Kenapa GearDepan R-15 Lebih Besar Dibandingkan NVL?

yzf-r15
yzf-r15
yzf-r15

Yola dulur….. yamaha R15 yang merupakan motor sport full fairing 4-tak pertamanya YIMM lumayan spektakuler penjualannya. Hal ini diduga karena posisinya yang seperti hujan sehari saat dahaga akan air selama bertahun-tahun  akan motor port fairing dari yamaha Indonesia. Desain yang cukup racy, nungging habis ( jangan protes, dulu minta full sport sekarang dikasih motor nungging ) khas motor balap. Mesin yang masih sama dengan generasi Vixion, yaitu mesin Minarelli 150 cc 4 klep SOHC Liquid cooled sedikit overstroke untuk mendukung aktivitas mesin harian agar tetap efisien. Namun ada sedikit ganjalan, kenapa motor full fairing tarikannya lebih letoy dibandingkan si naked NVL ?

Mari kita bahas bersama-sama. Nggak perlu bawa kalkulator dan kertas buram untuk oret-oretan, kita ngobrol khas warung angkringan saja.Pertama-tama mari kita bicara motor sport full fairing. Yang namanya motor balap,kalau dulur sekalian amati di lintasan balap seperti wsbk, roadrace luar negeri yang menggunakan motorbatangan, TT isle Of Man, maka akan nampakbahwa tarikan motor sport 4 tak rata-rata boyo semua, enggak terlalu ngacir gitu. Ya… karena mereka mengejar topspeed diatas dan mempertahankan kecepatan tersebut saat balapan sampai akhir. Berbeda dengan motor drag atau nbalapan pasar senggol khas bebebk di marih, torsi lebih utama, tarikan kudu yahud. Ya… kalau jeli kita akan mengamati bahwa motor balap disirkuit rata-rata empertahankan rpm tinggi untuk mempermudah mengail power maksimal dari output mesin.

r15
r15

Terus apa hubungannya dengan R-15? Yups…. karena motor ini diposisikan sebagai “seperti” motor balap tersebut. Aura balap sangat ditonjolkan dibandingkan versi nakednya. Seperti motor balap sejati, sensasinya ada di topspeed, sedangkan mesinnya sendiri masih merupakan gen vixion yang karakternya sangat kuat untuk motor stop and go khas motor jalanan. Mesin Miranelli 150 cc sohc overstroke cenderung square ini “dipaksakan” sebagai motor motor balap. Tehnisi yamaha sepertinya nggak kehabisan akal, mereka ngutak-atk dan menset-up ulang mesin tersebut agaran hasilnya seperti apa? apakah gagal? Di mata deka mereka cukup berhasil menyulap mesin full torsi ke motor balap, yah… minimal bisa mengimbangi mesin overbore dohc lah…. Walaupun dianggap mengungguli juga seperti angin kosong saja, mungkin istilahnya 11-12 lah.

bore stroke
bore stroke

Salah satu rubahan R-15 dari setingan mesin NVL adalah penggunaan gear depan yang lebih besar, yaitu 1 gigi lebih banyak dibandingkan versi NVL. Tentu ini ada maksud yang sangat mendasar dari pemikiran para insinyur. Mereka tentu berpikir secara matang kenapa perbandingan gear tersebutlah yang dipakai buat R-15. yaitu agar bisa mengejar topspeed yang lebih tinggi dibandingkan NVL, pembeda bahwa ini motor sport balap, meskipun harus sedikit mengorbankan tarikan “maknyut”nya mesin overstroke.

Dengan penambahan gigi gear depan tersebut juga membuat capaian di gear final yaitu gear 6 R15 seperti overdrive saja, yaitu enggak bisa mencapai redline rpm karena power output mesin nggak mampu lagi menggasing lebih tinggi karena beban gear yang lebih berat, menurut beberapa testimoni mboyok banget setelah mencapai rpm 9k gear 6. Tentu hal ini juga sudah dipertimbangkan oleh para insinyurnya, yaitu agar durabilitas mesin terjaga sesuai standar bawaan pabrik. masih ingat istilah Piston Speed? ya…. itulah penyebabnya, jangan sampai sering bermain di batas maksimal piston speed…ini mesin overstroke. Memang hanya sepele…. hanya perbandingan gear ratio saja… namun ternyata efeknya lebih kompleks…… Terus bagaimana dengan mesin overbore dohc yang menggunakan perbandingan gear yang lebih kecil untuk mengatasi tarikan boyonya? keknya udah sedikit ane singgung di artikel lampau ini deh….

Gimana Lur??? jika ada yang perlu diralat atau ditambahi, silahkan share saja di kolom bawah.

Bonus Over and Over Again…. By Robby Valentine

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

12 Komentar

  1. Gear set R15 justru lebih ringan dibanding NVL, coba dicek lagi bro…
    R15 Gear depan 15, belakang 47, rasio: 3,13
    NVL Gear depan 14, belakang 43, rasio: 3,07

  2. Yg penting sporty abis brooooooo

    Performa jg 11-11,5

    Untuk bikin cbr loakan seganteng r15 dompet jebol

    Kalo performa 11-11,5 ngapain rubah sohc jd dohc

    Ngoahahhahaa

Silahkan Beropini