Syukurlah Kalau Proyek Ninja 4 Silinder Jadi

new ninja 250 ( watermarknya udah menunjukkan asal gambar :D )
suzuki

Yola dulur….. Beberapa waktu lalu saat membaca tulisan blog yang mengangkat rumor ninja 4 silinder batal, deka agak-agak kecewa. Namun begitu mendengar kabar bahwa proyek tersebut ternyata masih jalan, hanya ditunda kemunculannya, cek artikel TMC sini, ane bersyukur…. Nafas kawasaki bakalan lebih panjang dengan keberadaan Ninja 4 silinder, atau sering disebut Kawasaki seri ZX.

new ninja 250 ( watermarknya udah menunjukkan asal gambar :D )
new ninja 250 ( watermarknya udah menunjukkan asal gambar 😀 )

Seperti yang deka angkat dalam artikel masa lampau disini

zx25R bukan pengganti ninja 250

Bahwa kawasaki ninja 4 silinder itu hukumnya sunah muakad… 😀 . Sebuah opsi yang mendekati wajib…. sedikit memaksa malahan menurut ane. Di artikel deka tersebut disebutkan bahwa salah satu senjata utama ninja kenapa menjadi sangat fenomenal adalah soal diferensiasi dan performa mumpuni. Namun dengan keberadaan R-15, eksistensinya menjadi terganggu.

Memang sudah ada upgrade dengan penambahan fitur performa dalam bentuk assist slipper clutch. Sekali lagi ini hanya refreshmen sementara, karena akar masalah ninja bukan disitu. Lagian kawasaki kurang cakep dalam mengeksplore tambahan fitur tersebut ke publik permotoran. Hanya sekedar memberitakan tambahan fitur terdebut dan kemudian berdiam diri…. Krik…krik…krik…. Gimana sounding ninja 250 akan bergema kembali?

zx-250r 4 silinder engine courtesy garagenight
zx-250r 4 silinder engine courtesy garagenight

Salah satu cara untuk mendongkrak gaung Ninja tentu saja upgrade total, baik mesin maupun sasis, kalau sektor desain tinggal poles dikit udah joss,toh desain menurut ane ninja sekarang desainnya gantengnya awet kok. Untuk menguatkan image ninja 2 silinder new, kawasaki bisa memberikan sebuah motor pendamping. Yang selevel untuk menaikkan pamor ninja…. ZX250 4 silinder harus hadir. Sudah tidak terbantahkan lagi…. 4 silinder punya aura lebih dan performa akhir lebih besar.

Kawasaki zx250 bakalan memakan ninja 250 2 silinder? Well… Mungkin iya….namun bakalan menarik biker yang sebelumnya nggak punya ninja lebih banyak…. Disini meskipun sama-sama kelas 250 cc, namun 2 silinder dan 4 silinder punya penggemar yang berbeda. Lha wong 250 cc 2 silinder dan 1 silinder saja beda selera. 4 silinder tentu harganya akan lebih mahal, minimal 10-20 juta… jelas akan menjadi pertimbangan serius buat biker. Jadi menurut deka, jika ninja 250 fi disandingkan dengan zx250 4 silinder nggak akan berpengaruh signifikan dalam hal kanibalisme…..syaratnya ninja 250fi mendapatkan sentuhan baru disektor mesin dan sasis.

(naik ninja)
(naik ninja)

Pertanyaan selanjutnya adalah kenapa proyek ninja 4 silinder tersebut diundur? yah… kalau boleh menerawang, kemungkinsn besar karena persiapan produksi, entah risetnya atau hal lainnya belum siap jika motor ini diluncurkan tahun depan. Patut disayangkan sebenarnya, karena kedatangan ninja 4 silinder tersebut lebih cepat lebih baik untuk eksistensi ninja itu sendiri….. IMHO…. Jika ada opini lain, silahkan dishare di kolom artikel…….

Bonus…… Be Quick Or Be Dead…..By Iron Maiden

 

10 Komentar

Silahkan Beropini