Sekencang-Kencangnya Bebek Atau Ayago… Lebih Enak Motor Sport Untuk Riding Jarak Jauh

Yola dulur…. sekarang ini sedang hangat tentang akan munculnya motor underbone, aka bebek dan ayago yang akan dibekali mesin kencang 150 cc ala sport 150cc. Sebelumnya memang sudah ada Satria F yang menggendong mesin 150 cc DOHC, kini akan muncul Jupiter MX King yang mengalami bengkak kubikasi dari versi sebelumnya, 135 ke 150 cc. Belum lagi nanti menyusul CS1 reborn yang juga akan dibekali mesin DOHC 150 cc. Motor-motor underbone tersebut disinyalir nggak akan kalah kencang dibandingkan versi sportnya…. PWR adalah kuncinya.

excitermx king

excitermx king

Namun bebek, ayago tetaplah motor underbone, bodi dan rangka kecil, saat dicangkokkan mesin powerfull khas motor batangan tentu menjadikannya motor yang bukan sembarangan. Dari sejarahnya yang namanya motor underbone adalah motor yang diciptakan untuk kommuter, serbaguna untuk aktivitas harian. Saat disulap menjadi motor kencang, tentu ada batasan yang tidak boleh dilanggar untuk keselamatan pengendara.

Ya…. Dengan power to weight rasio yang besar tentu motor ini enak sekali buat kebut-kebutan. Bodinya yang kecil membuatnya lincah untuk selip sana selip sini, apalagi dibekali dengan mesin motor sport 150 cc…. Dengan power yang sama namun bobot lebih ringan tentu akan menjadi keunggulan tersendiri dibandingkan motor sport.

satria_f150-se

satria_f150-se

Namun itu bicara performa motor, belum bicara kenyamanan atau kenikmatan berkendara. underbone kencang memang bisa mengalahkan motor sport secara performa, namun saat digunakan untuk perjalanan menengah sampai jauh, katakanlah diatas 60 km, maka akan terasa perbedaannya. Meskipun sama-sama kencang, namun motor sport lebih enak dikendarai dibandingkan underbone. Berat motor, desain rangka sangat mendukung untuk aktivitas berkendara kencang dan lama.

Berbeda dengan motor underbone yang rangka dan bodinya didesain untuk motor yang habitatnya untuk jarak menengah ke bawah. Saat digunakan berlama-lama tentu efek ke tubuh rider akan lebih besar. Daya serap benturan dan getaran, vibrasi dari mesin, kestabilan saat di kecepatan tinggi yang kalah dibandingkan motor sport membuat motor underbone tidak senyaman motor sport.

sonic125rs

sonic125rs

So…. buat dulur yang mengendarai motor underbone kencang, entah bebek super atau ayago…. ketahuilah batasan motor anda, bagaimanapun kencangnya motor ini, namun ini bukanlah motor sport…..

Bonus : We Wish Magic…… By Van Halen

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum

27 Komentar

Filed under opini

27 responses to “Sekencang-Kencangnya Bebek Atau Ayago… Lebih Enak Motor Sport Untuk Riding Jarak Jauh

  1. KLX Adventure

    Sudah pasti dari sisi kenyamanan motor sport lebih unggul

    ========

    Selain Trail, Mestinya VIAR Juga Produksi Varian Supermoto http://klxadventure.com/2014/12/17/selain-trail-mestinya-viar-juga-bikin-varian-supermoto/

  2. erik

    shock breaker depan lebih stabil ayago masbro………………..

  3. sekencang kencangnya motor melaju, kalo abis bensin pasti akan mogok juga . . . gkgkgk

  4. siapa bukan sih

    dan juga kalo sport nggak perlu sering mampir ke pom bensin gan

  5. Bro_Jol

    sport 4tak itu minimal 200c .. itu baru nendang .. sport 150cc 4tak mah yah gimana yah ?? ya ketendang .. 150cc itu yg jenis2 kayak MX gini yg mantabb atau nanti yg new Sonic ..opini bro pisssssssss

    • Ada benarnya juga…. Pake pulsar 180 atau tiger aja anteb bener buat rolling…..begitu pake yg 150 kok jadi agak ampang gitu…. Tvs apache walo 160 dulu juga lumayan….. Menang antebnya…..namun paling nyuss pulsar 220 jeh….. Kelas 250 lom nyobain πŸ˜€

      • demon

        Mosok ampang bro???
        Spec tiger udah kalah ma nvl&cbsf yg msh 150cc tuh
        Cuma menang nama “tiger” yg udh trlanjur mnjadi mindset motor turing

        • Ampang itu feelnya bro…. Bukan performa…. Gampangnya gini… Waktu jalan terasa anteb… Kalo vixion yg ane rasain kencang lincah dan ringan…. Nah ringan inilah yg ane anggap ampang

  6. fardhiandhy

    walopun bebek super lebih kenceng dari sport 150cc, tapi tetep aja kalo bebek ngisi bensin kudu turun :p kalo motornya sport ya ga perlu buka jok kalo isi bensin wkwk πŸ˜€

  7. wasisimmortal

    Selincah lincah nya motor sport masih lebih lincah motor bebek,,hahaaa

  8. LANA

    enak montor matic cuma muntiir tinggal ngetriiiL….,,…

  9. anughaib

    saya punya ninja 250 injeksi, eh pas nganter bini ke bidan tetep Vario 125,, kalau pakai motor sport ribeet,,

  10. Iya sih, tapi kelemahan Motor Sport gak bisa bawa barang dan gak cocok untuk lintasan macet. Kalo matic cocok bawa barang dan lincah untuk lintasan macet tapi kelemahannya tidak cocok untuk jarak jauh. sedangkan Bebek Sport bisa bawa Barang dan juga Cocok untuk Dalam Kota maupun Luar Kota, pokoknya Menengahlah Fungsionalitasnya. Contohnya : MX King dan Supra GTR.

  11. Rodi

    Punya beberapa motor, TVS apache 160, kawasaki 200 NS, Yamaha nouvo dan Kawasaki ZX 130. Tapi perasaan saya untuk jarak lumayan jauh lebih enak kawasaki ZX 130, lincah dan nyaman banget itu motor.

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s