Mesin Punya Kesamaan Dengan Tubuh Manusia

Yola dulur…. ada opini bahwa mesin yang terbuat dari logam itu benda mati, jadi nggak punya umur. Selama nggak rusak akan selalu bisa di pakai, melebihi umur manusia itu sendiri. Well…. secara sekilas memang iya… benar adanya opini tersebut, namun jika kita diskusikan barang sebentar, maka mesin yang terbuat dari logam keras itu mempunya kesamaan dengan tubuh manusia….. mesin itu punya umur.

mesin r25 from iwb

mesin r25 from iwb

Dari opini tersebut ada kalimat “selama nggak rusak”… nah ini sama saja mengatakan bahwa mesin yang terbuat dari logam keras tersebut punya umur….. benda mati kok punya umur sih? Yo.. jangan ngengkel dulu…..mari kita lanjutkan perbincangannya. Sudah dibilang mesin seperti tubuh manusia, sel-sel tubuh kita juga mengalami kerusakan, mati……bahkan tiap menit dalam keseharian kita, sel-sel tubuh ini mengalami kematian…namun tubuh kita ini bisa meregenerasikannya, atau muncul sel tubuh baru yang menggantikan. Seberapa lama umur tubuh ini? sampai tubuh ini tidak bisa menggantikan sel-sel yang mati tersebut…alias mati.

Mesin motor yang notabene terbuat dari benda mati bernama logam tersebut juga mempunyai waktu masanya. Meskipun benda mati, mesin adalah logam yang dibentuk oleh manusia, unsur yang awalnya berdiri bebas di alam, diemplek-emplek, dicetak digabung-gabungkan akhirnya menjadi sebuah bentuk kesatuan sistem bernama mesin. Sedangkan sudah kita ketahui bersama bahwa logam, atau campuran logam itu mempunyai ikatan rantai unsur. Ikatan inilah yang suatu saat bisa lepas entah karena panas alam, reaksi kimia, oksidasi udara dan lain-lain. Kalau dibiarkan saja tidak bergerak, bisa saja umurnya sampai nggak bisa kita ketahui karena kita keburu ihnil manfus alias dut….Namun yang jelas, opini ane, logam walaupun benda mati tetappunya umur…kenapa? karena itu ciptaan Tuhan….. posisinya sebagai makhluk juga…. yang imortal, abadi itu hanya Sang Pencipta saja.

zx-250r 4 silinder engine courtesy garagenight

zx-250r 4 silinder engine courtesy garagenight

Apalagi kondisi mesin yang bergerak terus menerus, atau bergesekan secara simultan dalam kinerja tinggi. Gesekan atau friksi antar logam inilah yang akan mempercepat umur logam daripada saat diam. dalam keseharian bisa kita sebut sebagai aus, atau bisa juga mengalami pecah, rompal, patah dan lain-lain. Seperti tubuh kita yang bisa regenerasi, mesin motor saat mengalami keausan juga bisa diperbaiki dengan menggantinya dengan onderdil yang baru. Sampai kapan umur mesin motor kita? sampai silinder blocknya minta ganti, crank case jebol. Saat itulah sebenarnya mesin kita manfus…… ibarat tubuh, piston dan blok mesin adalah jantungnya… saat ada penggantian jantung tersebut, maka taste motor kita akan berbeda.. sudah bukan awal motor kita dulu… apalagi yang sudah swap mesin……..

Jadi disini yang sangat mempengaruhi masa umur mesin adalah gaya gesek, semakin besar gaya gesek, maka semakin cepat umur mesin tersebut. Semakin sering motor disiksa di kecepatan tinggi, penggunaan kasar maka akan semakin cepat pula mesin menuju ke titik akhir. Sehebat apapun atau pemakaian pelapis, pelicin, manfaat tidak akan terasa maksimal jika tidak diimbangi dengan cara penggunaan. Ini terbukti dari motor merk apapun kalau yang memegang Babe ane, tetap waras sehat sampai dijual kembali. Gaya kalem, terasa sedikit aneh panggil bengkel, oli sesuai anjuran pabrik, menggunakan tidak melebihi bebannya. Pantesan seken motor yang dijual babe ane harganya tinggi mulu… 😀 . Kalau bahasa manusianya, bergaya hidup sehat……semakin sehat gaya hidup, semakin lama umurnya…… Sudah sehatkah gaya berkendara anda ?

Bonus : Till Death Do Us Apart…… By White Lion

 

4 Komentar

Filed under motor, opini

4 responses to “Mesin Punya Kesamaan Dengan Tubuh Manusia

  1. KLX Adventure

    Absen saja lek

    ========

    Kawasaki KLX 150 Itu Kalau di Luar Negeri Jadi Motor Enduro Murni http://klxadventure.com/2014/11/17/kawasaki-klx-150-itu-kalau-di-luar-negeri-jadi-motor-enduro-murni/

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s