Kalau Gini, Yang Sableng Itu Ortunya

Yola dulur…. Pas lagi thenguk-thenguk atau nyantai di beranda rumah, terdengar suara motor metik yang sudah ane kenal karena ini adalah metik dua juta umat. Kemudian melintaslah itu metik di gang depan rumah deka. Metiknya sendiri sih nggak ada yang aneh, namun pengendaranyalah yang kelihatan aneh…. Seorang anak perempuan kecil, masih sekolah dasar… Langsung terlintas dipikiran…. Ini orang tuanya yang gemblung…..

anak sd naik motor
anak sd naik motor

Pengendara metik itu adalah tetangga agak jauh deka. Dan saat ada kesempatan ngobrol dengan orang tua anak gadis kecil itu deka memancing reaksi tentang anaknya yang sudah naik motor. Hal itu dilakukan sembunyi-sembunyi atau sepengetahuan ortunya.

“Pak, kemarin saya lihat anaknya naik motor, emang dibolehin ta pak?” tanya ane. ” Iya mas, biar belajar saja di gang, nggak di jalan umum biar aman.” kata ortunya. Ternyata memang sepengetahuan ortunya Lur…. Motor metik memang jauh lebih memudahkan orang untuk belajar naik motor, tinggal gas rem saja, apalagi ground clearence-nya yang pendek, nak kecil saja nyampai tuh kakinya.

anak sd naik motor
anak sd naik motor

Well… iya sih… sekarang hanya belajar di gang, dan nggak ada yang salah dengan mengajari anak naik motor nggak di jalan umum…. Namun yang salah adalah “timingnya”, anak SD segitu paling umur 11-13 tahun, sedangkan umur dibolehkannya berkendara motor adalah minimal 17 tahun…. masih jauh selisihnya.

Kenapa ini menjadi perhatian? Karena yang namanya anak, kalau sudah mengenal hal baru yang dianggap mengasyikkan akan berefek addicted… Pengen lagi dan lagi…. awalnya sih hanya belajar di gang, namun karena dirasa menyenangkan maka lama-lama akan mencobanya di jalan umum. Kalau sudah di jalan umum, pasti ingin bareng ama temen-temennya. Nggak heran kan sekarang anak SD udah seliweran naik motor?, anak SMP udah kebut-kebutan di jalan?…. Awalnya hanya belajar naik motor di gang, dan usiamu baru sebelas…..

Bonus …. Karmila…..By Farid Harja

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum

2 Komentar

Silahkan Beropini