Duo BeAT Langkah Aman AHM

suzuki

Yola dulur…. Setelah beberapa waktu warung blog ini pingsan ngga ada aktivitas, kini deka mau urun rembug ngobrolin dunia permotoran. New BeAT barusan mbrojol, ibaratnya masih kemebul seperti nasi yang barusan ditanak. Nggak tanggung-tanggung langsung dua macam beat sekaligus, beat esp dan beat pop ice esp. Di mata ane, ini menyiratkan akan gaya indukannya yaitu AHM yang bermain aman.

beat esp dan beat pop
beat esp dan beat pop

Sebenarnya dengan mengeluarkan dua offspring satu jenis ini bukan hal yang aneh, karena barusan saja pihak seberang jalan juga melakukan langkah yang sama dengan Grande dan Nossa-nya walaupun itu terjadi di negara paling kejam…. Vietnam…. Seperti pepatah Lebih kejam fietnam daripada pembunuhan 😀 .

Back to duo beat, yang membedakan antara beat esp dan beat pop ada pada desain bodi, dan bandrol yang ditempelkan. Padahal duo metik tersbut punya fitur yang sama plek, sama-sama ber esp ria mesinnya. Anehnya lagi bandrol beat esp yang punya bodi sama dengan beat fi yang akan di euthanasi akhir bulan ini malah dibandrol lebih mahal dibanding yang berbodi baru. Nah disinilah titik dimana deka menyimpulkan bahwa AHM bermain dengan cara aman.

Sebagai klan metik diraja pasar, tentu AHM nggak gegabah mengutak atik sapi perahnya. Sedangkan dilain sisi, pabrik seberang jalan melakukan gebrakan all new di metik sekelasnya. Mau tidak mau AHM mengikuti move tersebut agar tidak tertinggal arus. Namun dilain sisi, beat fi sangat diterima publik secara desain…. Nah cara paling aman ya dilakukan shifting secara halus, namun sedikit memaksa.

Gampangnya gini Lur…. Nih ane kasih new beat dengan mesin esp…. bodi sama bagus kok sama yang lama, tapi harganya naik lho ya….. Kalau naiknya ketinggian…. nih ada new beat yang punya mesin sama-sama esp, desain baru, beat pop harga lebih murah dibandingkan yang bodi lama……..

new beat esp dan pop
new beat esp dan pop

Dengan cara ini tentu publik yang termasuk pelit, penuh hitung-hitungan dalam mengeluarkan budget akan dipaksa memilih beat pop yang lebih murah. Sedangkan yang belum siap atau enggak sreg dengan desain baru, masih ada opsi beat esp walaupun resikonya maharnya lebih tinggi. Dengan cara seperti ini maka lambat laun beat pop akan menjadi pilihan…lumayan lho selisih 300 ribu….

Langkah seperti ini memang aman, namun seperti strategi aman seperti ini membutuhkan kapital atau modal yang aman “baca: gedhe” pula…. Berhubung grup Astra no problemo soal dana, bargaining kuat, ya bisa dilakukan.

Namun ada pula yang bisik-bisik bahwa langkah duo beat ini menunjukkan bahwa AHM masih ragu dengan new desain beat pop. Sebenarnya itu bukan salah AHM juga sih….. AHM itu penuh dengan ahli2 soal psikologis behaviorisme… Mereka tahu tabiat, kelakuan konsumennya, khususnya konsumen loyal mereka. Yang termasuk dalam kurva tengah paling banyak adalah golongan yang tidak terlalu cepat mengikuti perubahan, jadi ya ikutin saja alur tersebut…. Toh dananya kuat kok… 2 jenis dalam 1 produksi nggak masalah….

Berikut spesifikasi all new beat……

Mesin: 108,2cc SOHC berpendingin udara, eSP
Diameter x Langkah: 50 x 55.1 mm
Volume Langkah: 108,2
Perbandingan Kompresi: 9.5 : 1
Daya Max: 6.38 kW (8.68 PS) / 7500 rpm
Torsi Max: 9.01 Nm (0.92 kgf.m) / 6500 rpm
Kopling: otomatis, Sentrifugal, Tipe kering
Starter: ACG Startet, Pedal & Electrik
Busi: NGK MA9c-9n / Denso U27EPR-N9
Transmisi: Otomatis, V-Matic
Sistem Pengapian: Full Transistorized, Baterai.

Dimensi: PxLxT: 1.873x678x1.074mm (BeAT eSP) dan 1.867x678x1.074mm (BeAT POP eSP)
Wheelbase: 1.256mm
Ground Clearance: 140mm
Tinggi Jok: 740mm (BeAT eSP) dan 735 (BeAT POP eSP)
Berat Kosong: 94 kg (CW) dan 95 kg (CBS dan CBS-ISS)
Volume Tangki: 3,7 liter

Tipe Rangka: Tulang Punggung
Suspensi Depan: Teleskopik
Suspensi Belakang: Monosok
Ban Depan: 80/90-14
Ban Belakang: 90/90-14
Sistem Pengereman: Standar (CW) dan Combi Brake System (CBS dan CBS-ISS)

Kapasitas Tanki: 3.7 liter
Pelumas: 0.7 liter pergantian periodik
Kelistrikan: Accu 12V-3Ah, Tipe MF (CW dan CBS), Accu 12V5Ah, Tipe MF (CBS-ISS)

Bonus….. Two Step Behind…. By Def Leppard

Semoga bermanfaat….
Wassalamualaikum

Sumber gambar: google

gulf oil

13 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Produksi Beat Desain Baru Kok Lebih Sedikit Dibandingkan Versi Lama, Kenapa? | 78deka

Silahkan Beropini