YM-Jet….. Sangat Menarik Untuk Didevelop Ulang

antrian pom

Yola dulur…. mesin-mesin motor yamaha sedang berevolusi menjadi mesin dalam selimut tagline global bernama blue core. Untuk tentang apa itu blue core, sudah deka tulis beberapa lampau yang lalu di sini.

Yamaha Blue Core…makanan apakah itu?

Ya….semua mesin entah itu kelas metik sampai sport akan dilabeli dengan bluecore….Namun kali ini kita akan mengobrolkan tentang sebuah mesin metik yang menjadi korban tagline global tersebut, YM-Jetfi.

ymjet fi
ymjet fi

Sekilas pandang memang menjadi korban tuh mesin metik. Yup namun dari sisi sempit deka, YM-jetfi memang harus digusur untuk sementara waktu karena tagline Blue core cakupannya sangat luas dan lebih strategis bagi marketing Yamaha secara keseluruhan. Tanpa kompromi semua mesin entah itu dianggap gagal atau berhasil harus dalam selimut Blue core.

Disini kita bukan akan mengulik YM-jetfi itu mesin gagal atau bukan, namun tehnologi yang tersemat di YM-jetfi itu di mata ane ada hal yang sangat menarik. Salah satu ciri khas dari sistem injeksi YM-jetfi adalah adanya Assist Air Passage. Yaitu intake kecil aliran udara dari TB aka throttle body ke ruang bakar. Fungsi utamanya adalah agar saat mesin langsam sampai rpm medium, aliran udara seperti dicekik agar sensor O2 membaca O2 yang masuk kecil sehingga mbah dukun injektor menyemburkan bbm dalam volume kecil. Tujuannya jelas…. Ben irit untuk kecepatan kommuter.

Saat di rpm menengah ke atas plus kecepatan tertentu, valve saluran udara utama yang besar membuka agar aliran udara plong, sehingga dibaca oleh sensor untuk memberikan sinyal ke ECU agar injektor menyemburkan bbm secara royal, atau besar. Intinya mesin menjadi 2 fungsi, mau diajak irit bisa, ngebut di rpm atas juga oke.

cara kerja pilot jet dan main jet karburator
cara kerja pilot jet dan main jet karburator

Kalau direnungkan barang sejenak, sistem kerja seperti ini mirip dengan cara kerja karburator. Masih ingat dengan fungsi Pilot Jet dan Main Jet???? Pilot jet bekerja dari mesin langsam sampai rpm menengah, saat rpm menengah atas, maka Main jet akan ikutan nimbrung…. Klop kan sama cara kerja YM-jetfi……

Kenapa YM-jetfi ane sebut unik, ya karena cara kerja mirip dengan karburator itu…. Ibaratnya ini adalah karburator namun dijejali sensor-sensor digital…..bedanya karbu menyemburkan campuran bbm+O2, YM-jetf cuma O2 doang…..Sedikit berbeda dengan sistem injeksi pada umumnya.

Ada testimoni yang mengatakan bahwa YM-jetfi punya kelemahan yaitu adanya lag atau jeda saat di kecepatan tertentu. Setelah diatas itu, mesin baru ngacir seperti lepas dari segel pembatas…. Meskipun ane belum merasakannya sendiri, namun ane kok percaya akan hal tersebut. Ingat…. YM-jetfi ada 2 jalur intake O2, bukan tunggal. Otomatis asupan data ke ECU juga akan lebih kompleks….

Sebenarnya YM-jetfi cukup berhasil untuk mengejar sektor keiritan…. Yah…. Minimal nomer 2 lah setelah injeksinya Suzuki nex saat dilakukan uji keiritan oleh detikoto, sampai membuat salah satu petinggi perusahaan motor uring-uringan karena metiknya ternyata bukan yang paling irit…tapi malah paling bontot…. Walaupun bisa dibilang memang selisihnya hanya sesendok teh 😀 .

ymjetfi
ymjetfi

Satu-satunya kelemahan YM-jetfi hanyalah adanya “Lag” tersebut…. Itulah yang harusnya dikembangkan lagi… Kalau pilot jet dan main jet bisa bersinergis secara smooth… harusnya bisa dong dibuat agar mendekati seperti itu. Entah input sensornya atau bukaan kedua klep kupu-kupunya dibuat dengan kombinasi dari TPS, kabel gas, jumlah O2 masuk, atau apalah…. insinyur yamaha lebih pinter soal itu….

Untuk sekarang hal itu tidak memungkinkan karena adanya tagline global bernama blue core. Namun tidak menutup kemungkinan kedepannya akan dibuat lagi pengembangannya. Seperti kasus YPCS, Yamaha Power Cooling System dulu di force 1, sekarang dipakai lagi walaupun berganti nama dengan Forced Air Cooled sistem…. Cara kerjanya hampir sama menyedot udara luar mengunakan turbin, mungkin hanya penyempurnaan kinerjanya kali ya…..

Bonus bicara jet-jetan…. jadi inget lagu Livin On a Jet Plane By ChantalKreviazuk

Semoga bermanfaat

Wassalamualakum

20 Comments

  1. satu lagi om teknologi yamaha yg sebelumnya dipake, lalu ditiadakan, kemudian dipake lagi, yakni katup EXUP di knalpot. katup ini dipake di R1 dibawah edisi 2009, tapi di R1 Crossplane generasi 2009-2014 katup ini ditiadakan karn mungkin dianggap kurang memberi manfaat. akan tetapi di edisi All New R1 crossplane 2015 katup ini dipake lagi. CMIIW

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*