Pelarangan Motor Di Jalur Protokol, Sekarang Banyak Mudhorotnya

mtn250 pinjem dari TMC

Yola dulur…. meskipun deka bukan warga Jakarta, namun kali ini mau urun rembug tentang kebijakan soal pelarangan sepeda motor melintasi jalan protokol. Untuk sekarang, menurut deka kebijakan itu banyak mudhorotnya atau efek negatifnya daripada manfaatnya.

motor dilarang lewat
motor dilarang lewat

Pelarangan tersebut mungkin tujuannya baik, yaitu mengurangi kesemrawutan lalulintas di jalan protokol yang notabene merupakan jalan negara sebagai cerminan di mata dunia. Jalan dimana kantor-kantor pemerintahan dan perwakilan negara lain melakukan kegiatan protokoler negara. Jika semrawut, apa kata dunia tentang Indonesia? Mungkin itu tujuan awalnya.Kemudian nantinya akan berkembang ke seluruh jalan protokol yang mengelilingi Jakarta, ditujukan agar lalu lintas Jakarta akan menjadi tertib, lancar…. Sebuah retorika dan impian yang indah sebenarnya. Namun itu tujuan, sedangkan proses pelaksanaannya harus berdasarkan mengurut benang merah permasalahan. Kalau pelaksanaannya tidak berdasar benang merah tentu tujuan akhir tidak akan tercapai.

Warga Jakarta mengendarai motor dalam aktivitasnya itu di mata deka adalah perbuatan yang kepepet. Jalan terakhir agar akses aktivitasnya murah dan cepat. Naik motor di Jakarta itu bukan pilihan yang indah, panas, capek, bergelut dengan ribuan pemakai jalan lainnya. Jauh lebih enak naik angkutan umum sebenarnya, enggak capek, bisa sambil baca-baca, nggak kepanasan, tinggal duduk atau berdiri udah nyampai tujuan.

jalanan ibukota
jalanan ibukota

Namun sayangnya angkutan di Jakarta masih enggak nyaman, kurang memadai, kurang kapasitas, kurang murah, sehingga warga memilih naik motor sebagai opsi terakhir. Lha sekarang opsi terkhir yaitu naik motor saja dipersulit lagi, wes kepepet, tambah dipersulit, waktu lebih panjang lagi, tambah sumpek, tambah macet saat lewat jalan alternatif. Tujuan yang baik itu sekarang membuat warga yang melakukan jalan terakhir yang kepepet yaitu naik motor malah tambah kesusahan…..

Seharusnya sebelum melakukan pelarangan, mbok yao warga itu dikasih fasilitas dulu. Dengan fasilitas seperti tranportasi massal yang murah( lebih murah dari naik motor ), gampang akses, terintegrasi, cepat, nyaman, aman…. Tanpa disuruh juga pada ninggalin motor tuh… Terus dengan pencitraan jalan protokol yang bebas motor sehingga nampak dari manca kelihatan tertib itu juga cuma menyembunyikan borok, bukan menyembuhkan borok. Udah menyembunyikan borok, mengorbankan warga pula…….

Kalau memang niatannya mengurangi kemacetan, mbok yao jangan cuma motor yang dilarang…. mobil juga dilarang kecuali yang tugas protokoler negara, semua kudu naik angkutan umum….. Berani nggak pemda DKI ??? Jangan lagi warga kelas bawah dulu yang disunat… Atas bawah kudu disunat juga…….

Well….. Sediakan Mass Rapid Trans dulu…… Jika sudah… Entar biker di Jakarta untuk aktivitas akan jauh berkurang dengan sendirinya……Kalau pelarangan seperti ini hanya seperti Paradox….. Menyelesaikan sebuah masalah dengan menimbulkan masalah yang lebih besar…..

Bonus : We Built This City…..By Starship

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum

15 Komentar

  1. Setuju banget, seharusnya angkutan umum di bereskan dulu. Sepertinya pemda dki membuat peraturan ini tidak di survei dulu & di pertimbangkan baik buruknya aturan pelarangan ini.

  2. Udh cape ah. MRT aja yg rencananya mau dikerjain sepanjang sudirman thamrin udh kya jlan di tempat lg. Jalur cepat udh diperlebar, jalur lambat skrg cm setengah luas jalur cepat. Pi macet ya ttp aja di jalur cepat. Udh cape denger ina inu dr pemda. Liatin aje deh jadinye gimane.

  3. Ini ibarat pertanyaan lebih dulu mana, telur atau ayam. Dari sisi masyarakat maunya disediakan transportasi dulu yang nyaman, murah, menjangkau ke berbagai pelosok, baru deh nggak masalah dilarang bawa motor di jalan protokol.

    Dari sisi pemerintah, ini nanti masyarakat mau nggak naik transportasi umum? Jangan-jangan nggak mau lagi, padahal udah investasi banyak. Sayang mangkrak. Ya udah kebijakan diterapkan dulu biar memaksa, nanti transportasi yang jadi dambaan menyusul kalau memang banyak peminatnya. 😆

    ========

    Zongshen RX3, Motor Adventure-Tourer Keren dari China http://klxadventure.com/2014/12/21/zongshen-rx3-motor-adventure-tourer-keren-dari-china/

Silahkan Beropini