Ternyata R-15 Ada Fuel Warningnya…..#Edisi Baru Tahu

(white blue r15)

Yola dulur…..surfing ke kaskus yang membahas tentang sport fairing yamaha di kelas 150, R15 , deka baru tahu dan ngeh ternyata fitur di konsol speedonya ada yang jarang diangkat ke permukaan. Fitur tersebut adalah fuelwarning, atau pemberitahuan sisa bahan bakar.

(white blue r15)
(white blue r15)

Lho bukannya itu sama saja untuk motor-motor lainnya, ada fuel indicator??? betul…. namun fuel warning ini sedikit berbeda, meskipun masih dalam bagian indikator bahan bakar. Kalau fuel indicator pada umumnya motoryang deka pakai biasanya dalam bentuk jarum penunjuk untuk versi analog, serta fuel bar indicator untuk versi digital.

lampu konsol speedo pinjeman dari triyantobanyumasan
lampu konsol speedo pinjeman dari triyantobanyumasan

Di bajaj pulsar ane dulu, memang ada fuel warning indicatornya saat bahan bakar tinggal sisa sedikit, ketika indikator bbm tinggal 1 bar, maka ada indikator berbentuk lampu merah yang menyala . Di saat lampu menyala, maka peringatan buat rider agar segera mengisi bahan bakar karena motor sudah mulai memakai bahan bakar dari tangki cadangan.

fuel warning R15
fuel warning R15

Nah… di yamaha R-15 ini fuel warning sudah lumayan advance dibandingkan milik pulsar. Warningnya sudah dalam bentukestimasi jarak tempuh yang masih bisa dicapai dengan sisa bahan bakar. Peringatan ini dalam bentuk tulisan di konsol speedo digital bawah kanan berbentuk huruf F- yang dilanjut dengan angka dan km. Jadi saat indikator bahan bakar sisa 1 bar dan habis, maka penunjuk ODO meter digantikan dengan huruf F-…..km . Yah…… mirip-mirip mobil sekarang ini yang sudah ada fuel warningnya…. buat ane ini merupakan fitur yang sangat menyenangkan, meskipun nggak begitu utama manfaatnya. Namun kalau buat tambahan fitur, sangatlah positif. Dengan fitur fuel warning lampu saja sudah cukup bagus, apalagi sudah dalam bentuk terintegrasi dalam konsol speedo dalam bentuk estimasi jarak tempuh…….. satu kata….. very fun.

Mungkin dekanya yang katrok, baru tahu fitur ini di R15 sekarang ini, atau emang fitur ini nggakpernah diungkapkan oleh pabrikan?  namun yang jelas ane baru tahu detik ini 😀 . Atau motor-motorlain ada yang berfitur sama? NVL, CB150R, CBR 150R ? ane belum tahu….yang merasa punya motornya silahkan share di kolom komentar………

Bonus……. Green Tinted Sixteen Mind…… By Mr Big

http://www.youtube.com/watch?v=afJ8q-OQEwY

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

17 Comments

  1. di nvl sudah ada, kalau ada F pertanda siap2 abis, namun angka KM itu bukan motor tinggal melaju berapa km lagi namun motor dalam posisi F nekat melaju dalam jarak, lebih dari 40 udah wwas2 aku

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*