Bunuh AHO Jupiter MX Dengan Pasang Saklar Mio

konsol aho

Yola dulur….. deka adalah salah satu penmbenci fitur AHO. Menurut deka, itu bukan fitur apalagi tehnologi, AHO adalah penyunatan fitur dan bikin pemandangan bagian konsol setang jadi jelek. Bahkan aturan penyalaan lampu utama juga deka sebenarnya kaga setuju, yang paling tepat itu DRL, seperti yang ane tuangin di artikel ini

Yang dibutuhkan itu DRL bukan aho

 konsol aho
konsol aho

Namun bagaimanapun juga deka tunduk pada aturan, jadi ikutin saja penyalaan lampu utama saat siang hari…..namun tidak pada AHO….makanya Si Piter motor MX ane yang default pabrikannya kaga ada saklar lampu, ane pasangin tuh biar bisa matiin lampu saat tidak digunakan. Ane bunuh AHO jupiter MX dengan rumah saklar MIO.

saklar mio
saklar mio

Sebenarnya bisa saja dengan pemasangan saklar tunggal yang lebih murah, tanpa membeli rumah saklar yang lebih mahal. Namun opsi tersebut dianggap kurang sip karena akan terkesan kumuh dengan penempelan saklar tersebut. Lebih elegan jika seperti kondisi aslinya….pakai rumah saklar…. begitu kata tehnisi langganan ane. Dan doi menyarankan untuk membeli rumah saklar mio karena PNP buat MX.

Akhirnya ane beli tuh rumah saklar mio sporty yang belum AHO. Ternyata opsinya ada 3, ori, KW1, KW2 dengan harga 60 ribu, 40 ribu, dan 30 ribu. Akhirnya ambil saja yang ori biar lebih awet dan aman. Kemudian ane serahin ke tehnisi langganan tersebut untuk diaplikasikan ke si piter. Sebenarnya bisa juga sih pasang sendiri, namun ane lagi males ribet, jadi pasrahin saja ke bengkel.

IMG-20141204-00855

Walaupun cuma memasang rumah saklar, namun ternyata ribet juga, karena harus memutus aliran listrik dari aki ke lampu utama, lampu senja, lampu konsol spedo dan lampu belakang. Kemudian sambungan-sambungan tersebut dialirkan ke saklar, baru ke arah lampu yang dituju. Bahan tambahan lainnya hanya kabel sepanjang 3 meteran untuk bikin aliran ke lampu belakang.

IMG-20141204-00857

Setelah semua terpasang…. Yolaaaaa….. Lampu bisa diatur via saklar di konsol stang seperti motor pada umunya… ongkosnya sendiri cukup 30 ribu buat mekanik, total 90 ribu untuk membunuh AHO jupiter mx. Oh ya…… Carilah tehnisi yang rapih saat pemasangan saklar ini, karena kalau asal-asalan main jumper, kedepannya saat terjadi sesuatu akan lebih ribet karena harus ngurut kabel. Atau bahkan ada beberapa kasus harus mengorbankan hal lain seperti lampu indikator yang tetap nyala atau penempatan kabel yang pating slawir rentan putus.

IMG-20141204-00856

Beginilah penampakan jupiter mx dengan rumah saklar mio….. Seperti ori-nya kan??? Lebih sedap dipandang mata di area saklar karena penuh…. Tidak kopong seperti AHO…. Say : PREI KENCENG TO AHO…..

Bonus : AntiSocial…. By…. Anthrax

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum

8 Komentar

Silahkan Beropini