO2 dunia…. Sangat jauh dibandingkan pembangkit listrik yang menyumbang hampir 2,5 %. Kenapa 2 tak yang dikorbankan ? Kenapa bukan sektor transportasi massal truk dan bus, atau sektor industri, atau pembangkit kistrik yang dirubah duluan?…. kata mereka.

Akhirnya teori konspirasi soal regulasi EURO beredar…… Gimana menurut dulur sekalian…. Konspirasi atau bukan???

Bonus…. Green Tinted Sixties Mind…. By Mr Big

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum

17 Komentar

Filed under Kehidupan, opini

17 responses to “Regulasi Gas Buang Hanya Konspirasi Pabrikan Otomotif?

  1. sugan

    Tapi dampak ke sesama pengendara, terasa signifikan bro. Klo semua kendaraan yg ada di jalanan itu 2-tak, dari bis, truk, mobil, sepeda motor, bayangkan betapa beracunnya udara di jalanan bro. semua helm bakal ada fitur masker udara nya ntar.

    Dipikir….

  2. Archi

    Om dekaaaa, jelasin dong.. emang 95% co itu dihasilkan siapa di alam?

  3. Dr yg pernah ane baca, 95% dari pepohonan, dan perut bumi,, baik aktivitas saat decomposisi maupun pernafasan malam hari. Serta siklus hidup isi hutan, hewan alam maupun peternakan… Cmiiw.

  4. kodemoe

    kl 95% co2 adl dr pepohonan, gmn kl kondisinya dbalik aja, kita tebangi sluruh pohon biar g mghasilkan gas karbon, gmn?

  5. Kasian motor lama yang 2 tak, bagaimana nasibnya…

    coba jual motornya, biar bisa beli motor support euro4 di Infostore.co.id

    hehe

  6. djazmad

    Konspirasi??? Hmmm

  7. lagi2 sepeda motor jadi korban regulasi…

  8. edhoy

    kalau bicara emisi kendaraan bermotor apalagi yg diatur dalam regulasi (euro 2, 3 dst) sebenarnya lebih menekankan pada gas buang yg berbahaya bagi mahluk hidup yg akan berakibat langsung pada kesehatan (CO, HC, NOx) bukan pada CO2-nya.
    sedangkan, CO2 lebih ke arah pengaruh dampak lingkungan berupa GHG (Green House gas)

    memang benar, penyebab CO2 terbesar dr lingkungan dan bbrp proses industri seperti p3mbangkit listrik, etc (well to tank) dibanding dengan yg dikeluarkan ol3h kendaraan (tank to wheel). namun, terkait k3 kendaraan tentunya concern thd brp banyak bahan bakar yg dibakar (fuel consumption) yg akqn berdampak langung pada energy security tiap2 Negara.

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s