Proyek Suzuki Satria F Injeksi…. Udangnya Lebih Gurih Lho….

spiny sleeve genset yamaha

Yola dulur….. dalam benak deka, Satria FU mau tidak mau pasti akan keluar versi injeksinya. Hal ini sudah terpikir sejak lama, meskipun pihak SIS menyangkalnya berulang-ulang dengan segudang alasan. Acuannya sangat jelas…. kebijakan Euro3, dimana pengembangan penekan polusi akan memerlukan biaya yang lebih mahal. Daripada buat mengembangkan sistem catalityc conventer, kenapa nggak dishifting ke pengembangan mesin injeksi saja…… cakupannya akan lebih luas.  Namun ada yang lebih gurih dari udang dibalik penginjeksian klan satria……. yuk kita obrolin bareng.

white satria F dari gugel
white satria F dari gugel

Proyek Satria injeksi mau tidak mau harus dilakukan, dan ini deka yakin sedang dilakukan oleh para insinyur Suzuki di Jepang, cuma pihak suzuki nggak mau bocor dulu proyeknya. Kepastian proyek tersebut bisa dilihat ditulisan IWB disini. Selain kebijakan EURO 3, faktor lainnya adalah strategi unified engine, atau 1 mesin buat rame-rame untuk menekan biaya riset mesin. Sudah kita ketahui bersama dengan strategi ini sudah dilakukan oleh pabrikan semacam honda maupun yamaha.

Nah….. proyek suzuki sendiri kedepannya tidak hanya jualan ayago satria saja, mereka masih kosong di kelas sport 150 cc yang berdarah-darah, ada dua tipe, naked dan fairing. Sudah selayaknya mereka menggunakan basis mesin yang sama…. mesin injeksi 150 cc DOHC bersilinder SCEM, sebuah keniscayaan buat deka…. silahkan dibookmark 😀 . Kalau soal cooled sistemnya masih kabur, entah oil cooled atau liquid cooled belum masuk ke admin.

suzi gsx150r
suzi gsx150r

Kalau sebelumnya ada rumor bahwa basis sport 150cc suzuki adalah gixxer, maka ini sudah ada bantahan ( dalam bentuk bocoran ), bahwa mesin gixxer nggak cocok untuk pasar Indonesia…. silahkan cek di artikel ini

mesin gixxer tidak akan dipakai di Indonesia 

suzuki gixxer
suzuki gixxer

Satria F injeksi merupakan keharusan buat suzuki, karena bakal saingan mereka yaitu CS1 reborn juga akan menggunakan mesin injeksi. Kekhawatiran rider satria bahwa mesin injeksi tidak akan kencang hanya merupakan paranoid. Injeksi juga bisa kencang, tinggal setting ECU-nya saja yang dirubah. Memang untuk mengoprek mesin injeksi tidaklah semudah mesin karbu, dan yang jelas butuh dana berlipat dibandingkan sistem karburator. So…. yang punya satria karburator, rawat baik-baik tuh motor…. bakalan jadi buruan opreker dengan budget terbatas tuh……

Bonus….. Heroes……. By Wallflowers

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

4 Komentar

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Rahasia Dapur Pacu Satria FI Melonjak performanya | 78deka
  2. Satria FI Lebih Powerfull Karena Sonic? Oh…..Jawabannya Tidak !!! | 78deka

Silahkan Beropini