When Darmogati Go Fishing

2015-BMW-S1000XR

Yola dulur…. Darmogati is back, setelah hampir 3 minggu nglayap turing ama geng braderhut 😀 . Kali ini akan mengisahkan pengalaman si anak gemblung ini tentang pancing memancing. Ya hobi yang digeluti oleh salah satu blogger motor, Ipan pertamax7 ternyata aktivitas yang tidaklah mudah. Perlu tehnik khusus memilih spot, umpan, dan yang paling penting kudu punya level kesabaran tingkat dewa 😀 . Eniwei, baidewei, bajai, baswai langsung cekibrot saja kisahnya.

fishing
fishing

Pagi itu rider piksen abang, Darmogati sedang nglepus ditemani kong-reng aka singkong goreng dan teh nasgitel yang dibuatin bininya yang semlohay, di depan terasnya. Saat itulah tiba-tiba soulmate-nya, si Kartomarmo datang menggunakan tiger itemnya. Melihat singkong goreng dan udud terpampang di meja, langsung saja Kartomarmo join venture bersama Darmogati. Sambil cathuk-cathuk ngunyah kong-reng, Kartomarmo bertanya ke Darmogati K : Kartomarmo D : Darmogati
K : Bro…hari ini ente ada acara kaga?
D : Keknya enggak ada acara hari ini coy…emang kenapa? Mau ngajak makan sate kambing ta?
K : Gundulmu….orang kok pengennya gratisan mulu….tapi kalau ikan mau?
D : Asal gratis ane mau coy….apalagi kalau dibakar… Ikan “masuk” juga kok.
K : Nah….gimana kalau mancing dulu, ikan di sungai daerah Mandala banyak ikannya lho… Ane sering mancing disitu dan sukses besar bro…
D : Banyak ikannya? Ah…paling Lele Dugul ( bulet panjang warna kuning, terkampul di sungai 😀 ) kali…. Mending di balong, pasti ada ikannya.
K : Justru mancing di sungai itulah seni memancing sebenarnya, liat aja tuh blogger si Jomblizz, pertamax7… Hobi mancing juga tuh…. Udah…. Gini aja, kalau entar nggak dapat, kita ambil ikan di balong ane buat bakar-bakar.
D : Nah… Kalo ada jaminan gitu ane mau.. pake tiger ente ya…motor ane lagi tipis nih…
K : Iya….. Yok berangkat… Pake alat pancingku aza bro… Banyak di rumah.

Akhirnya mereka berangkat ke sungai Mandala menggunakan tiger item Kartomarmo. Sampai di tekape, doi langsung memberikan instruksi ke Darmogati spot mana yang banyak ikannya.
K : Di bawah pohon sirsak, di balik batu besar itu bro… Banyak ikannya situ, ane di sampingnya, dibawah pohon beringin saja.
Seperti biasanya, ngeyelnya Darmogati kambuh, meskipun nggak jegos mancing, namun dengan keras kepala dia menyangkal usulan sohibnya.
D : Ah…. Menurutku di bawah pohon rambutan sini banyak ikannya coy…. Tempatnya teduh, pasti banyak ikan asoy lole di situ.
Kartomarmo nggak mau mendebat rekannya, doi beranjak ke spot kegemarannya. Selisih 10 meteran  dari Darmogati, dan menikmati sesi mancingnya. Bener juga, nggak selang lama langsung strike berkali-kali ikan kancra, mujahir, dan lele, sedangkan Darmogati hanya menguap dan menggerutu melihat joran pancingnya yang anteng nggak satupun ikan ngendus umpan.
K : Dapat lagi… Weh kotes bro…. Situ udah dapat berapa?
Hanya disambut gerutuan ngga jelas Darmogati. Kemudian sesi mancing berlanjut sekitar 5 menit kemudian Kartomamarmo strike lagi.
K : Weh…. Dapat nila besar bro….
Kartomarmo menunjukkan hasil pancingannya sebesar telapak tangan. Kemudian pasang umpan lagi dan melemparkannya ke sungai. Rasa jengkel bercampur iseng membuat Darmogati mengambil beberapa butir batu, kemudian dilemparkannya ke spot mancing sohibnya… Plung…..
K : Wah…. Jangan iseng bro… Entar ikannya pada kabur…
Darmogati hanya nyengir kuda…terus kembali duduk melototin joran yang diam seribu bahasa.
K : Dapat lagi Mo…. Lumayan…ikan gabus nih.
Kemudian asyik lagi melemparkan kailnya. Capaian Kartomarmo yang berkali-kali strike, sedangkan dirinya nihil membuat dada Darmogati panas… Dengan bergegas dia menarik joran dan berjalan mendekati Kartomarmo…. Dengan sengaja dia mengobok-obok air di spot Kartomamarmo menggunakan batang pancingnya.
D : Kabur….kabur…..semua ikan…… Kalo masih dapat juga, ente emang master mancing coy !!!! Ngoahahaha…..
K : Wassem…… Jangan gitu bro…. Wah…. Payah ente…. Mengganggu saja…( Sambil agak kesal ).
Kemudian Darmogati kembali ke spot-nya sambil tertawa-tawa…. Nggak berselang lama, tiba-tiba Kartomarmo berteriak girang….
K : WOOIII….. Strike besar…..ikan mas besar nih…. Sekiloan kayaknya !!! (Sambil menunjukkan hasil pancingnya ke arah Darmogati).
Kali ini Darmogati nggak bisa menahan rasa iri dan emosinya… Dengan berteriak AAAARRRGGGHH…. Dia berlari ke arah Kartomarmo, dan kemudian melompat ke sungai. Dia obrak-abrik air disitu dengan kedua tangannya.
D : Hussya!!! Hussyaa!!! Kabor semua ikan keparat!!!!…..
Kelakuan Darmogati di dalam air itu hanya dilihat sobatnya dari atas sambil tepok jidat…. Dasar bocah gemblung!!!!! Gerutunya….

Salam enteng-entengan
Wassalamualaikum

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*