AHM Nggak Khawatirkan Kenaikan Harga BBM subsidi… Tapi Aturan DP Kredit

Yola dulur…. dapat info dadakan dari media detikoto tentang tantangan dunia pasar motor di tahun 2015 nanti, khususnya dari sudut pandang pabrikan raja metik di negeri ini, Astra Honda Motor aka AHM.

ahm lambang

Di akhir tahun ini kita mendapatkan doorprice kenaikan harga bbm jenis premium sebesar 2000 rupiah perliter. Tentu hal ini akan berpengaruh terhadap daya beli khususnya motor. Namun AHM sepertinya tidak mengkhawatirkan kenaikan tersebut, mereka lebih khawatir akan aturan pembatasan DP minimal kredit motor.

Seperti kita ketahui bersama bahwa sumbangsih paling besar untuk perkembangan penjualan motor adalah sistem kredit yang dibiayai oeh perusahaan leasing. Di lain sisi meringankan modal awal membeli motor, di sisi lain pula merupakan lumbung untung bagi pihak leasing, pun demikian dengan pabrikan motor, karena pasarnya akan berkembang pesat saat dibantu perusahaan pembiayaan. Dan tentunya motornya sudah di target dalam jumlah massal oleh perusahaan leasing.

(ilustrasi)
(ilustrasi)

Peran perusahaan kredit yang sangat vital untuk penjualan motor-motor AHM tersebut diakui sendiri oleh Direktur HR, GA, IT, dan SI, Marcus Budi, di sela-sela workshop PT Astra International di Bogor, Jawa Barat.

“Harus diakui, pembelian otomotif (kendaraan) oleh konsumen itu paling banyak dengan kredit,”

“Mau tidak mau menurut saya yang harus kita anggap ancaman ialah pengetatan moneter dan kebijakan- kebijakan seperti OJK dan DownPayment (DP),”katanya

Sampai Oktober tahun ini, AHM sudah menjual sepeda motor sebanyak 4.250.429 unit dengan pertumbuhan 8,1 persen. Angka pertumbuhan ini berada di atas pertumbuhan pasar sepeda motor nasional 3,4 persen dengan total penjualan 6.728.484 unit. Penjualan motor memang tengah lesu setelah aturan kenaikan uang muka kredit berlaku.

Woh…. Bagaimanapun Kredit emang lebih unggul 😀 . Bahkan banyak dimanfaatin oleh oknum sales dan dealer untuk meraup untung lebih dengan menggiring konsumen motor agar melakukan kredit.
Bonus….. We’re Not Gonna Take It… By Twisted Sister

Semoga bermanfaat
Wasslamualaikum

5 Comments

  1. Betul .. pengalaman saya cash ndak boleh .. dp guede juga kagak boleh .. akhirnya yaitu dp motor ku kecil tapi ambil 11 bulan .. terpaksa .. biar ngga lama2 utangnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*